KESEHATAN
7 November 2020

12+ Manfaat Daun Ubi Jalar Bagi Kesehatan dan Kehamilan, Moms Perlu Tahu

Tak hanya umbinya yang bermanfaat bagi kesehatan, daun ubi jalar ternyata juga bisa dimakan dan memiliki manfaat yang tak kalah dari umbinya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Ubi jalar atau sweet potato adalah tanaman sejenis umbi-umbian yang kaya dengan gizi dan nutrisi. Uji jalar menjadi salah satu makanan pokok di benua Afrika. Melansir dari Journal Med Food, ubi jalar adalah tanaman yang bisa ditemui hampir di seluruh dunia. Ia memiliki berbagai warna, mulai dari putih, ungu, dan oranye.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Ipomoea batatas ini mengandung 0 kolesterol, 55 mg natrium, 337 mg kalium, dan 20 gr karbohidrat. Selain itu, ubi jalar juga memiliki vitamin A, D, B12, C, B6, kalsium, zat besi dan magnesium yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Baca Juga: Ubi Ungu dan Manfaatnya sebagai MPASI Bayi

Tak hanya umbinya yang bermanfaat bagi kesehatan, daun ubi jalar ternyata juga bisa dimakan dan memiliki manfaat yang tak kalah dari umbinya. Daun ubi jalar merupakan tanaman beriklim tropis dengan karakteristik berbentuk hati dan tidak berbulu..

Permukaan atas dan bawah daun berwarna hijau zaitun. Tepinya halus dan tangkai daunnya panjang tidak berbulu. Daun ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan rasa yang lezat. Sehingga tak heran daun ubi jalar menjadi salah satu menu andalan yang kerap ditemui di berbagai daerah.

Manfaat Daun Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Louisiana State Agricultural Center, ditemukan bahwa daun ubi jalar mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Misalnya, vitamin A, vitamin B, vitamin C, thiamin, niacin, seng, asam folat, kalsium, riboflavin, zat besi, vitamin K, B-karoten, B6, dan protein. Berikut ini manfaat daun ubi jalar bagi kesehatan.

1. Penyakit Jantung

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Vitamin K yang terkandung dalam daun ubi jalar dapat mencegah pengapuran arteri sebagai salah satu penyebab utama penyakit atau serangan jantung. Vitamin K menjauhkan pengapuran dari arteri sehingga tidak akan terjadi plak yang berbahaya bagi jantung. Melansir dari penelitian berjudul The Role of Vitamin K Status in Cardiovascular Health: Evidence from Observational and Clinical Studies, vitamin K merupakan nutrisi penting untuk mengurangi peradangan dan mencegah sel-sel yang melapisi pembuluh darah seperti arteri dan vena. Asupan vitamin K yang cukup membantu menjaga tekanan darah yang sehat dan mengurangi risiko serangan jantung.

Baca Juga: 5 Resep MPASI Ubi Ungu untuk Bayi

2. Mencegah Diabetes Mellitus

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Mengkonsumsi daun ubi jalar secara teratur dipercaya mampu mengurangi dan mencegah penyakit diabetes mellitus. Penelitian yang dipublikasikan oleh Science Alert mengungkapkan bahwa ekstrak daun ubi jalar terbukti dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Penelitian tersebut menggunakan empat kelompok yang terdiri dari masing-masing lima hewan yang telah disuntikkan cairan diabetes. Hasilnya, hewan yang diberikan makanan berupa daun ubi jalar selama 14 hari menunjukkan perubahan signifikan pada kadar glukosa dalam darah.

Selain itu, hewan yang mengkonsumsi daun ubi jalar juga mengalami peningkatan berat badan secara teratur dibandingkan hewan dengan diabetes namun tidak diobati atau tidak mengkonsumsi daun ubi jalar. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa daun ubi jalar memiliki sifat anti diabetes.

3. Kepadatan Tulang

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Studi menunjukkan bahwa asupan vitamin K yang tinggi dapat memberantas pengeroposan tulang pada pasien osteoporosis. Vitamin K sangat penting untuk pembentukan kalsium yang baik bagi tulang. Vitamin K meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan kemungkinan patah tulang pada wanita pascamenopause.

Asupan vitamin K2 yang tinggi membantu mengurangi kemungkinan patah tulang pinggul sekitar 65%. Bukti menunjukkan bahwa vitamin D dan vitamin K bekerja sama untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Bahkan, pasien cedera yang mengkonsumsi daun ubi jalar secara teratur mampu mengurangi risiko pergelangan kaki terkilir dan memulihkan tulang yang patah.

Baca Juga: Bayi Baru Lahir Wajib Mendapat Suntik Vitamin K?

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Melansir dari Bicol Consortium For Health Research and Development (BCHRD) daun ubi jalar terbukti mengandung lutein dan zeaxanthin (xanthophylls) yang tinggi dan seharusnya berkontribusi pada pencegahan katarak dan Age-related Macular Degeneration (AMD). Lutein merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan oksidatif pada otot lensa mata dan dapat menyebabkan katarak karena usia tua.

5. Antimutagenik dan Antioksidan

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Daun ubi jalar memiliki antioksidan dan senyawa antimutagenik atau zat yang mampu mengurangi laju mutasi sel kanker. Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh International Journal of Cancer Research melibatkan 82 jenis sayuran dan senyawa tanaman terhadap mutasi serta replika sel kanker menunjukkan bahwa daun ubi jalar adalah jenis sayuran dengan antimutagenik dan antioksidan tertinggi dibandingkan jenis tanaman lainnya.

Baca Juga: 13 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

6. Antibakteri

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Ekstrak bubuk daun ubi jalar mengandung lyophilized yang memberikan sifat antibakteri. Selain itu, air yang diekstrak dari daun ubi jalar menghambat ampuh untuk pertumbuhan bakteri akibat keracunan makanan seperti E. coli patogen, Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus.

7. Kesehatan Gusi

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Masalah gigi berlubang dan gusi adalah akibat dari makanan yang rendah vitamin C, A, D dan K. Sebaliknya, mengkonsumsi daun ubi jalar yang kaya akan vitamin C,A, dan K mampu memberikan asupan yang vitamin untuk mencegah kerusakan gigi.

Makanan yang kaya mineral dan vitamin membantu menghilangkan bakteri yang ada di mulut dan gigi. Vitamin K bekerja dengan vitamin dan mineral lain untuk membasmi bakteri yang merusak enamel gigi.

Baca Juga: Vitamin B6 untuk Ibu Hamil, Ketahui Manfaat, Dosis, dan Sumber Alaminya

Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Ibu Hamil

Bagi Moms yang sedang hamil, diperbolehkan mengkonsumsi daun ubi jalar karena kaya serat dan vitamin juga mineral yang baik untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin. Vitamin B6 dalam ubi jalar membantu mencegah morning sickness dan membantu pembentukan sel darah merah selama kehamilan. Daun ubi jalar juga bisa menjadi pilihan makanan yang baik selama masa kehamilan. Berikut ini manfaat daun ubi jalar untuk ibu hamil.

1. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Anemia merupakan salah satu permasalahan yang harus dihadapi oleh para ibu hamil. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2013, prevalensi ibu hamil anemia di Indonesia sebesar 37,1% yaitu ibu hamil dengan kadar hemoglobin kurang dari 11,0 gram / dl, dengan proporsi yang hampir sama di perkotaan (36,4%) dan perdesaan (37,8%).

Hal tersebut dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi daun ubi jalar karena mengandung banyak zat besi yang dibutuhkan ibu hamil. Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Indonesian Journal of Health Research, menunjukkan bahwa ibu hamil yang diberikan rebusan daun ubi jalar 100 gram selama 10 hari dapat meningkatkan kadar hemoglobin masing-masing responden pada R1 1,7 gr%, R2 2,1, R3 2,2, dan R4 2,7 gr%.

2. Melancarkan Pencernaan

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Selama hamil, pasti Moms kerap mengalami gangguan pencernaan. Semakin tua usia kehamilan maka risiko terkena sembelit pun akan semakin besar dan hal tersebut bisa menghambat proses persalinan. Kandungan serat yang tinggi pada daun ubi jalar mampu membantu melancarkan pencernaan pada ibu hamil. Sebab, daun ubi jalar mengandung serat yang tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian ibu hamil.

Baca Juga: 4 Masalah Pencernaan yang Paling Sering Diderita Bayi

3. Meningkatkan Sistem Imun

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Vitamin C yang ada pada daun ubi jalar bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama ketika hamil. Sebab, tubuh yang kuat dan imun yang baik adalah kunci agar kesehatan ibu hamil terjaga dan janin pun berkembang dengan sempurna.

4. Mengurangi Gejala Morning Sickness

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Pada trimester pertama kehamilan, biasanya Moms akan mengalami gejala mual atau morning sickness yang kadang membuat tubuh mual dan tidak nyaman untuk melakukan aktivitas. Hal ini merupakan kondisi yang wajar dialami oleh ibu hamil. Bahkan, penelitian pun menyebut bahwa 80% perempuan hamil mengalami morning sickness.

Morning sickness terjadi karena meningkatnya produksi hormon progesteron. Meski begitu, gejala ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun ubi jalar. Kandungan vitamin B6 pada daun ubi jalar dapat mengatur metabolisme tubuh dan mengurangi gejala morning sickness.

5. Mencegah Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Daun ubi jalar juga mampu mencegah atau mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Hal ini karena kandungan zat besi yang tinggi pada daun ubi jalar. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, ibu hamil yang rajin mengkonsumsi sayuran dengan zat besi tinggi yakni sekitar 10 mg per hari mampu meningkatkan berat badan bayi hingga 15 gr dibandingkan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi zat besi selama proses kehamilan.

Baca Juga: Ibu yang Tidak Mengalami Morning Sickness Ternyata Wajar Lho! Ini 5 Alasannya

6. Mengontrol Berat Badan

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Ibu hamil cenderung mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Agar tak kebablasan menjadi obesitas yang mengancam kesehatan ibu dan janin, maka ibu hamil perlu mengontrol berat badan. Sebab, ibu hamil yang obesitas berisiko terkena penyakit diabetes, hipertensi, sesak nafas, keguguran bahkan bayi lahir cacat. Moms bisa mengontrol berat badan dengan cara mengkonsumsi daun ubi jalar. Sebab, daun ubi jalar mengandung serat yang tinggi dan ampuh untuk menjaga rasa lapar sekaligus memperlancar pencernaan dalam tubuh. Sehingga Moms jadi tidak mudah lapar dan pencernaan pun lancar.

7. Membantu Perkembangan Janin

XX Manfaat Daun Ubi Jalar

Foto: Orami Photo Stocks

Kandungan riboflavin atau vitamin B2 dalam daun ubi jalar berguna untuk membantu proses penguraian makanan menjadi sari-sari makanan lalu mendistribusikannya ke dalam plasenta sebagai asupan makanan untuk janin. Tak hanya itu, riboflavin juga berfungsi mengoptimalkan tumbuh kembang janin selama proses kehamilan.

Sebab, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Vitamins E, A and B2 as Possible Risk Factors for Preeclampsia – under Consideration of the PROPER Study riboflavin bertugas untuk mengembangkan sel darah, kulit, dan lapisan saluran pencernaan. Selain itu, riboflavin juga dapat membantu mengurangi risiko preeklamsia.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Cokelat Untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Preeklamsia Juga Lho!

Jumlah riboflavin yang dibutuhkan ibu hamil ialah 1,4 miligram per hari. Meski tak ada batasan jumlah yang harus dikonsumsi, namun terlalu banyak menyantap makanan yang mengandung riboflavin bisa menyebabkan urin berwarna oranye. Sehingga takaran konsumsi daun ubi jalar harus sesuai syarat dokter ya, Moms.

Itulah manfaat mengkonsumsi daun ubi jalar untuk kesehatan dan ibu hamil. Apakah Moms berminat mencoba untuk mengkonsumsi daun ubi jalar secara teratur?

Artikel Terkait