FASHION & BEAUTY
11 Oktober 2019

5 Manfaat Madu untuk Rambut

Madu punya banyak manfaat bagi rambut, dari menghaluskan sampai menebalkan.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms pasti sudah banyak mendengar beragam manfaat madu. Ya, madu katanya bisa menjadi obat alami untuk beragam kondisi dan baik bagi kesehatan. Saking banyak khasiatnya, madu juga bermanfaat untuk rambut.

Katanya madu memiliki manfaat untuk memperindah hingga menebalkan rambut. Tak percaya? Yuk simak apa saja manfaat madu untuk rambut dan bagaimana cara menggunakannya, Moms.

1. Melembutkan Rambut

Manfaat minum air putih untuk kecantikan - mengatasi masalah rambut.jpg

Salah satu manfaat madu untuk rambut yang pertama adalah dapat membantu melembutkannya. Bahkan madu disebut-sebut sebagai bahan yang bagus untuk campuran conditioner.

Dilansir dari Healthline, madu mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang bisa membuat rambut lembut dan mudah diatur.

Bahkan kandungan mineral dan vitamin tersebut juga dapat mencegah rambut patah dan kering.

Moms bisa menggunakan madu dengan campuran minyak kelapa supaya efeknya kian maksimal. Caranya, campurkan setengah gelas minyak kelapa dengan setengah gelas madu,

Aduk sampai rata kemudian pakaikan ke seluruh rambut sampai rata. Diamkan selama 15 menit sambil dipijat-pijat kepala dengan lembut. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 5 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Rambut

2. Rambut Berkilau

manfaat pare untuk kecantikan - rambut  berkilau.jpg

Ingin rambut Moms cerah berkilau? Kalau begitu, coba pakai masker madu dengan rutin. Manfaat madu untuk rambut yang satu ini didapat karena madu mengandung enzim glucose oxidase.

Berdasarkan informasi dari Healthline, enzim ini dapat merangsang produksi melanin alami rambut.

Semakin banyak melanin yang terdapat di rambut, maka warna rambut akan terlihat lebih bagus dan tak terlihat kusam.

Agar rambut terlihat berkilau, Moms dapat membuat masker madu dicampurkan dengan minyak castor. Gunakan masker ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

3. Mencegah Rambut Rontok

3 Tips Mewarnai Rambut saat Sedang Program Hamil.jpg

Menggunakan madu sebagai masker rambut dapat mengatasi masalah rambut rapuh, tidak kuat, dan mudah rontok.

Menurut sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Judishapur J Nat Pharm Prod, madu mampu merangsang pertumbuhan sel-sel rambut yang baru.

Selain itu, manfaat lain yang bisa Moms dapat adalah madu dapat memperbaiki sel-sel rambut rusak yang menyebabkan rambut rontok dan gampang patah.

Moms bisa menggunakan 3 sendok makan madu dicampurkan dengan 2 sendok makan air kemudian pakaikan ke rambut. Setelah itu diamkan selama satu jam dan bilas.

Lakukan setidaknya dua kali seminggu supaya hasilnya terlihat.

Baca Juga: 5 Hal yang Tidak Disadari Jadi Penyebab Rambut Rontok

4. Mengatasi Masalah Kulit Kepala

Rambut-Berminyak-Hero.jpg

Manfaat madu untuk rambut lainnya adalah dapat mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe, gatal-gatal, dan berminyak.

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi di dalam madu membuat kulit kepala menjadi lebih sehat, lembap, dan tidak mudah kering.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal Cosmetology Dermatol, tak hanya antioksidan, madu juga memiliki asam amino dan protein yang bisa membantu meregenerasi kulit kepala yang rusak.

Moms dapat mencampurkan madu dengan ekstrak lidah buaya, yogurt, dan minyak zaitun. Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk dan aduk sampai rata. Oleskan pada rambut kemudian bilas dengan sampo dan air.

Baca Juga: 5 Perawatan untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

5. Menjaga Rambut Selalu Bersih

khasiat bawang putih untuk rambut - menjaga dari bakteri dan kuman.jpg

Madu juga memiliki sifat antibakteri. Jadi, jika Moms menggunakan madu sebagai salah satu produk perawatan rambut, kulit kepala Moms dijamin akan terbebas dari bakteri serta kuman penyebab penyakit.

Menurut WebMD, bakteri dan kuman yang ada di kulit kepala dapat menyebabkan infeksi. Kondisi ini akhirnya membuat rambut Moms mudah rontok, kulit kepala iritasi, hingga timbul rasa gatal.

Nah, supaya terhindar dari masalah tersebut, Moms bisa membiasakan menggunakan masker rambut yang terbuat dari madu dan campuran bahan alami lainnya. Moms bisa mengombinasikan madu dengan jeruk lemon dan yogurt supaya lebih efektif membasmi bakteri.

(IA)

Artikel Terkait