KEHAMILAN
21 Mei 2020

6 Manfaat Magnesium untuk Ibu Hamil, Bumil Wajib Tahu!

Nutrisi yang tepat selama kehamilan tidak hanya penting untuk kesehatan ibu tetapi juga Si Kecil dalam kandungan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memberikan nutrisi kepada Si Kecil dalam kandungan bisa menjadi sebuah hal yang menantang. Tubuh seorang manusia membutuhkan banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan secara total.

Nah, ketika Moms hamil, tubuh mungkin kekurangan nutrisi tertentu yang membantu mempertahankan kehamilan agar bisa melahirkan bayi yang sehat.

Salah satu nutrisi penting adalah magnesium untuk ibu hamil. Seperti nutrisi lainnya, kebutuhan tubuh akan magnesium untuk ibu hamil pun meningkat.

Tunjangan harian untuk magnesium menurut National Institutes of Health selama kehamilan adalah 350 hingga 360 miligram. Hal ini pun bisa tak tercapai karena mual, muntah, serta tak mau makan selama kehamilan.

Baca Juga: 6 Manfaat Kembang Kol untuk Ibu Hamil, Catat!

Manfaat Magnesium untuk Ibu Hamil

Walaupun asupannya masih belum mencukupi kebutuhan, magnesium bisa Moms dapatkan dalam banyak produk makanan atau vitamin prenatal. Namun, apa saja manfaat magnesium untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

1. Menghindari Kontraksi Dini

Ilustrasi Kontraksi

Foto: Orami Photo Stock

Moms, magnesium bekerja sama dengan kalsium guna menghindari kontraksi hingga hamil minggu ke-35. Magnesium menginduksi relaksasi pada otot, kalsium merangsang kontraksi otot sehingga keduanya dapat menjaga rahim dari kontraksi.

2. Mengurangi Kram

Kram sangat umum terjadi saat hamil. Nah, manfaat magnesium untuk ibu hamil adalah mengurangi kram, kekuatan Braxton Hicks, dan juga mengobati konstipasi yang menjadi keluhan umum.

3. Obat Mengatasi Insomnia

Susah Tidur saat Hamil-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat magnesium untuk ibu hamil selanjutnya adalah bertindak sebagai obat terbaik mengatasi stres sekaligus insomnia. Bila perlu, terkadang dokter meresepkan magnesium sebagai suplemen terpisah selain vitamin prenatal yang Moms makan.

Baca Juga: Ibu Hamil Yuk, Mengenal Lebih Jauh Parasetamol

4. Membantu Persalinan

Magnesium ini mengoptimalkan tingkat tekanan darah dan meningkatkan ambang toleransi nyeri sehingga membuat persalinan Moms lebih nyaman.

5. Mendorong Aliran Darah untuk Janin

Ilustrasi hamil

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari American Pregnancy Association, magnesium merupakan elektrolit paling penting untuk melengkapi kehamilan, yang diperlukan untuk mendukung aliran darah yang cukup ke otak janin.

6. Mengobati Sakit Kepala

Western Journal of Emergency Medicine mengungkapkan sakit kepala saat hamil bisa dikurangi dengan magnesium. Ini membantu merilekskan pembuluh darah yang menyempit di otak, mencegah penumpukan asam laktat yang dapat menyebabkan ketegangan dan nyeri migrain.

Baca Juga: Ketahui 7 Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling untuk Anak

  • Di samping itu, selain bermanfaat bagi ibu hamil, asupan magnesium pun menunjukkan manfaat positif bagi Si Kecil dalam kandungan, yaitu:
  • Dilansir dari salah satu jurnal di Wiley Online Library, magnesium menunjukkan efek menguntungkan pada pertumbuhan janin
  • Magnesium oral meningkatkan sirkulasi janin
  • Bayi baru lahir yang memiliki siklus tidur dan bangun yang lebih baik berasal dari ibu yang mengonsumsi magnesium dalam jumlah cukup selama kehamilan.

Moms, tidak sulit untuk mendapatkan manfaat magnesium untuk ibu hamil karena banyaknya makanan bahkan beberapa vitamin prenatal pun mengandung hal yang dibutuhkan tersebut.

Bila masih belum mencukupi maka tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kandungan tentang menambah suplemen khusus magnesium.

Artikel Terkait