KESEHATAN
26 Oktober 2019

Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Mental

Siapa sangka bahwa hobi mendengarkan musik ternyata bermanfaat untuk kesehatan mental?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Seorang penyanyi dan rapper asal Amerika, Kanye West pernah berucap, “Musik bukan sekadar musik, melainkan sebuah obat”. Pernyataan tersebut rasanya benar karena musik dapat memengaruhi kesehatan seseorang.

Terlepas dari genre musiknya, pasti Moms mempunyai lagu favorit yang setiap didengarkan selalu membuat bahagia dan mood menjadi kembali meningkat dengan baik.

Nyatanya, kebiasaan mendengarkan musik ternyata bermanfaat untuk kesehatan mental, lho, Moms.

Baca Juga: Mari Perhatikan Kesehatan Mental Anak Sejak Dini dengan 4 Cara Ini

Manfaat Mendengarkan Musik untuk Mental

Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Mental-2.jpg

Manfaat mendengarkan musik di antaranya bisa meningkatkan suasana hati, mencegah depresi, menurunkan kadar hormon yang terkait stres seperti kortisol, dan bahkan bisa mengurangi rasa sakit.

Uniknya lagi, mendengarkan musik sebelum sebuah proses operasi bisa meningkatkan hasil pasca operasi. Lalu, mengapa musik bisa mempunyai manfaat yang sebegitu besarnya?

“Musik dapat mengaktifkan sistem neurokimia dan struktur otak yang terkait dengan suasana hati positif, pengaturan emosi, perhatian dan memori seseorang,” ujar Kim Innes, profesor epidemiologi di School of Public Health University West Virginia.

Profesor Kim juga menambahkan, mendengarkan musik sangat efektif menurunkan tingkat stres pada orang dewasa dan cocok untuk didengarkan orang berusia tua yang mengalami penurunan kognitif.

“Manfaat mendengarkan musik hampir sama dengan sebuah meditasi. Mendengarkan musik secara signifikan meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur. Secara garis besar, hal ini bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang,” lanjut Profesor Kim, menjelaskan.

Baca Juga: Kenali Tanda dan Gejala Depresi pada Anak Berikut Ini

Seperti Moms ketahui, kesehatan mental seseorang dapat terganggu ketika ia sudah tidak mampu mengelola stres dengan baik, kualitas tidur menurun drastis, mudah menyalahkan diri sendiri, cemas atau khawatir berlebihan, yang bisa berujung pada depresi.

Kesehatan mental kini harus menjadi sesuatu yang diperhatikan, karena kalau tidak bisa membahayakan kualitas hidup seseorang.

Perhatikan Jenis Musik yang Didengarkan

Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Mental-1.jpg

Meskipun musik sudah terbukti baik untuk kesehatan mental, nyatanya hal ini kembali lagi pada jenis musik yang didengarkan dan suasana hati yang dirasakan. Musik juga bisa meningkatkan emosi negatif seperti kesedihan dan rasa amarah.

“Sebuah ritme dan karakteristik lagu yang kita pilih dapat memodulasi detak jantung dan aktivitas jaringan saraf otak. Lagu dengan tempo lambat bisa menenangkan, begitu juga sebaliknya. Meskipun sebenarnya semua ini bersifat subjektif,” jelas Daniel Levitin, profesor psikologi di Kanada.

Untuk itu, sebaiknya Moms memerhatikan jenis lagu yang didengarkan. Misalkan, Moms sedang bersedih dan galau, sebaiknya hindari mendengarkan lagu yang bertema sedih dan putus asa.

Lebih baik, dengarkan lagu dengan tempo yang lebih cepat dan memiliki lirik penuh semangat. Hal ini bisa meningkatkan suasana hati Moms secara perlahan.

Jika ditarik secara garis umum, tetap musik memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan bukan sekadar kesehatan mental saja. Rutin mendengarkan musik punya beberapa manfaat berikut ini:

  1. Mendengarkan musik dengan tempo cepat mampu meningkatkan semangat terutama saat sedang berolahraga.
  2. World Journal of Psychiatry mengungkapkan mendengarkan musik bisa mengurangi risiko terkena beberapa penyakit seperti demensia, stroke, dan penyakit parkinson.
  3. Mendengarkan musik bisa meningkatkan memori saat belajar.
  4. Mendengarkan musik bisa membantu menurunkan berat badan. Jika ingin mencobanya, Moms bisa mendengarkan musik yang lembut dan meredupkan lampu saat makan malam di rumah.
  5. Mendengarkan musik mampu meningkatkan fokus sehingga produktivitas sehari-hari juga semakin meningkat.

Baca Juga: Ternyata, Punya Sahabat Baik untuk Kesehatan Mental

Rasanya kita pasti setuju dengan kekuatan magis dari mendengarkan musik ini, ya, Moms.

Jadi, tidak ada salahnya mulai sekarang melibatkan musik dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Tubuh sehat dan pikiran juga terbebas dari stres yang berlebih.

Bahkan, mendengarkan musik yang lembut sebelum tidur juga mampu membebaskan Moms dari insomnia, lho! Yuk, mulai mendengarkan musik dari sekarang, ya!

(DG)

Artikel Terkait