KEHAMILAN
22 Juli 2019

Menangani Herpes saat Hamil, Bisakah dengan Asiklovir?

Bisa mengganggu proses persalinan ibu jika tidak ditangani dengan segera
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Wanita yang sedang hamil, bukan berarti terhindar dari segala masalah kesehatan. Bisa saja saat hamil kita menderita herpes, sehingga mengganggu jalan lahir calon bayi kita selama proses persalinan nantinya.

Bahkan yang lebih bahayanya lagi, virus herpes ini bisa saja menular pada bayi jika tidak ditangani dengan baik. Lebih bahayanya lagi dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada sistem saraf pusat, keterbelakangan mental, hingga kematian.

"Infeksi HSV mengancam jiwa pada neonatus. Persentase signifikan dari bayi yang terinfeksi meninggal bahkan jika mereka menerima terapi anti-virus, dan persentase yang signifikan dari yang selamat adalah kerusakan otak," jelas Anna Wald, M.D., M.P.H., direktur medis dari University of Washington Virology Research Clinic di Seattle dan rekan penulis studi NEJM.

“Persentase signifikan dari bayi yang terinfeksi meninggal bahkan jika mereka menerima terapi anti-virus, dan persentase yang signifikan dari yang selamat adalah kerusakan otak.”

Baca Juga: Waspada! Bayi Bisa Terkena Herpes Hanya Karena Dicium

Gejala herpes yang mungkin akan ditemukan diantaranya demam yang disertai dengan nyeri otot, lelah, mual, dan muncul luka yang terasa nyeri pada mukosa mulut atau vagina. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk menangani herpes saat hamil?

Mengatasi Herpes saat Hamil

herpes saat hamil

Foto: npr.org

Banyak wanita yang bertanya-tanya tentang mengambil obat antivirus selama kehamilan untuk menekan penyebaran terjadi pada trimester ketiga. Food and Drug Administration (FDA) dari Amerika Serikat tidak setuju jika para wanita mengonsumsi obat herpes untuk tujuan ini.

Meskipun demikian, asiklovir (obat antivirus herpes), sering digunakan oleh beberapa dokter untuk mengobati wanita dengan herpes genital pada akhir kehamilan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asiklovir yang diminum setiap hari selama bulan terakhir kehamilan akan mencegah herpes kambuh dan mengurangi kemungkinan untuk operasi caesar.

Tetapi beberapa ahli tetap khawatir tentang keamanannya untuk janin di dalam perut ibu.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Cara Mencegah Herpes Genital

Sempat Tidak Direkomendasikan

Menangani Herpes saat Hamil, Bisakah dengan Asiklovir 02.jpg

Foto: familydoctor.org

Dewasa ini, asiklovir tidak direkomendasikan sebagai salah satu obat untuk mengatasi herpes saat hamil, karena dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai efek samping.

Akan tetapi, perusahaan juga melihat rekam jejak pengalaman beberapa ratus wanita yang mengonsumsi obat ini selama kehamilan, dan sampai saat ini terbukti asiklovir tidak membawa peningkatan risiko cacat lahir atau akibat yang merugikan.

Baca Juga: Hati-hati, Sembarangan Pinjam Lipstik Bisa Menularkan Herpes

Berdasarkan hasil dari data ini, penggunaan pengobatan supresif harian selama bulan-bulan terakhir kehamilan pun menjadi semakin umum.

(AWD)

Artikel Terkait