TRIMESTER 2
4 Mei 2020

4 Cara Menangani Konstipasi pada Ibu Hamil

Begini cara mengatasinya dengan tepat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Apa yang terlintas di dalam pikiran Moms saat mengalami sembelit saat hamil? Wah, pasti rasanya tidak nyaman, ya! Sembelit atau konstipasi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ibu yang tengah mengandung.

Umumnya, konstipasi saat hamil terjadi pada trimester awal dan bisa berlanjut saat trimester akhir menjelang persalinan.

Ada banyak penyebab yang membuat konstipasi pada ibu hamil, faktor terbesar adalah peningkatan hormon saat kehamilan.

“Saat hamil, seorang ibu akan mengalami peningkatan kadar progesteron yang melemaskan otot-otot halus, termasuk saluran pencernaan sehingga memperlambat perjalanan makanan melalui usus. Hal ini meningkatkan penyerapan air dari usus dan sebabkan konstipasi,” ungkap Dr. Ruzindana Kenneth, konsultan dari Kigali University Teaching Hospital.

Baca Juga: Mengalami Konstipasi Saat Hamil, Ini Penyebabnya!

Menangani Konstipasi pada Ibu Hamil

Konstipasi terkadang tidak dapat dihindari dan membuat tubuh terasa tidak nyaman dan aktivitas menjadi tidak maksimal. Untuk itu, ketahui cara menangani konstipasi saat hamil, yaitu:

1. Cegah Dehidrasi

konstipasi pada ibu hamil 1.jpg

Foto: firstcry.com

Hal penting untuk mengatasi konstipasi pada ibu hamil adalah menjaga cairan pada tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Jangan malas untuk minum air putih, ya, Moms, karena nyatanya kebiasaan ini penting untuk mengatasi sembelit.

Selain minum air putih, cukupkan cairan tubuh dengan mengonsumsi sup hangat dan jus buah atau sayuran, intinya yang mudah dicerna di dalam tubuh.

2. Pola Makan yang Sehat

konstipasi pada ibu hamil 2.jpg

Foto: thehealthy.com

Sebaiknya Moms memerhatikan pola makan saat masa hamil. Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat agar kebutuhan gizi tercukupi dan dapat mencegah konstipasi.

Dilansir dari British Nutrition Foundation, ada banyak sumber serat yang bisa Moms konsumsi, di antaranya sereal, roti gandum, kacang-kacangan, kentang, serta berbagai jenis sayur dan buah-buahan.

Jenis sayur yang bisa dipilih, yaitu brokoli, wortel, dan jagung. Sedangkan buah-buahan yang bisa dicoba, yaitu buah beri, pir, melon, dan jeruk. Mengonsumsi serat bisa memperlancar saluran pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Baca Juga: 5 Pengobatan Alami untuk Sembelit Bagi Ibu Hamil

3. Jangan Malas Bergerak

konstipasi pada ibu hamil 3.jpg

Foto: healthywomen.org

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh aktif bergerak? Justru ibu hamil harus tetap aktif bergerak untuk menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik, salah satunya rutin berolahraga.

American Pregnancy Association merekomendasikan beberapa olahraga ringan ini saat hamil:

  • Kegel
  • Berenang
  • Berjalan santai
  • Jogging
  • Yoga
  • Bersepeda
  • Aerobik

Lakukan olahraga selama tiga kali seminggu selama 20 hingga 30 menit. Kebiasaan ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan juga mencegah gejala sembelit menjadi lebih parah, lho, Moms!

4. Mengonsumsi Obat Pencahar

konstipasi pada ibu hamil 4.jpg

Foto: healthline.com

Nyatanya, memang ada alternatif obat yang bisa dikonsumsi untuk memperlancar pencernaan.

Namun, obat-obatan pencahar atau pelunak feses ini tidak boleh sembarangan dikonsumsi oleh ibu hamil, ya. Ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter jika Moms merasa gejala konstipasi tidak kunjung sembuh.

Menurut Dr. Ruzindana, meskipun konstipasi saat hamil adalah hal yang umum terjadi, tetap waspada terhadap gangguan kesehatan lain yang dapat mengiringinya.

“Konstipasi pada ibu hamil tidak berbahaya untuk janin, tapi meningkatkan risiko infeksi saluran kemih (ISK) dan obstruksi usus. Konstipasi pada ibu hamil juga mampu sebabkan gangguan wasir, pendarahan dubur, sehingga harus ditangani secepatnya,” lanjutnya.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Itulah yang bisa dilakukan untuk menangani konstipasi pada ibu hamil. Tetap utamakan kesehatan tubuh saat masa kehamilan agar janin selalu sehat juga, ya, Moms!

Artikel Terkait