TREN
8 Agustus 2019

Tertarik Mencoba Diet Mediterania? Intip 4 Tipsnya

Masih tetap bisa mengonsumsi daging lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika berbicara tentang makan sehat, yang terlintas di benak Moms salah satunya adalah diet. Iya atau tidak?

Namun, diet tidak hanya berbicara tentang membuang semua karbohidrat, dan kembali memakan sayuran yang biasa? Apakah terasa mengesalkan?

Jika Moms salah satunya, mari kita berbicara tentang diet Mediterania. Menurut News & World Report AS, adalah diet Mediterania adalah pilihan diet paling baik.

Diet Mediterania adalah cara makan berdasarkan masakan tradisional dari negara-negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania.

Meskipun tidak ada definisi tunggal, diet ini biasanya kaya akan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Rachel Fine, ahli gizi ahli diet mengatakan, diet Mediterania menekankan pada makanan nabati. "Itu berarti Anda sebaiknya melupakan burger dan makanan cepat saji sebagai sumber nutrisi utama,” kata dia kepada The List.

Bagi Moms yang ingin menerapkan diet Mediterania yang menyenangkan ini, intip beberapa tips dari kami agar diet Moms berjalan lancar.

Baca Juga: 5 Seleb Hollywood ini Berbagi Rahasia Diet Mereka

1. Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

Tertarik Mencoba Diet Mediterania Intip 4 Tipsnya -1.jpg

Foto: Health.harvard.edu

Jenis daging ini sangat mudah ditemui. Tapi jika yang Moms pikirkan adalah steak yang besar dan berair, itu tidak sejalan dengan prinsip-prinsip diet Mediterania.

Megan Casper, seorang ahli gizi yang terakreditasi mengatakan, daging merah mengandung lemak jenuh. Diet Mediterania menekankan mengonsumsi makanan yang lebih tinggi lemak.

Dia merekomendasikan makan daging merah tidak lebih dari beberapa kali sebulan, dan ayam serta ikan masing-masing dua kali seminggu.

Namun itu tidak berarti semua daging merah adalah musuh. ”Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa daging merah tanpa lemak dapat ditambahkan ke diet Mediterania tanpa merusak efek kesehatan jantung. Itu kabar baik!” kata Megan

2. Tidak Mengkonsumsi Mentega

Tertarik Mencoba Diet Mediterania Intip 4 Tipsnya -2.jpg

Foto: Ukragroconsult.com

Mentega memberikan rasa lezat dan berlemak dalam segala hal. Sayangnya, itu bukan bahan yang akan dalam diet Mediterania.

Jill Weisenberger, ahli gizi yang terdaftar di Virginia mengatakan, pola makannya mungkin tidak rendah lemak, tapi cukup rendah lemak jenuh dan kaya lemak tak jenuh."Dan mentega, tentu saja, tinggi lemak jenuh,” kata dia.

Jadi apa yang direkomendasikan Jill? Dia mengatakan untuk membatasi lemak padat seperti butter dan minyak kelapa. “Sebaliknya gunakan minyak zaitun atau minyak canola atau minyak cair lainnya," katanya.

Baca Juga: Mengenal Ketogenic, Diet Rendah Karbo dan Tinggi Lemak

3. Pilih Makanan dengan Lemak Sehat

Tertarik Mencoba Diet Mediterania Intip 4 Tipsnya -3.jpg

Foto: Agoramedia.com

Jika lemak kerap dihindari sebagian penggemar diet, maka itu tidak berlaku dalam diet Mediterania. Menurut ahli gizi dan ahli diet terdaftar Rachel Fine, meskipun ada kesalahpahaman tentang 'diet rendah lemak,' tubuh dan pikiran kita bergantung pada lemak.

Lemak adalah zat gizi penting yang meningkatkan rasa kenyang dan kepuasan saat makan. "Jadi tidak perlu terobsesi untuk menghentikannya dari diet Anda ,” terang dia.

Jadi, jenis makanan berlemak dan lezat apa yang bisa Moms makan jika mengikuti Diet Mediterania? Menurut Rachel, salmon, rainbow trout, herring, sarden, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, selai kacang, dan selai kacang lainnya dapat menjadi pilihan.

4. Pilih Buah Sebagai Dessert

Tertarik Mencoba Diet Mediterania Intip 4 Tipsnya -4.jpg

Foto: Forkoverknives.com

Ketika Moms sedang diet, maka dessert bukan termasuk menu untuk Moms. Tapi, untuk diet Mediterania tidak sepenuhnya melarang selama Moms membuat pilihan yang sehat.

Buah adalah makanan penutup yang lebih umum daripada makanan yang dipanggang. Tambahkan makanan Moms dengan buah-buahan segar atau kering daripada kue.

Buah-buahan padat nutrisi dan relatif rendah kalori. Mereka juga memiliki serat, vitamin dan mineral serta fitokimia yang meningkatkan kesehatan seperti lutein, likopen, flavonoid, dan polifenol lainnya.

Makan lebih banyak buah dan sayuran. Usahakan untuk 7 hingga 10 porsi buah dan sayuran sehari. Pilihlah biji-bijian utuh. Beralih ke roti gandum, sereal, dan pasta. Lakukan percobaan dengan biji-bijian utuh lainnya, seperti bulgur dan farro.

Baca Juga: Yuk Ikuti Tips Diet Ampuh Berdasarkan Zodiak Masing-masing!

Diet Mediterania adalah cara makan yang lezat dan sehat. Banyak orang yang beralih ke gaya makan ini dan mengatakan mereka tidak akan pernah makan dengan cara lain. Apakah Moms juga tertarik melakuannya?

(FAR)

Artikel Terkait