KESEHATAN
31 Oktober 2019

Menderita Diabetes Namun Ingin Menikmati Pesta? Yuk Ikuti Panduan Ini

Mengelola Diabetes pada Saat Kencan Pertama Hingga Pesta
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mengalami diabetes bukan berarti harus menghindari bersosialisasi. Moms dan Dads tetap bisa pergi ke tempat makan baru, acara pesta, atau sekedar nonton bioskop dengan teman dan kerabat tanpa rasa khawatir diabetes. Kuncinya, tentu tetap mengawasi kadar gula darah dan karbohidrat.

"Dengan beberapa perencanaan, penderita diabetes dapat menghadiri hampir semua acara sosial dan menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali,” ujar Erin Palinski-Wade, RD, CDE, konsultan nutrisi di Hamburg, New Jersey, dan penulis 2 Day Diabetes Diet.

Agar kegiatan bersosialisasi tidak mengganggu kadar gula dalam darah, berikut tipsnya.

Pergi ke Bioskop

ke bioskop.jpg

Foto: rd.com

Nonton film terbaru bersama teman memang paling seru. Akan tetapi, biasanya nonton film identik dengan konsumsi minuman bersoda dan popcorn.

Dianjurkan untuk membatasi konsumsi popcorn. Sebab, mengandung banyak karbohidrat, kalori, dan lemak jenuh yang tidak sehat. Sedangkan untuk minuman bersoda, bisa menikmati soda diet dengan ukuran terkecil.

”Pilih minuman bebas karbohidrat. Akan tetapi, beberapa bioskop juga memiliki menu yang lebih sehat untuk dikonsumsi,” jelas Palinksi-Wade.

Baca Juga: Gejala Diabetes Pada Anak dan Pengobatannya

Pesta Kantor

50.jpg

Foto: careers.workopolis.com

Makan sebelum acara pesta kantor berlangsung. Sebab, jika Anda kelaparan, cenderung akan mengkonsumsi apa saja yang disuguhkan dalam pesta tersebut, termasuk makanan tidak sehat. Diantaranya, kue-kue manis, buah dengan saus mengandung gula, dan lainnya.

”Setiap kali pergi ke acara sosial, sebaiknya terlebih dahulu sehingga tidak akan terlalu lapar dan dipaksa untuk bergantung pada makanan apa pun yang tersedia,” ungkap Palinksi-Wade.

Agar tetap dapat menikmati pesta, pilih salad atau sayuran untuk dikonsumsi. ”Sayuran potongan seledri, paprika, dan wortel, bahkan brokoli bisa menjadi pilihan,” saran Lynn Grieger, RDN, CDE, pelatih kesehatan, makanan, dan kebugaran di Prescott, Arizona, serta ahli diet Mayo Clinic.

Selain itu, keju dalam jumlah sedang (ukuran satu atau dua ibu jari) dapat menjadi tambahan yang tepat untuk sayuran.

Baca Juga: Seperti Apa Menu Sehat untuk Mencegah Stroke dan Diabetes?

Pesta Ulang Tahun Anak

Happy-Birthday-HD-Wallpapers-and-Pics-Mom+baby.jpg

Foto: rockinkidsburbank.com

Pesta ulang tahun anak biasanya dipenuhi dengan berbagai macam panganan yang mengandung banyak gula. Palinski-Wade merekomendasikan sebelum acara pesta, konsumsi camilan ringan yang mengandung sejumlah karbohidrat dan protein. ”Seperti segenggam kacang dengan sayuran atau salad dengan irisan ayam,” jelasnya.

Pastikan pula memiliki cukup ketersediaan air mineral atau teh tanpa tambahan gula.

Baca Juga: Patut Tahu Nih, 3 Tips Aman Makan Durian Untuk Penderita Diabetes

Pesta Liburan

7-Holiday-Party-Outfit-Must-Haves.jpg

Foto: tricountymall.com

Sama seperti pada pesta kantor, keju, sayuran, dan kacang-kacangan dapat menjadi pilihan. Hati-hati terhadap sajian koktail karena mengandung gula yang cukup banyak.

Girls Night Out

img_093d70ccbb08679b8fb4110d78c79f32_1512458393329_original.jpg

Foto: eventshigh.com

Menikmati girls night out bagi perempuan layaknya bebas makan sepuasnya. Untuk itu, sebaiknya jujur bahwa Moms menderita diabetes dan perlu memperhatikan konsumsi karbohidrat dan gula. Dengan demikian, rekan-rekan Moms akan mengerti dan mencari tempat makan yang sesuai.

Baca Juga: 3 Gejala Diabetes yang Mudah Dikenali

Moms juga sebaiknya menghindari makanan penutup atau cukup cicipi sesendok makanan penutup yang paling lezat agar tetap dapat menikmati acara. Jika ingin konsumsi kopi, tidak dianjurkan kopi menggunakan tambahan pemanis atau gula.

Makan terlebih dahulu, membawa makanan, dan mengandalkan makanan yang ‘aman’ membuat Moms dan Dads tetap bisa mengunjungi pesta atau bersosialisasi tanpa khawatir akan kadar gula darah. Hal terpenting adalah quality time bersama orang-orang tersebut, jadi tetap enjoy ya Moms dan Dads.

Artikel Terkait