TRIMESTER 2
27 Juli 2019

Ibu Hamil Mendengkur, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mendengkur bisa jadi sangat mengganggu
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Mendengkur adalah hal yang biasa kita lakukan saat tidur. Sebagian orang mengaku mendengkur saat merasa terlalu lelah dan tidurnya lelap. Namun bagaimana dengan para Moms yang sedang hamil mendengkur, padahal sebelum hamil tidak?

Meskipun sebelumnya Moms tidak pernah mendengkur, mendengkur saat hamil adalah hal yang cukup umum. Hal ini biasanya memengaruhi sekitar 1 dari 3 orang wanita hamil dan muncul pada saat hamil tua atau sekitar trimester kedua.

Seiring berjalannya waktu, kondisi ini akan semakin parah saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Lalu bagaimana cara mengatasi ibu hamil mendengkur? Simak penjelasan di bawah ini ya, Moms.

Baca Juga: Normal atau Bahaya, Apa Penyebab Bayi Mendengkur Saat Tidur?

Penyebab Ibu Hamil Mendengkur

ibu hamil mendengkur

Penyebab ibu hamil mendengkur yang paling umum adalah karena meningkatnya hormon kehamilan, yang menyebabkan selaput lendir di hidung Moms membengkak.

Akibatnya, hidung Moms jadi tersumbat yang akan semakin meningkat dan parah ketika Moms yang sedang hamil berbaring.

Penambahan berat badan yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab ibu hamil mendengkur. Hal ini dikarenakan tubuh menghasilkan jaringan ekstra di sekitar kepala dan leher yang memperburuk dengkuran.

Tidak hanya itu saja, stress juga bisa menjadi salah satu penyebab ibu hamil mendengkur.

"Stres memengaruhi pernapasan dan pernapasan memengaruhi dengkuran," kata Tess Graham, pendidik pernapasan dan fisioterapis di Australia serta penulis Relief from Snoring and Sleep Apnea.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Bayi Mendengkur Saat Tidur

Cara Mengatasi Dengkuran Saat Hamil

kobieta-w-ciazy.jpg

Kondisi ibu hamil mendengkur dapat mengganggu suami, juga diri sendiri. Nah, jika Moms merasa terganggu dan tidak bisa tidur nyenyak dengan keadaan ini, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Jangan disepelekan ya Moms, karena dalam beberapa kasus, mendengkur juga dapat menjadi tanda bahwa kita menderita diabetes gestasional.

Agar lebih tenang dan tidak menduga-duga Moms perlu untuk mendapatkan tes skrining glukosa pada minggu ke-24 hingga 28 (bisa juga lebih awal jika disarankan oleh dokter).

Mendengkur juga seringkali dikaitkan dengan sleep apnea, suatu kelainan yang dapat mengakibatkan pasokan oksigen untuk Moms dan calon bayi mendadak hilang atau berhenti. Hal ini biasanya terjadi pada trimester ketiga, pada wanita yang memiliki kelebihan berat badan.

Baca Juga: 4 Dampak Obesitas Pada Ibu Hamil Bagi Perkembangan Janin

“Kelebihan berat badan adalah hal yang memicu ibu hamil mendengkur,” kata Dr. Kecia Gaither, spesialis kedokteran janin ibu di New York City.

Karena sleep apnea cenderung mengarah pada risiko komplikasi yang lebih besar seperti preeklampsia, sangat penting untuk Moms menceritakan keadaan ini pada dokter kandungan Moms jika mendengkur lebih keras dari biasanya.

Artikel Terkait