PASCA MELAHIRKAN
23 September 2020

Cara Merawat Luka Jahitan Setelah Melahirkan Normal, Jangan Diabaikan!

Jaga area di sekitar jahitan bersih dan kering ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms perlu tahu cara merawat luka jahitan setelah melahirkan normal, terutama ketika dokter melakukan tindak medis episiotomi kala persalinan normal.

Mengutip National Health Service (NHS), episiotomi membuat pembukaan vagina sedikit lebih lebar, memungkinkan bayi melewatinya dengan lebih mudah.

Kadang-kadang perineum wanita bisa robek saat bayi keluar. Dengan episiotomi, dapat membantu mencegah robekan yang parah atau mempercepat kelahiran jika bayi perlu dilahirkan dengan cepat.

Perlu diketahui, bahwa sebagian besar wanita dengan luka jahitan melahirkan normal akan sembuh tanpa masalah, meskipun mungkin membutuhkan waktu berminggu-minggu.

Selain itu, jahitan episiotomi juga tidak perlu dilepas, karena tubuh akan menyerap dengan sendirinya. Moms dapat kembali ke aktivitas normal saat merasa sudah siap.

Mengutip MedlinePlus.gov, setidaknya tunggu 6 minggu sebelum melakukan aktivitas seperti menggunakan tampon, berhubungan seks, dan aktivitas lain yang dapat merusak (menghancurkan) jahitan.

Lalu, seperti apa cara merawat luka jahitan setelah melahirkan normal? Cari tahu lebih lanjut pada artikel berikut ini, Moms.

Baca Juga: Apa Makan Telur Membuat Luka Operasi Gatal?

Cara Merawat Luka Jahitan Setelah Melahirkan Normal

Memiliki luka jahitan usai persalinan normal membutuhkan perawatan yang lebih konsisten dan sering dibandingkan dengan luka pasca operasi sesar.

"Setelah persalinan sesar, umumnya jahitan luka ditutup plester atau lapisan tahan air untuk sementara waktu. Tidak diperlukan perawatan harian. Setelah persalinan sesar, hindari angkat benda terlalu berat, karena dapat mengganggu penyembuhan luka operasi." terang dr. Handojo Tjandra, MD.MMed O&G (M'Sia), Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan/Obstetri & Ginekologi OMNI Hospitals Alam Sutera.

"Sedangkan, untuk luka jahitan pasca persalinan normal (daerah perineum), perlu perawatan luka setiap harinya, untuk mencegah infeksi yang dapat mengganggu proses penyembuhan luka," lanjutnya.

Untuk menghilangkan rasa sakit atau ketidaknyamanan karena luka jahitan melahirkan normal, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai cara merawat luka jahitan setelah melahirkan normal. Simak lebih lanjut penjelasannya berikut ini.

1. Menjaga Kebersihan Luka Jahitan Perineum

cara merawat luka jahitan setelah melahirkan-2.jpg

Foto: flo.health

Dikatakan oleh dr. Handojo, cara merawat luka jahitan setelah melahirkan normal di bagian perineum pasca persalinan bisa dengan menggunakan maternity pad/sanitary pad yang diganti setiap 3-4 jam.

Ini karena perdarahan setelah persalinan normal mirip dengan perdarahan menstruasi.

"Jaga jahitan luka pada perineum tetap bersih dan kering dengan membersihkannya secara teratur menggunakan air hangat untuk mencegah infeksi. Bersihkan juga jahitan luka setiap kali selesai buang air kecil dan besar," terangnya lagi.

Terkait dengan mandi menggunakan air hangat, dr. Handojo mengatakan tidak masalah bila Moms ingin melakukan hal tersebut.

"Ibu boleh mandi, dan tidak dilarang berendam atau membasuh lukanya dengan air hangat. Jahitan luka diusahakan bersih dan kering setelah mandi, atau berendam untuk menghindari infeksi yang dapat mengganggu proses penyembuhan luka," terangnya.

Tetapi, penting dicatat bahwa selama masa nifas, karena pasca melahirkan normal masih terjadi perdarahan, Moms sebaiknya tidak melakukan kegiatan berenang untuk sementara waktu.

Baca Juga: Manfaat Pijat Perineum untuk Ibu Hamil Agar Lancar Melahirkan

2. Mengompresnya dengan Es atau Minum Obat Pereda Nyeri

Moms dapat meminta perawat menggunakan es batu dan menggunakan kompres es dalam 24 jam pertama setelah kelahiran, untuk mengurangi pembengkakan dan membantu mengatasi rasa sakit sebagai cara merawat luka jahitan setelah melahirkan normal.

Selain itu, bisa juga dengan meminum obat pereda nyeri, dan minum antibiotik jika diberikan oleh dokter.

"Jika ada nyeri pada jahitan, boleh dikompres es atau minum obat anti nyeri, dan bila diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi, sebaiknya tetap diminum sampai habis. Jahitan luka akan menutup dengan baik, dan benang jahitan akan lepas sendiri sekitar 2-3 minggu.

Bila Moms merasakan nyeri, bengkak atau kemerahan pada luka jahitan yang merupakan tanda infeksi, segera hubungi dokter.

3. Melakukan Mandi Sitz

mandi sitz.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms dapat melakukan banyak hal lain sebagai cara merawat luka jahitan setelah melahirkan normal dan mempercepat proses penyembuhannya, salah satunya melakukan mandi sitz.

"Mandi sitz adalah mandi terapi hangat yang digunakan untuk menyembuhkan dan membersihkan area di sekitar perineum (ruang antara alat kelamin dan anus)," tulis Barbara Bolen, PhD, psikolog klinis berlisensi dan pelatih kesehatan mengutip Very Well Health.

Mandi sitz dapat dilakukan di bathtub, atau Moms dapat membeli wastafel bundar dan dangkal yang pas di atas dudukan toilet standar. Ingat, tunggu hingga 24 jam setelah melahirkan untuk bisa mandi sitz.

Baca Juga: 6 Kegiatan yang Harus Dihindari Saat Merawat Bekas Luka Operasi Caesar

4. Konsumsi Sayur untuk Cegah Sembelit

Ambil pelunak feses dan banyak minum air putih sebagai cara untuk mencegah sembelit. Disarankan Moms mengonsumsi banyak serat agar dapat membantu kelancaran buang air besar.

Mengutip jurnal Clinics in Colon and Rectal Surgery, untuk mencegah sembelit perlu memerhatikan asupan makanan, termasuk makan makanan tinggi serat, minum air putih, dan buah-buahan.

Mengonsumsi makanan tinggi serat juga bisa menjadi cara merawat luka jahitan setelah melahirkan normal.

5. Lakukan Latihan Kegel

lakukan senam kegel

Foto: Orami Photo Stock

Melansir Mayo Clinic, latihan Kegel penting dilakukan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul, yang menopang rahim, kandung kemih, usus kecil dan dubur.

Ada banyak faktor yang dapat melemahkan otot-otot dasar panggul, termasuk kehamilan, persalinan, pembedahan, penuaan, tekanan yang berlebihan akibat konstipasi atau batuk kronis, dan kelebihan berat badan.

Moms bisa menjadikan latihan Kegel bagian dari rutinitas harian. Latihan ini juga dilakukan kapan dan di mana saja, baik itu ketika sedang duduk atau bersantai di sofa.

Nah, itulah beberapa cara merawat luka jahitan setelah melahirkan normal. Ingat Moms, selalu perhatikan kebersihan luka jahitan agar cepat sembuh, ya!

Artikel Terkait