PASCA MELAHIRKAN
11 September 2019

ASI Seret? Yuk Coba 8 Cara Alami Memperbanyak ASI!

Moms memiliki banyak pertanyaan tentang apa yang harus dimakan agar produksi ASI lebih banyak
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

ASI adalah makanan paling bergizi untuk Si Kecil yang baru lahir. Akan tetapi, apa yang terjadi ketika Moms tidak dapat memproduksi ASI dengan jumlah yang cukup?

Jangan khawatir karena Moms tidak sendiri. Sebagai seorang Moms yang menyusui, sangat normal untuk khawatir tentang pasokan ASI untuk Si Kecil.

Apakah saya menghasilkan ASI yang cukup? Apakah bayi saya menyusui secara efektif? Bagaimana cara memperbanyak ASI yang bisa saya lakukan? Pertanyaan seperti itu pasti kerap Moms rasakan.

Walaupun ini adalah ketakutan yang umum terutama di kalangan Moms baru, hanya ada sedikit Moms yang benar-benar tidak menghasilkan ASI dengan jumlah cukup.

Tentu saja berita baik tentang kecukupan ASI tersebut banyak dibuktikan oleh sebagian besar Moms yang melihat kenaikan berat badan dan diapers penuh disertai kotoran Si Kecil yang teratur.

Namun, bukan hal yang salah apabila Moms terus menjaga dan berusaha meningkatkan produksi ASI, baik karena produksi ASI yang memang rendah atau salah satunya sebagai persiapan untuk kembali bekerja.

Baca Juga: 5 Cara Menyapih Anak dari Botol Dot

Salah satu cara memperbanyak ASI yang mudah dicoba dan banyak dilakukan adalah mengubah pola makan. Ini sejalan dengan fase Moms yang masih menyusui, yaitu fase dimana seorang ibu membutuhkan banyak perhatian berkaitan dengan makanan dan kesehatannya.

Apa pun yang Moms makan selama periode ini sangat penting untuk pemulihan pasca melahirkan dan akan secara langsung mempengaruhi jumlah ASI yang diproduksi.

Ginger Carney, IBCLC, Konsultan Laktasi, Ahli Gizi, dan Direktur Layanan Nutrisi dan Laktasi di Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude Memphis, Amerika Serikat, mengatakan tidak ada bukti ilmiah yang kuat dan menyebutkan bahwa makanan apa pun dapat meningkatkan pasokan ASI.

"Namun, jika seorang ibu ingin mencoba sendiri untuk melihat hasil apa yang dia dapatkan, saya tidak melihat ada salahnya," katanya seperti dikutip dari parents.com.

Berikut ini adalah beberapa makanan tertentu yang secara khusus dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari cara memperbanyak ASI atau dikenal dengan sebutan galactagogue.

1. Oatmeal

Oatmeal

Konsumsi oatmeal atau makanan lain berbahan dasar gandum merupakan salah satu cara memperbanyak ASI yang bisa Moms coba.

Oatmeal merupakan sumber zat besi yang sangat baik dan penting bagi ibu yang mengalami anemia pasca kehamilan. Penelitian telah menunjukkan bahwa anemia dapat menyebabkan tingkat produksi ASI yang rendah.

Memang tidak banyak bukti ilmiah yang menunjukkan efek sebenarnya dari manfaat bahan dasar oatmeal tersebut. Namun, terdapat hipotesis bahwa peningkatan ASI setelah mengonsumsi oatmeal atau gandum dapat dihubungkan dengan tingginya tingkat zat besi.

Oatmeal menjadi sumber zat besi yang baik dan dapat membantu Moms meningkatkan jumlah sel darah merah. Oatmeal juga merupakan makanan yang menenangkan dan sangat mudah dibuat.

Sedjenane Chang, IBCLC, Konsultan Laktasi, San Jose, California, mengatakan bahwa gandum adalah salah satu makanan yang tampaknya telah cukup banyak membantu Moms menyusui secara konsisten sehingga dianggap sebagai saran yang umum.

"Tetapi tidak ada penelitian yang cukup untuk memberi tahu kami mengapa gandum bisa membantu pasokan ASI. Bagaimanapun, memakannya secara teratur tidak akan menjadi hal yang buruk untuk dilakukan saat Anda menyusui," ujarnya.

2. Ubi Jalar

Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber utama kalium dan memiliki karbohidrat penghasil energi yang diperlukan untuk melawan kelelahan. Ubi jalar juga mengandung vitamin C dan B-kompleks serta mineral pelemas otot yaitu magnesium.

3. Bawang Putih

bulbs and bowl of garlic

Bawang putih dianggap sebagai bagian dari cara memperbanyak ASI yang paling baik, karena dikenal memiliki senyawa kimia yang dapat membantu Moms menyusui.

Konsumsi bawang putih mencegah semua jenis kanker dan Moms hanya perlu mencampur tumisannya dalam sup yang Moms makan. Mudah bukan?

4. Salmon

Salmon

Dr. Ruby Sehra, Spesialis Kebidanan dan Kandungan, New Delhi, mengatakam salmon adalah sumber EFA (asam lemak penting) dan omega-3.

Baik EFA dan omega-3 sangat bergizi dan penting untuk Moms yang menyusui. Salmon harus ada dalam daftar menu Moms karena ikan ini dapat bekerja efektif sebagai cara memperbanyak ASI dan membuatnya lebih bergizi.

Baca Juga: 6 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

5. Bayam

Bayam

Makanan kaya zat besi seperti bayam bisa efektif untuk mengisi kembali kadar zat besi Moms, terutama jika mengalami pendarahan pasca persalinan atau kehilangan banyak darah selama kelahiran.

Bayam dapat menjadi salah satu makanan andalan yang merupakan bagian dari cara memperbanyak ASI.

"Satu studi menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah berhubungan dengan suplai ASI yang rendah. Jadi jika Anda merasa kesulitan dalam masalah ASI, maka minta dokter memeriksa kadar zat besi Anda," kata Chang.

Makanan kaya zat besi lainnya yang dapat Moms konsumsi adalah daging merah terutama hati, kacang-kacangan, buncis, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

6. Pepaya Hijau atau Mentah

Pepaya Hijau

Pepaya mentah atau hijau sangat populer sebagai galactagogues hebat di Asia. Mengonsumsi pepaya hijau membantu meningkatkan produksi oksitosin yang pada akhirnya mampu meningkatkan produksi ASI.

Moms bisa merebusnya sebelum mengonsumsinya. Selain itu, restoran Thailand juga dikenal banyak menggunakan pepaya hijau dalam sajian masakannya.

Mungkin Moms bisa mencoba beberapa masakan Thailand dan anggap saja ini cara memperbanyak ASI sekaligus wisata kuliner.

7. Beras Merah

mafaat beras merah untuk diet 4.jpg

Menurut makalah penelitian Increase Breast Milk Supply With Herbal Galactagogues yang diterbitkan dalam World Journal of Pharmaceutical and Life Sciences, beras merah mampu meningkatkan produksi ASI.

Bahan makanan ini ternyata memiliki stimulan hormon yang mampu meningkatkan ASI dan juga memberi Moms energi ekstra yang diperlukan pasca melahirkan.

Selain itu, beras merah juga membantu meningkatkan nafsu makan sehingga memungkinkan Moms untuk makan makanan bergizi.

Baca Juga: Lebih Baik dari Nasi Putih, Ini 10 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

8. Kacang Almond

Kacang Kenari

Kacang almond kaya akan omega-3 dan vitamin E, sehingga bisa menjadi bagian dari cara memperbanyak ASI.

Vitamin E membantu menyembuhkan gatal-gatal yang disebabkan oleh stretch mark pasca kehamilan dan omega-3 membantu meningkatkan hormon untuk membantu menghasilkan lebih banyak ASI.

Mengonsumsi almond yang dihancurkan dan dicampur dengan susu atau menambahkan almond ke dalam mangkuk oatmeal yang Moms makan bisa membuatnya lebih nikmat dan sangat bergizi.

(RIE/ERW)

Artikel Terkait