NEWBORN
2 Desember 2017

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-6

Ini dia yang ditunggu-tunggu: senyum pertama Si Kecil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Perkembangan Bayi:

Ini dia yang ditunggu-tunggu: senyum pertama Si Kecil! Umumnya, di usia 5 hingga 6 minggu, bayi Moms akan mengedipkan senyum bergetar manis yang merupakan senyuman asli pertamanya.

Matanya akan berbinar dan melebar saat ia menggerakkan mulutnya ke atas. Balas senyumnya dan segera ambil kamera, Ma! Selain senyum, bayi Moms sekarang juga bisa menanggapi suara yang tidak asing lagi, terutama suara Moms dan suara orang-orang yang sering ia hadapi.

Moms, Coba Deh:

Periksa kalender Moms. Biasanya, dokter kandungan menjadwalkan pertemuan kembali di minggu ke-6. Periksa juga jadwal imunisasi bayi Moms, sudah lengkapkah imunisasi yang seharusnya diperoleh bayi di 2 bulan pertama?

Pulang dari dokter, bila mau, Moms bisa mampir ke tempat spa khusus untuk bayi dan Moms. Selain untuk memanjakan bayi, baby spa juga punya banyak manfaat, lho! Klik di sini untuk mengetahui apa saja manfaatnya.

Tips Minggu Ini:

Di usia 6 minggu, bayi akan lebih banyak bangun. Manfaatkan waktu terjaganya ini untuk memberi bayi stimulasi sensorik. Moms bisa mengajarinya mengenal suara-suara lain seperti musik, lonceng, dan mainan bayi yang mengeluarkan beragam bunyi!

Kocok mainan di satu sisi kepala bayi dan kemudian ulangi di sisi lain. Kocok bergantian, dengan cepat dan lamban. Perhatikan bagaimana bayi akan mencari suara dengan matanya. Bila Moms melihatnya menanggapi suara itu, beri pujian, "Anak pintar, itu dia yang berbunyi!"

Narasumber: dr. Aryana Diani, Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

(AK)

Foto: Shutterstock

Artikel Terkait