KESEHATAN
21 September 2020

Minyak Kayu Putih dan Obat Herbal Lianhua Membantu Menyembuhkan COVID-19?

Apakah kedua pengobatan tradisional ini benar-benar berkhasiat menyembuhkan pasien COVID-19?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Seiring bertambahnya kasus COVID-19 di beberapa negara tak terkecuali di China dan Indonesia. Para ilmuwan pun hingga kini masih terus mengupayakan segala kemungkinan termasuk menjajal pengobatan herbal yang sekiranya bisa digunakan untuk menyembuhkan COVID-19.

Beberapa di antaranya ialah minyak kayu putih dan obat herbal Lianhua Qingwen dari China. Apakah kedua pengobatan tradisional ini benar-benar berkhasiat menyembuhkan pasien COVID-19?

Baca Juga: Menghilangkan Kutu Rambut Cukup dengan Minyak Kayu Putih, Ini Caranya

Pengobatan Tradisional China Ampuh Menyembuhkan 92% Kasus COVID-19

minyak kayu putih dan obat herbal lianhua membantu menyembuhkan covid?

Foto: Orami Photo Stocks

Pada akhir Juni 2020, pemerintah China mengklaim bahwa obat tradisional Lianhua Qingwen ini mampu menyembuhkan COVID-19 hingga 92% kasus di China.

Hingga kini, total jumlah kasus COVID-19 di China mencapai 85.279 kasus dengan total pasien sembuh 80.477 kasus dan warga yang meninggal dunia 4.634 orang.

Meski jumlah kasus tak COVID-19 tak sebanyak di awal pandemi, namun saat ini China masih terus bersiap untuk menghadapi wabah COVID-19 gelombang kedua salah satunya dengan pengobatan herbal.

Perlu Penelitian Lebih Lanjut Terhadap Obat Tradisional Lianhua Qingwen

minyak kayu putih dan obat herbal lianhua membantu menyembuhkan covid?

Foto: Kompas.com

Diketahui obat Lianhua Qingwen dibuat saat wabah SARS tahun 2003. Obat ini terdiri dari 13 komponen di antaranya Forsythia suspense dan Rhodiola rosea atau yang dikenal dengan sebutan akar emas.

Dalam pengunaannya, China menyebut obat ini tidak memiliki efek samping atau negatif. Meski begitu, pakar dan ilmuwan masih harus melakukan serangkaian tes ilmiah sebelum menyatakan bahwa obat ini aman bagi masyarakat dan ampuh menyembuhkan pasien COVID-19.

Selain itu, menurut Institute Kesehatan Amerika dalam jurnal ilmiah Nature berpendapat bahwa obat tradisional ini bisa jadi meringankan gejala penyakit COVID-19, namun hingga kini efektivitasnya dalam melawan COVID-19 masih belum terbukti.

"Obat tradisional China belum ada bukti yang baik dan karena itu penggunaannya tak hanya tidak bisa dibenarkan, tapi juga berbahaya," sebut Edzard Ernst, peneliti obat-obatan suplemen yang dikutip dalam jurnal ilmiah Nature.

Meski demikian, permintaan obat tradisional China ini masih terus meningkat di seluruh dunia. Bahkan Dewan Negara China memperkirakan industri pengobatan tradisional ini akan meraup penjualan hingga USD 420 miliar.

Baca Juga: 9 Manfaat Minyak Eucalyptus untuk Kesehatan

Obat Lianhua Qingwen Banyak Dijual di Indonesia

minyak kayu putih dan obat herbal lianhua membantu menyembuhkan covid?

Foto: CGTN

Obat tradisional Lianhua Qingwen ini sudah banyak dijual di berbagai marketplace di Indonesia dengan harga yang beragam mulai dari Rp 59 ribu hingga Rp 250 ribu.

Dalam kolom deskripsi tertulis bahwa obat ini mampu menurunkan demam, meredakan batuk, tenggorokan kering, flu, hidung tersumbat, nyeri sendi, pegal linu, sakit kepala, hingga hidung tersumbat.

Narasi Minyak Kayu Putih Bisa Sembuhkan COVID-19 Viral di Sosmed

minyak kayu putih dan obat herbal lianhua membantu menyembuhkan covid?

Foto: Orami Photo Stocks

Pada awal September 2020, beredar narasi di media sosial yang menyebut minyak kayu putih mampu membunuh COVID-19. Pernyataan tersebut salah satunya dibagikan oleh akun Facebook LIdya Vivi.

Dalam unggahannya tersebut, Lidya menyebut bahwa pernyataan itu merupakan kesaksian langsung pasian COVID-19 bernama Lukman Djaja yang selama 37 hari dirawat di Wisma Atlet dan lima kali menjalani swab test dengan hasil positif COVID-19.

Karena tak kunjung sembuh, penghuni Wisma Atlet lainnya menyarankan lukman untuk menggunakan minyak kayu putih dan pada swab test ke delapan dan sembilan, Lukman dinyatakan negatif COVID-19.

Penjelasan Ilmiah Minyak Kayu Putih Membunuh COVID-19

minyak kayu putih dan obat herbal lianhua membantu menyembuhkan covid?

Foto: Orami Photo Stocks

Eucalyptus atau kayu putih merupakan tanaman herbal yang sejak dulu telah digunakan untuk menyembuhkan dan meredakan berbagai penyakit. Sedikitnya ada lebih dari 700 jenis tanaman eucalyptus yang tersebar di seluruh dunia.

Salah satu jenis eucalyptus yang paling banyak digunakan ialah eucalyptus globulus. Jenis yang satu ini biasanya diambil minyaknya yang mengandung banyak antioksidan yang baik untuk tubuh.

Menurut penelitian dalam jurnal Clinical Microbiology and Infection (CMI), tanaman jenis ini memiliki antibakteri yang berguna untuk mengobati infeksi saluran pernapasan, antiseptik, hingga pereda rasa nyeri.

Meski begitu, hingga kini peneliti dan ilmuwan Indonesia masih meragukan klaim antivirus corona dari tanaman tersebut. Selain itu, ilmuwan dan peneliti menganggap bahwa perlu dilakukan uji coba serta penelitian lebih lanjut terkait produk kalung antivirus corona Kementan tersebut.

Baca Juga: Kementan Luncurkan Produk Eucalyptus untuk Antivirus Corona, Apakah Efektif Digunakan?

Minyak Kayu Putih Memiliki Sifat Anti Virus

minyak kayu putih dan obat herbal lianhua membantu menyembuhkan covid?

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR dr Inggrid Tania MSI, mengatakan bahwa tanaman eucalyptus memang memiliki zat yang bersifat anti bakteri, anti virus, dan anti jamur.

Meski begitu, masih belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minyak kayu putih ampuh membasmi virus Corona.

"Memang pernah ada penelitian eucalyptus efektif untuk membunuh virus beta corona, tetapi bukan virusnya Covid-19, SARS-CoV-2," kata dr Inggrid dikutip dari Kompas.com.

Minyak Kayu Putih Belum Bisa Dipercaya Bisa Membunuh COVID-19

minyak kayu putih dan obat herbal lianhua membantu menyembuhkan covid?

Foto: Orami Photo Stocks

Sementara itu, dalam situs resmi UGM, mengungkapkan anggapan bahwa minyak kayu putih bisa membunuh COVID-19 tidak sepenuhnya bisa dipercaya.

Terlepas dari tanaman ini memiliki potensi antivirus, menurut Rini Pujiarti, Ph.D, Dosen Fakultas Kehutanan UGM, menyebut jika diklaim bahwa minyak kayu putih bisa membunuh COVID-19 maka diperlukan penelitian lebih lanjut.

Artikel Terkait