PROGRAM HAMIL
9 Oktober 2019

Moms Belum Juga Hamil? Coba Lakukan 5 Hal Ini!

Sebelum memutuskan ke dokter kesuburan, cek kembali hal-hal yang dapat menghambat program hamil
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setelah berbulan-bulan mencoba untuk hamil, Moms dan Dads mungkin sudah terpikir meminta saran dokter untuk hamil.

Namun sebelum meminta saran dokter untuk hamil sebaiknya Moms mencoba melakukan beberapa rekomendasi berikut ini, dengan harapan dapat mewujudkan dua garis pertanda kehamilan dalam waktu dekat.

1. Cek Bahan Pelumas

1 Cek Bahan Pelumas.jpg

Foto: cosmo.ph

Saat memilih pelumas untuk berhubungan seksual, pastikan Moms membaca kembali kandungan bahan di dalamnya dan pilih yang ‘ramah sperma’.

“Banyak pelumas mengandung spermicide, yang dapat membunuh sperma,” ungkap pendiri dan Direktur Medis di Fertility Specialists yang berbasis di Dallas, Texas, Jerald Goldstein, MD, seperti dikutip dari parents.com.

Baca Juga: Apa Sajakah Persiapan untuk Program Hamil?

2. Suplemen Myo-inositol

2 Suplemen Myo-inositol.jpg

Foto: allure.com

Sebuah studi menemukan, wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur dan mengonsumsi myo-inositol memperlihatkan perkembangan siklus menstruasi yang lebih teratur dan dapat hamil lebih cepat.

“Myo-inositol dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mungkin bermanfaat bagi pasien, terutama yang bermasalah dengan ovulasi infertilitas,” ungkap Direktur Kedokteran Reproduksi di Institute for Reproductive Medicine & Science, New Jersey, Serena H Chen, MD, seperti dikutip dari parents.com.

Selain mengonsumsi suplemen myo-inositol tambahan, Moms juga dapat memaksimalkan asupan nutrisi ini melalui konsumsi jeruk dan navy bean.

3. Vitamin B6 dan Zinc

3 Vitamin B6 dan Zinc.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Vitamin dan mineral memainkan peran penting dalam memaksimalkan kesehatan secara keseluruhan dan kesuburan.

“[Vitamin B6] membantu mengatur fase luteal [dari siklus], jarak waktu dari ovulasi ke menstruasi,” ungkap ahli gizi dan doula (pendamping persalinan), Sarah Thompson, seperti dikutip dari parents.com.

Dosis harian vitamin B6 yang direkomendasikan adalah 100 mg. Thompson juga menyarankan wanita untuk mendapatkan asupan zinc yang cukup (National Institutes of Health merekomendasikan setidaknya 8 mg zinc per hari), baik melalui asupan makan atau suplemen.

Banyak wanita kekurangan zinc karena penggunaan pengendali kehamilan. Sehingga mengonsumsi vitamin B6 dan zinc akan membantu tubuh menyerap dan memaksimalkan manfaatnya.

Baca Juga: Sedang Program Hamil? Yuk Ikut Senam Yoga

4. Akupuntur

4 Akupuntur.jpg

Foto: katyacupuncture.com

Sebelum mendapatkan saran dokter untuk hamil, Moms bisa mencoba perawatan akupuntur selama setidaknya tiga hingga enam bulan.

Akupuntur dapat meningkatkan aliran darah ke rahim dan ovarium, serta merangsang sistem saraf parasimpatik dan simpatik.

Akupuntur juga dapat membantu mengatur hormon dalam tubuh yang kemungkinan menjadi salah satu faktor yang mencegah kehamilan. Hal ini juga diperkuat dengan sebuah studi di tahun 2003 dari Cornell yang menyebutkan bahwa akupuntur memiliki manfaat positif bagi kesuburan.

5. Atur Emosi

couple12.jpg

Foto: albeu.com

Tidak hanya masalah kesehatan tubuh, tapi kesejahteraan emosional Moms dan Dads juga sama pentingnya dalam mensukseskan program hamil.

Sehingga sebelum meminta saran dokter untuk hamil, Moms bisa melakukan rekomendasi hal-hal di atas, serta menjaga keseimbangan hubungan dan mengurangi stres dari masalah apapun.

Baca Juga: 10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

Jika masih memiliki masalah yang belum terselesaikan, hal terpendam, rasa takut, kemarahan atau kebencian, hal tersebut dapat memengaruhi kemampuan untuk hamil.

“Saya rasa pasangan perlu memiliki ikatan yang erat, sehingga disalurkan kepada bayi dan bayi juga dikandung dari suatu cinta yang nyata, murni,” ungkap naturopath asal New York City sekaligus pengarang The Naturopathic Approach to Fertility, Julissa Hernandez, seperti dikutip dari foxnews.com.

Itulah beberapa hal yang bisa Moms dan Dads lakukan sebelum meminta saran dokter untuk hamil.

Artikel Terkait