KEHAMILAN
30 Juli 2019

Moms, Salah Pilih Kosmetik Bisa Bikin Susah Hamil Loh!

Ini jenis kosmetik yang perlu dihindari saat Moms sedang program hamil
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Moms yang sedang berusaha untuk hamil dianjurkan untuk melakukan sejumlah penyesuaian dalam gaya hidupnya.

Mulai dari menjaga pola makan agar lebih sehat, lebih rajin berolah raga, hingga mengonsumsi sejumlah vitamin prakehamilan.

Ternyata ada satu lagi penyesuaian yang tak kalah penting, yaitu berhati-hati memilih kosmetik. Ini penting karena menurut para ahli, salah pilih kosmetik bisa bikin perempuan susah hamil!

Dikutip dari situs business-standard.com, banyak kosmetik dan produk perawatan tubuh yang dipakai perempuan sehari-hari ternyata mengandung zat kimia yang dapat berdampak negatif terhadap kesuburannya.

Baca Juga : 5 Mitos dan Fakta tentang Program Hamil, Moms Wajib Tahu!

Menurut para ahli, sejumlah zat kimia dalam kosmetik dapat memicu efek samping pada fungsi hormon di tubuh, termasuk memengaruhi sistem reproduksi perempuan.

Zat kimia yang mengganggu sistem reproduksi itu dikenal juga dengan istilah senyawa pengganggu hormon.

Senyawa pengganggu hormon dapat mengacaukan sistem endokrin yang fungsi utamanya adalah mengatur produksi hormon di tubuh, termasuk hormon reproduksi.

“Beberapa jenis zat kimia dapat memengaruhi fungsi hormon di tubuh meskipun dalam tingkatan yang rendah,” terang Nneka Leiba, direktur Healthy Living Science di Environmental Working Group.

Dr. Nitasha Gupta, dokter kandungan serta spesialis IVF dari Indira Hospital di New Delhi, mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, para ahli menemukan bila senyawa pengganggu endokrin terbukti memicu fungsi abnormal indung telur, keguguran, dan infertilitas pada perempuan.

Lantas, produk apa saja yang termasuk ke dalam jenis kosmetik bisa bikin perempuan susah hamil?

1. Krim Anti-aging

Kata ahli Salah pilih kosmetik bisa bikin perempuan susah hamil (4).jpg

Foto: pexels.com

Krim anti-aging biasanya mengandung senyawa yang disebut retinoid. Dikutip dari situs web Parents, menurut sebuah studi, retinoid memiliki pengaruh terhadap bayi yang terlahir cacat.

Penggunaan krim yang mengandung retinoid walaupun dalam jumlah sedikit berisiko mempersulit upaya hamil serta membahayakan perkembangan janin.

Makanya, ahli dermatologi Karyn Grossman dari Grossman Dermatology menganjurkan para perempuan yang berencana untuk hamil agar berhenti menggunakan segala kosmetik yang mengandung retinoid.

Selain terdapat di krim anti-aging, menurut Dr. Grossman, retinoid juga terkadang terdapat di produk kosmetik yang memiliki label anti-acne dan anti-pigment.

Baca Juga : 5 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Membuat Perempuan Susah Hamil

2. Cat Kuku

Kata ahli Salah pilih kosmetik bisa bikin perempuan susah hamil (2).jpg

Foto: theculturetrip.com

Salah satu kosmetik bikin perempuan susah hamil adalah cat kuku. Produk ini mengandung banyak senyawa organik yang mudah menguap, seperti formaldehida, phthalat, dan toluena.

Selain cat kuku, cairan penghapus cat kuku juga mengandung zat kimia beracun, seperti metil metakrilat, toluena, dan etil asetat.

Semua zat kimia itu berisiko memicu masalah pada kesuburan perempuan, seperti susah hamil dan bayi terlahir cacat.

3. Parfum

Kata ahli Salah pilih kosmetik bisa bikin perempuan susah hamil (2).jpg

Foto: media.mnn.com

Parfum ternyata termasuk golongan kosmetik bisa bikin perempuan susah hamil, Moms.

Dikutip dari situs mother.ly, banyak parfum yang mengandung pewangi sintetis yang dapat mengganggu keseimbangan hormon. Sering kali, bahan-bahan tersebut bahkan tidak tertera di label kemasan parfum.

Moms juga perlu berhati-hati dalam menggunakan pewangi ruangan karena menurut Dr. Aaliya Gupta, seorang ahli kesehatan holistik, produk tersebut juga umumnya mengandung pewangi sintetis.

Pilihan pewangi yang aman bagi calon ibu hamil adalah essential oil murni yang bisa Moms bikin sendiri di rumah.

(AN/CAR)

Artikel Terkait