2-3 TAHUN
22 Mei 2019

Moms, Yuk Coba 6 Permainan Untuk Meningkatkan IQ Balita

Asah otak balita dengan permainan yang menstimulasi kemampuan berpikirnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms, jangan percaya dengan mitos yang mengatakan kalau IQ balita itu sudah ditentukan sejak lahir dan tidak bisa diubah lagi.

Studi yang dilansir dalam jurnal Brain: A Journal of Neurology menyebutkan kalau lima tahun pertama kehidupan anak adalah masa kritis untuk pembelajaran dan perkembangan otak.

Sekitar 90% volume fisik otak anak juga sudah berkembang sebelum usia lima tahun, dengan jutaan hubungan saraf yang terbentuk setiap detiknya. Itu artinya otak balita masih sangat fleksibel dan merespon dengan baik pada stimulasi.

Menariknya, stimulasi otak balita akan lebih efektif bila dilakukan secara menyenangkan dalam bentuk permainan sambil diberikan perhatian positif dari Moms atau Dads.

Nah, berikut adalah beberapa permainan untuk meningkatkan IQ balita yang bisa Moms dan buah hati coba di rumah.

1. Mencocokkan Gambar dan Kata

Moms, Yuk Coba 6 Permainan Untuk Meningkatkan IQ Balita 1.jpg

Permainan untuk meningkatkan IQ balita ini paling cocok dimainkan oleh balita berusia di atas 2 tahun, dengan menggunakan mainan alfabet dan gambar bertema hewan atau buah.

Setelah Moms membentuk huruf alfabet menjadi nama buah atau hewan, minta Si kecil mencocokkannya dengan gambar yang sesuai.

Walau sederhana, permainan ini bisa meningkatkan ingatan serta kemampuan pengenalan huruf dan pembentukan kata.

Baca Juga: Menyenangkan dan Edukatif, Ini 4 Aktivitas Untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial Balita

2. Mencari Jalan Keluar Labirin

Moms, Yuk Coba 6 Permainan Untuk Tingkatkan IQ Balita 2.jpg

Permainan sederhana ini ternyata punya banyak manfaat baik untuk perkembangan otak dan IQ balita lho, Moms. Mulai dari mengasah imajinasi, kemampuan memecahkan masalah, motorik visual, juga kemampuan motorik halus serta koordinasi mata dan tangan.

Selain bisa dilakukan di atas kertas, Si kecil juga bisa bermain labirin interaktif yang terbuat dari kardus, bola dan papan kayu, maupun yang bentuknya vertikal sesuai dengan usia dan perkembangannya.

3. Bermain Balok Susun Bangun

Moms, Yuk Coba 6 Permainan Untuk Tingkatkan IQ Balita 3.jpg

Permainan menyusun balok sudah bisa dilakukan sejak balita berusia 1.5 tahun, dimulai dari menyusun balok secara bebas lalu berlanjut ke yang lebih rumit seperti meniru gambar pola atau meniru bentuk yang Moms buat.

Baca Juga: Apakah Baby Spa Aman untuk Bayi dan Bermanfaat untuk Kecerdasannya?

4. Menari

Moms, Yuk Coba 6 Permainan Untuk Tingkatkan IQ Balita 4.jpg

Karena setiap balita suka menari dengan mendengarkan musik, permainan untuk meningkatkan IQ balita ini bisa jadi pilihan aktivitas untuk mengisi waktu luang yang baik untuk otak.

Tubuhnya yang bergerak aktif saat menari akan memberikan lebih banyak oksigen bagi otak, yang penting untuk mengasah berbagai bagian otak sekaligus meningkatkan fungsinya.

Musik juga bisa menstimulasi ujung saraf otak, meningkatkan kemampuan spasial temporal, penguasaan bahasa, kemampuan mendengarkan, daya ingat, juga menghubungkan berbagai saraf berbeda di otak.

5. Bermain Puzzle

Moms, Yuk Coba 6 Permainan Untuk Tingkatkan IQ Balita 5.jpg

Permainan seperti puzzle dan tangram yang menstimulasi otak balita untuk berpikir akan membentuk dan menguatkan hubungan saraf otak, juga meningkatkan imajinasi serta kemampuan berpikir logis.

Semua manfaat puzzle tadi penting untuk meningkatkan IQ balita, jadi semakin cepat Moms mengenalkan Si kecil pada permainan puzzle akan semakin baik pula efeknya bagi otak anak.

Baca Juga: Ini Segudang Manfaat Ayah Dekat dengan Anak, Pengaruhi Kecerdasan Hingga Emosionalnya

6. Bermain Dengan Bentuk

Moms, Yuk Coba 6 Permainan Untuk Tingkatkan IQ Balita 6.jpg

Dalam studi oleh University of Arizona, disebutkan kalau mengenalkan konsep matematika sejak sedini mungkin bukan hanya akan meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak, tapi juga mendukung perkembangan literasi dan kemampuan berpikir kritis.

Nah, bermain dengan bentuk bisa mengenalkan konsep dasar matematika seperti bentuk, angka, juga perbandingan relatif (lebih besar, lebih kecil, lebih banyak, dsb).

Contoh permainan untuk meningkatkan IQ balita yang berhubungan dengan bentuk diantaranya adalah menyortir benda berdasar bentuk, memasukkan bentuk ke dalam tutup kotak yang sesuai, atau mewarnai bentuk sesuai instruksi (lebih besar, paling kecil, dsb.)

IQ memang bukan segalanya, tapi menstimulasi otak balita dan mendidiknya dalam lingkungan keluarga yang positif akan memberikan Si kecil peluang lebih besar untuk sukses dan bahagia di masa depan.

Menurut Moms, hal apa lagi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan IQ balita?

(WA)

Artikel Terkait