RESEP
13 Juni 2019

Mudah dan Enak, Ini 4 Camilan dari Kulit Lumpia yang Bisa Dibuat di Rumah

Dari isian gurih sampai manis, semuanya enak dan renyah!
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Kehabisan ide membuat camilan? Selalu sediakan kulit lumpia saja, Moms. Sebab, dari dadar tipis ini, ada macam-macam kudapan yang bisa dihasilkan. Moms juga bisa berkreasi memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah untuk dijadikan isi kulit lumpia.

Sebenarnya kulit lumpia bisa diolah menjadi penganan basah dengan dikukus, tapi lebih praktis dan meriah jika dijadikan gorengan. Isian gurih sampai manis, semua bisa masuk.

Kalau takut gagal bikin kulit lumpia, di pasaran kulit lumpia siap pakai banyak dijual, kok, Moms. Ada yang bentuknya bundar, ada pula yang persegi dengan ukuran kecil dan besar. Biasanya disimpan di chiller di area frozen food.

Ini beberapa camilan dari kulit lumpia yang bisa Moms buat di rumah:

1. Lumpia Semarang

Mudah dan Enak, Ini 4 Camilan dari Kulit Lumpia yang Bisa Dibuat di Rumah 01.jpg

Makanan khas ibukota Jawa Tengah ini berisi rebung, sayuran, telur, serta daging ayam atau udang. Rasanya kombinasi gurih dan manis dengan tekstur renyah dan ukuran besar.

Lumpia Semarang biasa disajikan bersama beberapa batang daun kucai, acar mentimun, serta saus kental dengan rasa manis.

Baca Juga: 6 Camilan Ini Bersahabat Baik dengan Berat Badan, Lho!

2. Martabak Telur Mini

Mudah dan Enak, Ini 4 Camilan dari Kulit Lumpia yang Bisa Dibuat di Rumah 02.jpg

Martabak mini biasa dijadikan martabak telur versi rumahan. Tak perlu repot membuat kulit martabak yang harus dibanting dan diputar-putar itu, Moms. Moms cuma perlu menyiapkan kulit lumpia. Rasanya sama enak, kok, dengan martabak telur biasa.

Gunakan daging giling, telur (lebih enak telur bebek), daun bawang, serta berbagai bumbu lainnya. Setelah bahan-bahan isian dicampur dan diletakkan di atas selembar kulit lumpia, kulit lumpia dilipat berbentuk amplop, direkatkan, dan digoreng. Dimakan dengan cabai rawit, enak banget, Moms!

Untuk versi ekonomis camilan dari kulit lumpia ini, Moms bisa menggunakan tahu yang dilumatkan bersama kornet.

Baca Juga: Nikmatnya Cheese Tteokbokki, Camilan Korea yang Gampang Dibuat Sendiri

3. Piscok

Mudah dan Enak, Ini 4 Camilan dari Kulit Lumpia yang Bisa Dibuat di Rumah 03.jpg

Kombinasi pisang, cokelat, dan kulit lumpia yang renyah, siapa yang tidak suka? Camilan dari kulit lumpia ini bisa Moms buat sendiri di rumah dengan mudah, lo.

Moms cukup meletakkan sepotong pisang dan meses di atas selembar kulit lumpia lalu lipat dan rekatkan ujungnya dengan putih telur. Setelah itu, goreng dengan api kecil.

Moms juga bisa membuat pisang aroma dengan isian selain cokelat. Misalnya keju, selai stroberi, saus karamel, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Dilewatkan!

4. Samosa

Mudah dan Enak, Ini 4 Camilan dari Kulit Lumpia yang Bisa Dibuat di Rumah 04.jpg

Samosa memiliki ciri khas bentuk segitiga. Isinya gurih, bisa berupa daging kambing dengan jintan dan berbagai bumbu lain, atau kentang lumat dan aneka sayuran.

Selain itu masih banyak camilan dari kulit lumpia yang bisa Moms buat di rumah. Nah, Moms biasanya membuat apa?

(EMA)

Artikel Terkait