JALAN-JALAN
15 Juni 2019

Nyaman dan Seru, Yuk Naik Kereta Luxury 2 ke Yogyakarta

Berminat untuk menaikinya, Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Dari sekian banyak lokasi wisata yang ada di Indonesia, Jogja adalah salah satu daerah yang seringkali menjadi tempat favorit bagi para pelancong.

Baik itu turis dari luar negeri, atau sesama penduduk di Indonesia, Jogja adalah tempat wisata yang nyaman dan ramah dikunjungi.

Ada banyak hal yang bisa Moms lakukan ketika berlibur ke Jogja, seperti wisata kuliner, wisata museum, wisata alam, dan masih banyak lagi.

Untuk mendatangi kota yang dikenal sebagai "Kota Pendidikan" ini pun juga tidak sulit, ada ragam transportasi seperti pesawat, kendaraan pribadi, bus, atau kereta api yang bisa Moms pilih.

Kereta api menjadi transportasi yang banyak digunakan bagi mereka yang ingin berwisata di Jogja. Baru-baru ini, PT Kereta Api Indonesia mengeluarkan jenis kereta baru, Luxury 2, yang bisa menarik perhatian Moms.

Baca Juga: Yuk Ajak Anak Mengenal Kereta Api di 5 Museum Ini!

Seperti namanya, kereta Luxury 2 ini adalah kereta dengan fasilitas di atas kereta api kelas eksekutif. Mengutip dari Kompas.com, kereta mewah pertama produksi PT INKA itu pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 2018.

Sebelumnya, PT KAI sudah meluncurkan Luxury 1 yang dirangkaikan dengan kereta Argo Bromo Anggrek Luxury relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi.

kereta luxury 2.jpg

Foto: medcom.id

Menjelang musim angkut Lebaran, PT KAI kembali mengeluarkan Luxury 2 yang resmi beroperasi Minggu (26/5/2019).

Kereta Luxury 2 ini dirangkaikan ke empat kereta, yaitu kereta Argo Lawu relasi Gambir-Solo Balapan, kereta Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan, kereta Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta, dan kereta Gajayana relasi Gambir-Malang.

Moms bisa menaiki kereta Luxury ini dengan harga promo Rp750.000 untuk keberangkatan 26 Mei - 26 Juni 2019, hal ini seperti disampaikan oleh Edi Sukmoro, Direktur Utama KAI .

"Ini sudah dapat makan. Free flow untuk snacks dan minuman," ujar Edi di Stasiun Gambir, dikutip dari Kompas.com.

Tak hanya itu, ada fasilitas lain yang bisa dinikmati di kereta Luxury ini. Berikut fasilitas yang tersedia.

Baca Juga: Yuk, Liburan Dengan Kereta Api Wisata Priority, Kereta Api Dengan Pelayanan Ala Pesawat!

1. Kursi Bisa Direbahkan Hingga 140 Derajat

Beda dengan jenis kursi di kereta lain, Moms bisa merebahkan tubuh di kursi kereta sleeper yang empuk ini hingga 140 derajat. Dari bagian belakang, bentuknya seperti kapsul yang melindungi kursi berwarna biru.

Tak hanya itu, terdapat bantalan sandaran kaki yang juga bisa dinaikkan hingga sejajar dengan posisi badan yang tiduran.

2. Berisi 26 kursi

Satu kereta sleeper hanya memuat 26 kursi: di satu sisinya terdapat dua kursi, dan sisi satunya hanya ada satu kursi. Bahkan, di generasi terdahulunya, kereta sleeper hanya memuat 18 kursi.

Baca Juga: Liburan ke Jogja? Wajib Bawa Pulang 7 Oleh-oleh Ini

3. Layar Hiburan

kereta luxury 2-2.jpg

Foto: kanalsatu.com

Moms bisa menonton ragam acara hiburan pada layar yang tersedia di belakang kursi penumpang. Layar tersebut juga dilengkapi headphone besar yang nyaman dipakai.

Namun, letaknya dirasa terlalu jauh dari jangkauan dan tidak ada remote control. Penumpang perlu memajukan badannya untuk bisa menekan layar sentuh tersebut.

4. Colokan Power USB

Jika di kereta biasa, colokan USB ini menempel di bagian dinding kereta. Namun, di kereta sleeper, colokan ini juga terletak di sisi tengah-tengah kursi.

Satu colokan atau port USB ini bisa untuk mengisi daya ponsel ataupun gadget lain. Moms juga bisa mengisi daya di colokan listrik biasa yang terdapat di dinding kereta.

5. Makanan dan Camilan Gratis

Setiap penumpang disediakan makanan berat, minuman, dan makanan penutup selama perjalanan secara gratis dan dilayani langsung oleh pramugari khusus kereta sleeper.

Selain itu, ada pula minibar tempat penumpang bisa menikmati minuman dan camilan sepuasnya (free flow).

Fasilitas lainnya di kereta sleeper seperti selimut dan bantal. Di masing-masing kursi juga terdapat meja lipat dan lampu baca.

(AP/IRN)

Artikel Terkait