TRIMESTER 3
9 Oktober 2019

Penting, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Mempersiapkan Gentle Birth!

Gentle birth akan memberikan pengalaman melahirkan yang menyenangkan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Bagi banyak wanita, hamil dan melahirkan bisa menjadi pengalaman yang benar-benar mengubah hidup, tentunya ke arah yang positif.

Di sisi lain, ada juga yang merasa kehamilan dan melahirkan bisa jadi pengalaman yang sangat "traumatis" bagi banyak ibu, terutama mereka yang menjadi sasaran protokol rumah sakit atau prosedur medis yang tidak perlu.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 4 wanita mungkin “merasa dihantui oleh pengalaman melahirkan mereka.”

Jadi, apa yang harus dilakukan oleh wanita hamil ketika untuk menghindari pengalaman melahirkan yang tidak menyenangkan? Adakah cara melahirkan yang tidak meninggalkan trauma?

Mungkin Moms harus mencoba gentle birth. Apa itu? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengenal Gentle Birth Sebagai Alternatif Metode Melahirkan

Apa itu Gentle Birth?

sukses gentle birth cover.png

Menurut Velvet Escario-Roxas, doula kelahiran, gentle birth, dan pendukung menyusui bersertifikat, istilah "gentle birth" mengacu pada "pengalaman melahirkan yang aman dan positif selama proses persalinan baik untuk bayi maupun keluarga yang lebih bahagia dan sehat.

“Kelahiran dapat menjadi lembut ketika hak-hak ibu dihormati dan preferensi kelahirannya dipenuhi oleh yang membantu kelahirannya,” jelas Irina Otmakhova, spesialis enkapsulasi bersalin dan hypno-doula.

Jadi, proses persalinan dengan gentle birth, akan membuat ibu mendapatkan pengalaman melahirkan yang menyenangkan. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk Moms yang memutuskan melakukan gentle birth?

1. Hak untuk Memilih Proses Melahirkan

mempersiapkan gentle birth

Meskipun umumnya melahirkan dilakukan hanya dengan cara persalinan normal dan caesar, bukan berarti kita tidak bisa memilih proses melahirkan yang kita inginkan.

Baca Juga: 5 Negara dengan Cuti Melahirkan Terlama

Moms harus tahu bahwa kita memiliki hak untuk memilih bagaimana cara melahirkan anak kita nantinya. Jika sudah memutuskan yang terbaik, jangan sampai terpengaruh oleh apa yang dikatakan orang lain.

2. Ikuti Kelas Persiapan Persalinan

mempersiapkan gentle birth, gentle birth

Informasi dan pengetahuan adalah kekuatan paling dasar yang harus dimiliki. Dengan cara ini, Moms akan terbiasa dengan fisiologi persalinan dan kelahiran, serta mempelajari pro dan kontra dari prosedur rumah sakit yang biasanya dilakukan ketika seorang wanita akan melahirkan.

Jika Moms memutuskan melahirkan dengan gentle birth, hadirilah kelas-kelas yang menyediakan persiapan gentle birth.

3. Dapatkan Tambahan Informasi dari Buku

mempersiapkan gentle birth, gentle birth

Dilansir dari Smart Parenting, selain mengikuti kelas persiapan gentle birth, Moms bisa memperbanyak pengetahuan dengan membaca buku mengenai gentle birth.

Baca Juga: Prenatal Yoga, Apa Manfaatnya dan Teknik yang Dilakukan?

4. Pilih Tim yang Tepat

mempersiapkan gentle birth, gentle birth

Selain dari suami atau pasangan Moms dan penyedia layanan kesehatan, kita mungkin ingin mempertimbangkan untuk mempekerjakan doula, seorang profesional kelahiran terlatih yang dapat memberikan dukungan fisik, emosional dan informasi kepada ibu sebelum, selama dan setelah kelahiran.

5. Percaya pada Tubuh dan Diri Sendiri

mempersiapkan gentle birth, gentle birth

Kunci kesuksesan dalam melahirkan adalah percaya pada diri sendiri. Tetap berpegang pada proses kelahiran yang telah Moms pilih, dan hindari intervensi medis apa pun kecuali benar-benar penting.

Itu dia Moms beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk gentle birth. Dipersiapkan ya Moms!

(AWD/DIN)

Artikel Terkait