PROGRAM HAMIL
11 Mei 2019

Penuh Perjuangan, Begini Kisah Rachel Goddard Menanti Keturunan Selama 6 Tahun

Rachel sempat menunda kehamilan saat tinggal di Kazakhstan karena tidak ada dokter yang bisa berbahasa Inggris.
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

hero rachel goddard

Namun, beberapa lainnya sengaja menunda kehamilan karena alasan tertentu seperti yang dilakukan beauty vlogger Rachel Goddard dan sang suami Ben Goddard.

Rachel mengakui bahwa setelah menikah, dia dan suaminya memang menunda untuk hamil. Ketika itu, Rachel merasa masih belum sanggup untuk punya anak, baik dari segi mental maupun finansial.

Baca Juga : 5 Selebritis Ini Mendapatkan Anak dari Bayi Tabung

“Awal-awal itu kita masih miskin. Kita tahu diri lah. Enggak punya duit ya enggak usah punya anak. Lo punya anak harus berencana. Jangan ujung-ujungnya minjem duit sama orang,” kata Rachel kepada Orami saat berkunjung ke kediamannya di kawasan Jakarta Barat pada Kamis (19/1).

Rachel menegaskan, dirinya dan suami memang berencana punya anak, namun tidak langsung setelah menikah. Mereka ingin mempersiapkan dengan baik mental dan finansial untuk menyambut kehadiran anak.

Awalnya Sengaja Menunda

27878674 237409450136030 899388627346259968 n

instagram.com/rachgoddard/

Tiga tahun setelah menikah, kehidupan Rachel dan Ben mulai stabil. Mereka pun sudah mulai serius merencanakan kehamilan. Namun, rencana tersebut belum bisa diwujudkan.

Ketika itu, Ben ada panggilan mengajar di Kazakhstan. Rachel pun kemudian ikut tinggal di negara itu untuk mendampingi Ben.

“Rencana punya anak jadi berantakan karena ketika sampai di sana ternyata tidak ada dokter yang bisa berbahasa Inggris. Mereka cuma bisa hello-goodbye,” kata Rachel.

Menurut Rachel, terlalu berisiko untuk hamil di sana. Betapa tidak. Kehamilan pertama dan kendala bahasa dengan dokter bukan perpaduan yang baik. Rachel pun akhirnya kembali menunda kehamilan sampai dia dan Ben tidak lagi hidup berpindah-pindah.

Rachel bercerita, seorang temannya yang kini sedang tinggal di Kazakhstan hamil dan akhirnya kesulitan berkomunikasi dengan dokter. Selama konsultasi, temannya itu harus menggunakan jasa penerjemah untuk menerjemahkan kata-kata dokter dan sebaliknya.

“Silly banget kan? Gue sih enggak berani ambil risiko untuk hal yang menyangkut nyawa. Jadi waktu itu mikirnya nanti dulu deh,” jelasnya.

Ada Kista yang Membuat Rachel Susah Hamil

40251688 163070911240957 3021202759338667793 n

instagram.com/rachgoddard/

Setelah itu, Ben dan Rachel pindah ke Tiongkok karena Ben dapat pekerjaan di sana. Di sana, Rachel mulai merencanakan kehamilan. Namun, di tengah jalan, Rachel divonis punya kista yang bisa jadi membuatnya jadi susah hamil.

Dokter memberikan dua pilihan pada Rachel, apakah mau operasi langsung untuk pengangkatan kista atau menjalani pengobatan. “Karena kalau operasi itu pasti minum obat juga, gue pilih minum obat saja, enggak mau operasi,” cerita dia.

Setelah minum obat yang merupakan obat hormon, Rachel sempat tidak menstruasi. Tapi kemudian, dia bisa menstruasi sebanyak tiga kali dalam sebulan. Emosinya pun jadi naik turun selama menjalani pengobatan.

Setelah enam bulan menjalani pengobatan, Rachel akhirnya menyerah. Dia tidak sanggup lagi untuk menyelesaikan pengobatan. Setelah berhenti menjalani pengobatan, siklus datang bulan rachel kembali normal. Rasa sakit dan emosi Rachel pun membaik.

“Ternyata kistanya ada yang hilang. Tapi memang masih ada juga kista yang lain. Setelah berhenti pengobatan, gue berusaha santai aja untuk bisa hamil. Kalau dikasih ya dikasih, kalau enggak ya enggak,” ungkapnya.

Baca Juga : Penuh Inspirasi, 6 Selebgram Moms yang Perlu Anda Follow

Akhirnya Dikaruniai Anak Laki-Laki

47365281 2231190320537027 1950729509051898301 n

instagram.com/rachgoddard/

Tidak disangka, tepat enam tahun setelah menikah, Rachel dinyatakan hamil. Saat pertama kali memberitahukan kehamilan tersebut kepada sang mertua, mertua Rachel senang sekali hingga menangis karena ini merupakan cucu pertamanya.

Ternyata, bagi Rachel, bisa hamil setelah enam tahun menikah adalah anugerah yang luar biasa. Rachel merasa bahagia karena merasa hamil di waktu yang tepat.

Rachel dan Ben sudah lebih mapan secara finansial, lebih dewasa secara mental, dan sudah tinggal menetap di Indonesia.

Anak pertamanya yang bernama Ashley Jarvis Goddard lahir pada 3 Juli 2018 lalu. Tentunya momen ini menjadi salah satu momen paling bahagia bagi Rachel dan Ben ya.

(AND)

Artikel Terkait