KESEHATAN
8 Juli 2019

Tak Selalu Serangan Jantung, Ini 4 Penyakit Lain yang Diawali dengan Nyeri Dada

Jangan panik dulu, nyeri dada yang Moms rasakan tak selalu diakibatkan oleh serangan jantung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Banyak orang mengaitkan nyeri dada sebagai gejala serangan jantung. Padahal, ada beberapa kondisi kesehatan lain yang diawali dengan gejala ini.

Supaya tidak salah dan membuat Moms jadi ketakutan, simak beberapa jenis penyakit lain yang memiliki gejala nyeri dada mirip seperti serangan jantung!

1. Heartburn

6010 chest pain woman 1200x628 facebook

Heartburn adalah sensasi perih dan panas di dada yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus).

Cairan lambung yang sifatnya sangat asam ini dapat mengiritasi lapisan dinding esofagus dan memicu rasa sakit tenggorokan.

Dan meski sama sekali tidak berhubungan dengan jantung, efek iritasi akibat naiknya asam lambung juga dapat menjalar ke dada akibat letak kerongkongan yang sangat dekat dengan jantung.

Baca Juga: Heartburn, Tanda Kehamilan Paling Umum Terjadi

2. Kostokondritis

woman with chest pains clutching her chest while sitting at desk

Menurut jurnal American Family Physician tahun 2009, kostokondritis adalah kondisi inflamasi saat tulang rusuk bertemu dengan tulang rawan.

Penyebabnya bervariasi, mulai dari cedera dada hingga infeksi virus. Penderitanya akan mengalami sensasi seperti ada tekanan pada dinding dada.

Rasa sakit biasanya hilang dalam beberapa hari atau minggu, dan bisa diatasi dengan obat penghilang rasa sakit yang dijual di apotek.

3. Herpes Zoster

1547545310663 ca5a6e4a453fc395fca87bb2bfdc7fdc

Penyebabnya adalah virus varicella-zoster yang juga menjadi penyebab cacar air yang biasa dialami anak-anak.

Menurut Salman Arain, MD, ahli jantung intervensi dari McGovern Medical School di University of Texas Health Science Center, virus ini bisa aktif kembali ketika orang berusia 59 tahun atau lebih, dan menyebabkan penyakit herpes zoster.

Gejala awalnya adakah gatal dan kulit terasa panas seperti terbakar. Kemudian, bagian dada bisa ikut terpengaruh, membuat penderitanya mengiranya sebagai serangan jantung.

Tapi yang membuatnya khas adalah, gejala-gejala di atas kemudian akan diikuti dengan gejala berupa ruam dan kulit melepuh. Itulah yang membedakannya dengan serangan jantung.

Baca Juga: Mengenal Aritmia, Penyakit yang Jadi Sebab Mati Mendadak

4. Coronary Artery Disease (CAD)

blood clot test

CAD adalah salah satu jenis penyakit jantung yang disebabkan oleh penumpukan plak di arteri yang memasok darah ke jantung. Penyumbatan aliran darah bisa menimbulkan nyeri dada.

CAD juga dapat menyebabkan serangan jantung mendadak, berkontribusi terhadap gagal jantung, dan aritmia atau detak jantung tidak teratur.

Nah, itu dia beberapa penyakit yang diawali dengan nyeri dada. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut ya!

(VAN)

Artikel Terkait