3-5 TAHUN
4 Juli 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Clavus atau Mata Ikan Pada Anak

Tidak menular atau berbahaya, tapi membuat anak sulit beraktivitas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Dalam dunia medis, mata ikan pada anak dikenal dengan nama clavus atau heloma. Berbeda dengan kapalan yang gejalanya hanya kulit menebal, mata ikan pada anak memiliki bagian tengah yang terasa lebih keras bila disentuh.

Menurut C.S. Mott Children’s Hospital, mata ikan pada anak sebenarnya adalah kumpulan kulit mati yang biasanya ada pada permukaan kulit yang halus dan tidak berambut, seperti telapak kaki atau sisi jari.

Mata ikan pada anak memang tidak berbahaya atau menular, tapi rasa sakitnya bisa membuat anak tidak nyaman saat beraktivitas.

Yuk Moms, simak dulu informasi yang sudah kami rangkum berikut ini untuk tahu lebih banyak tentang penyebab mata ikan pada anak serta cara mengatasinya.

Baca Juga: Apa Penyebab Jerawat Bayi dan Cara Mengatasinya?

Penyebab Mata Ikan pada Anak

Penyebab dan Cara Mengatasi Clavus atau Mata Ikan Pada Anak 01.jpg

Foto: bellevuepodiatry.com.au

Dalam laman American Academy of Dermatology disebutkan kalau penyebab mata ikan pada anak adalah tekanan tulang pada kulit yang terjadi secara terus menerus.

Selain karena struktur tulang atau cara berjalan yang abnormal, beberapa penyebab mata ikan pada balita lainnya adalah memakai sepatu berukuran terlalu kecil, rutin menggunakan peralatan olahraga, atau berlatih alat musik.

Baca Juga: Kutil Pada Balita: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengatasi Mata Ikan pada Anak

Penyebab dan Cara Mengatasi Clavus atau Mata Ikan Pada Anak 02.jpg

Foto: life.spectator.co.uk

Mata ikan sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi kalau Si Kecil mulai mengeluh sakit atau kesulitan beraktivitas, Moms bisa mencoba mengatasi mata ikan pada anak dengan beberapa cara berikut:

  1. Rendam kaki anak dalam air hangat selama 5-10 menit sampai kulit lembut, lalu perlahan gosok dengan batu apung untuk menipiskan kulit mati yang menumpuk.
  2. Gunakan bantalan dari busa bila terasa sakit saat berjalan, dan ganti sepatu dengan ukuran yang pas dan terasa nyaman saat dipakai beraktivitas.
  3. Rutin membersihkan kaki dan mengoleskan krim pelembab di area mata ikan.

Bila mata ikan tidak kunjung sembuh, Moms bisa mengajak Si Kecil ke dokter untuk meminta diangkatkan.

Jangan sekali-kali mencoba mengeluarkan sendiri mata ikan pada anak, terutama kalau Si Kecil memiliki resiko tinggi diabetes atau kondisi lain yang dapat menyebabkan gangguan peredaran darah atau mati rasa.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menyembuhkan Luka Keloid Bekas Operasi Caesar?

Mencegah Mata Ikan pada Anak

Penyebab dan Cara Mengatasi Clavus atau Mata Ikan Pada Anak 03.jpg

Foto: medibank.co.au

Supaya Si Kecil tidak harus mengalami rasa sakit karena mata ikan, langkah pencegahan yang paling efektif adalah menggunakan sepatu yang nyaman dan pas dengan ukuran kaki.

Pastikan kuku jari kaki selalu dipotong pendek agar tidak menekan bagian ujung sepatu, dan selalu gunakan bantalan, sarung tangan, atau pelindung saat berolahraga.

Apa Moms tahu cara lain untuk mengatasi mata ikan pada anak?

(WA)

Artikel Terkait