GAYA HIDUP
12 Januari 2020

6 Penyebab Mata Kering dan Cara Mengatasinya

Jangan khawatir, begini cara mengatasi mata kering.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Mata kering merupakan salah satu penyakit mata yang banyak dialami oleh orang. Kondisi ini terjadi ketika air mata menguap terlalu cepat atau jika mata menghasilkan air mata yang terlalu sedikit. Biasanya kondisi ini bisa terjadi pada satu atau kedua mata.

Baca Juga: 4 Mitos Kesehatan Mata yang Ternyata Tidak Terbukti Kebenarannya

Sebuah penelitian yang dilansir oleh medicalnewstoday.com mengungkapkan bahwa sekitar 17 persen dari 2.127 pasien yang mengunjungi rumah sakit di Jepang mengalami sindrom mata kering.

Sindrom ini bisa terjadi pada semua usia, tetapi lebih sering terjadi pada orang yang usianya yang lebih tua dan kekurangan vitamin A.

Penyebab Mata Kering

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa hal yang menjadi penyebab mata kering.

1. Usia Semakin Tua

woman-thinking-with-cup-tea_1098-2369.jpg

Foto: freepik.com

Penyebab mata kering yang pertama adalah usia semakin tua. Siapapun bisa mengalami mata kering, tetapi penyakit ini lebih sering terjadi pada orang yang memiliki usia yang lebih tua.

Mata kering cenderung berisiko dialami oleh orang di atas usia 50 tahun, karena produksi air mata mereka sudah menurun seiring bertambahnya usia.

2. Terlalu Lama Bekerja

photo-1554415707-6e8cfc93fe23.jpg

Foto: unsplash.com

Menghabiskan waktu terlalu lama bekerja di depan laptop atau gadget lainnya ternyata bisa juga menjadi penyebab mata kering. Dikutip dari healthline.com, beberapa orang yang bekerja dengan laptop mengalami ketegangan mata hingga sakit kepala.

Hal ini disebabkan karena terlalu lama menatap layar laptop sehingga memengaruhi produksi air mata sehingga membuat mata kering terjadi.

Baca Juga: 3 Masalah Mata yang Umum Dialami Bayi

3. Kekurangan Vitamin A

photo-1445282768818-728615cc910a.jpg

Foto: unsplash.com

Vitamin A merupakan asupan penting untuk menjaga kesehatan mata. Tidak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A bisa menyebabkan mata kering hingga mengalami gangguan penglihatan lainnya.

Oleh karena itu, Moms harus mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A seperti, telur, wortel, ikan, bayam, dan brokoli.

4. Paparan Angin

young-girl-walking-beach_1157-16812.jpg

Foto: freepik.com

Penyebab mata kering berikutnya adalah terkena paparan angin dan saat cuaca dingin. Hal ini bisa menyebabkan air mata menguap terlalu cepat sehingga menyebabkan kekeringan di area mata.

Untuk melindungi kesehatan mata, gunakan tetes mata dan mengenakan kacamata hitam saat pergi ke luar rumah saat kondisi terik.

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Sakit Mata pada Anak yang Wajib Diwaspadai

5. Alergi

blue-eye-close_1139-517.jpg

Foto: freepik.com

Ternyata, alergi juga bisa memicu atau menjadi penyebab mata kering, lho! Apabila mata Moms sering terasa gatal, merah, dan berair bisa jadi ini merupakan reaksi yang menyebabkan alergi.

Jika kondisi tersebut terjadi terus menerus tentu akan membuat mata menjadi kering. Segera konsultasikan dengan dokter, ya.

6. Cara Mengatasi Mata Kering

eyes-girl-close_1149-1431.jpg

Foto: freepik.com

Sebaiknya jangan terlalu menyepelakan penyakit mata kering ini. Karena bagaimanpun hal ini sangat tidak membuat nyaman dan bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Untuk menyembuhkan mata kering ringan, gunakan obat tetes mata yang aman tanpa mengandung bahan pengawet secara rutin. Namun, jika mata kering sudah semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter mata.

MA/KM

Artikel Terkait