KESEHATAN
13 November 2019

6 Penyebab Mendengkur yang Tidak Terduga

Mendengkur lebih banyak terjadi pada pria
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mendengkur bisa menjadi salah satu tanda gangguan tidur seperti sleep apnea, suatu kondisi yang dapat menyebabkan jeda dalam bernafas saat tidur.

Namun, kebiasaan sehari-hari yang sederhana juga dapat menjadi penyebab mendengkur saat tidur lho Moms.

Penyebab Mendengkur saat Tidur

Apa saja kebiasaan sehari-hari yang ternyata jadi penyebab mendengkur? Simak ulasannya di bawah ini yuk Moms!

Baca Juga: Normal atau Bahaya, Apa Penyebab Bayi Mendengkur Saat Tidur?

1. Mengonsumsi Alkohol pada Malam Hari

konsumsi alkohol.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Kebiasaan yang jadi penyebab mendengkur pertama adalah mengonsumsi alkohol pada malam hari. Mengonsumsi alkohol sebelum terlelap tidur bukan istirahat yang berkualitas.

Alkohol melemaskan otot-otot saluran pernapasan, yang dapat menyebabkan mendengkur berlebihan. Bahkan, sekalipun Dads tidak biasa mendengkur.

"Semakin sedikit tidur yang nyenyak yang berkualitas maka akan memiliki ’utang tidur’ yang berdampak pada pusing dan bingung sepanjang hari,” jelas Dr. Jagdeep Bijwadia, seorang dokter bersertifikat di bidang kedokteran penyakit dalam, tidur, dan paru-paru.

2. Tidur Telentang

tidur tengkurap.jpg

Foto: parade.com

Kebiasaan yang jadi penyebab mendengkur selanjutnya adalah tidur telentang. Tidur telentang meningkatkan risiko tidur mendengkur.

"Ketika seseorang tidur telentang, ada kecenderungan alami bagi rahang dan lidah untuk berada di belakang tenggorokan," kata Marcella M. Frank, sleep medicine specialist di Deborah Heart and Lung Center, Browns Mills, New Jersey.

Menurut penelitian yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine, sekitar 92 persen orang yang menderita gangguan tidur dapat bernafas lebih baik ketika tidur telentang.

“Tidur menyamping dapat membantu mengurangi dengkuran dan bagi mereka yang menderita gangguan tidur yang lebih serius seperti sleep apnea, ini dapat membantu meringankan beberapa gejalanya, serta meningkatkan asupan oksigen pada malam hari,” ungkap Bijwadia.

3. Kelebihan Berat Badan

kelebihan berat badan.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Kebiasaan yang jadi penyebab mendengkur selanjutnya adalah kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan tonus otot yang buruk dan peningkatan jumlah jaringan di sekitar tenggorokan dan leher.

Hal tersebut dapat menyebabkan tidur mendengkur. Aktif sepanjang hari atau berolahraga dapat membantu kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, mempertahankan berat badan yang sehat dapat mengurangi dengkuran.

Baca Juga: Ini 5 Penyebab Kenapa Orang Sering Mendengkur

4. Hipotiroid

hipotiroid.jpg

Foto: liverdoctor.com

Kebiasaan yang jadi penyebab mendengkur selanjutnya adalah hipotiroid. Kondisi hipotiroid yang berarti kekurangan hormon akibat kelenjar tiroid tidak dapat memproduksi hormon yang cukup, dapat menyebabkan mendengkur.

Ciri lain dari rendahnya fungsi tiroid adalah kelelahan, penambahan berat badan, kulit kering, rambut menipis, dan depresi.

"Tiroid yang kurang aktif, memungkinkan terjadinya perubahan di saluran napas bagian atas sehingga menyebabkan kesulitan bernapas saat tidur," kata Shoshana Ungerleider, internis Sutter Health di San Francisco.

5. Usia

usia.jpg

Foto: snorelab.com

Faktor penyebab mendengkur selanjutnya adalah faktor usia. Seiring bertambahnya usia, bukan hanya kulit yang tampak kendor. Akan tetapi, jaringan di dalam tubuh juga menua yang dapat menyebabkan mendengkur.

Percaya atau tidak, melakukan latihan vokal setiap hari seperti penyanyi profesional dapat membantu menjaga jaringan kencang.

”Mendengkur lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia karena jaringan dalam tubuh yang ikut menua,” kata Frank.

6. Jenis Kelamin

jenis kelamin.jpg

Foto: hopkinsmedicine.org

Faktor penyebab mendengkur selanjutnya adalah faktor jenis kelamin. Maaf Dads, ternyata menurut hasil penelitian yang dipublikasikan sleep.org menunjukkan bahwa perbedaan fisik antara gender dapat berkontribusi untuk mendengkur.

Pria memiliki saluran udara yang lebih sempit daripada perempuan. Saluran napas yang lebih kecil berarti lebih mengalami kesulitan untuk mendapatkan oksigen ke dalam tubuh yang menyebabkan mendengkur.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Mengorok Semakin Memburuk dengan Bertambahnya Usia

Agar tidur lebih berkualitas, penyebab mendengkur yang dikarenakan kebiasaan buruk bisa coba diminimalisir ya Dads. Semoga tidur lebih nyenyak.

(SWN)

Artikel Terkait