KEHAMILAN
19 Januari 2020

4 Penyebab Varises pada Ibu Hamil, Waspada!

Apakah penyebab munculnya varises pada ibu hamil? Apakah akan hilang ketika kehamilan usai?
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagian umum dari kehamilan yang biasanya tidak berbahaya adalah varises, Moms. Varises terjadi ketika rahim menekan vana besar (inferior vena cava) yang membawa darah kembali ke jantung dari kaki.

Meskipun tidak berbahaya, varises bisa menyebabkan gatal, tidak nyaman, atau bahkan menyakitkan.

Baca Juga: 4 Cara Menangani Varises, Jangan Dianggap Remeh!

Varises biasanya ditemukan di kaki, area genital, dan rectum. Guna menghindari varises dilansir dari jurnal yang diterbitkan Midwifery Today, Moms menghindari beberapa hal yang dipercaya menjadi pemicunya.

Hindari berdiri terlalu lama, tidak duduk dengan kaki bersilang, tidak menambah berat badan, duduk dengan kaki terangkat sesering mungkin, gunakan celana kompresi, dan cobalah tidur dengan kaki lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya jadi hal yang perlu Moms lakukan.

Penyebab Varises pada Ibu Hamil

Sebenarnya, apa yang jadi penyebab varises pada ibu hamil? Yuk simak ulasannya seperti dilansir dari jurnal Women's Health di bawah ini.

1. Jumlah Darah Meningkat

Ibu hamil

Ternyata jumlah darah yang dipompa oleh ibu hamil ke seluruh tubuh meningkat untuk melindungi Si Kecil dalam rahim. Tapi, darah yang ekstra tersebut malah menyebabkan pembuluh darah Moms membengkak dan menyebabkan varises pada ibu hamil

2. Pembesaran Rahim

Ilustrasi rahim

Rahim yang membesar seiring perkembangan Si Kecil dalam kandungan memberikan tekanan pada pembuluh darah Moms. Sehingga, menyebabkan varises pada ibu hamil.

Walaupun begitu, beberapa kasus mengungkapkan varises pada ibu hamil akan hilang beberapa bulan setelah melahirkan.

Baca Juga: Gejala dan Penyebab Varises Vagina Saat Hamil

3. Riwayat Keluarga

Ibu dan Anak

Moms, bila salah seorang keluarga memiliki riwayat varises bisa jadi itu yang jadi penyebab varises pada ibu hamil. Dalam sebuah studi kecil, ternyata diungkapkan lebih dari setengah ibu hamil ternyata memiliki keluarga dengan riwayat varises juga.

4. Usia Ibu Hamil

Usia ibu hamil

Usia juga jadi penyebab varises pada ibu hamil. Semakin tua usia ibu hamil, semakin besar juga risiko terkena varisesnya. Seiring bertambahnya usia, nadi di katup vena pun melemah sehingga berkurang fungsinya.

Otot-otot betis pun melemah saat usia bertambah. Ditambah dengan keadaan hamil yang mempermudah Moms mendapatkan varises.

Baca Juga: Begini Cara Mencegah Varises Saat Hamil yang Mudah Dilakukan

Umumnya, varises pada ibu hamil tidak menimbulkan masalah serius. Namun, jika Moms memiliki varises vulva yang parah di antara vagina dan bagian belakang (perineum), ada sedikit risiko mereka dapat robek dan berdarah saat proses persalinan.

Sehingga, Moms harus tetap mengontrol bila ingin melahirkan secara normal. Bidan atau dokter akan merawat perineum Moms secara ekstra ketika mengejan.

Dokter atau bidan akan meminta Moms untuk mengejan secara perlahan agar tidak terjadi robekan yang parah.

Artikel Terkait