BALITA DAN ANAK
6 Juni 2020

Perawatan Kulit Eksim Anak Semakin Maksimal dengan Makanan Ini

Menjaga kulit anak tak hanya dari luar saja ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Eksim merupakan kondisi kulit yang meradang. Selain itu, eksim juga dikenal sebagai dermatitis atopik yang dapat menyebabkan iritasi kulit, lepuhan yang mengalir, dan ruam gatal.

Jika tidak mendapatkan perawatan dalam waktu dekat, eksim juga dapat menyebabkan bercak kulit yang kasar pada kulit Si Kecil.

Pada umumnya, eksim terjadi pada anak-anak di bawah usia 2 tahun, tetapi ini juga bisa terjadi pada anak yang lebih besar dan orang dewasa, lho. Salah satu pemicu terjadinya eksim adalah keturunan dan juga lingkungan.

Baca Juga: Ketahui 3 Penyebab Eksim pada Bayi

Apa yang Harus Dilakukan untuk Perawatan Kulit Eksim Anak?

perawatan kulit eksim anak

Foto: health.usnews.com

Dikutip dari Canadian Family Physician, seorang bayi memiliki kemungkinan kecil untuk terserang eksim jika ibunya mengonsumsi probiotik dan menghindari minum susu sapi selama kehamilan.

Bayi yang menyusui ASI secara eksklusif selama tiga bulan pertama kehidupannya juga lebih kecil kemungkinannya terkena eksim.

Anak yang menderita eksim pada umumnya juga didiagnosis memiliki alergi makanan. Namun, dengan mengetahui kebutuhan makanan yang tepat untuk anak maka ini akan meminimalkan masalah alergi dan eksim.

Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Perawatan Kulit Eksim Anak

Jika Si Kecil saat ini sudah mengalami eksim, Moms bisa mencoba memberikan beberapa makanan ini untuk membantu perawatan kulit eksim anak.

1. Ikan

perawatan kulit eksim anak

Foto: inspiredtaste.net

"Segala sesuatu yang dimakan tidak hanya menjadi bagian dari dalam tubuh, tetapi juga bagian luar tubuh. Semakin sehat makanan yang dikonsumsi, maka semakin baik kulit yang akan terlihat," kata Samantha Heller, MS, RD, seorang ahli gizi klinis di NYU Medical Center, New York City. Salah satu makanan yang baik untuk kulit anak adalah ikan.

Ikan merupakan sumber alami asam lemak omega-3 yang dapat melawan peradangan di tubuh. Hal ini juga berlaku untuk peradangan kulit yang terjadi pada kulit Si Kecil. Masukkan ikan kaya lemak omega-3 seperti salmon, tuna albacore, mackerel, dan sarden dalam menu makanan Si Kecil.

Baca Juga: Moms, Simak 6 Cara Mudah Mengatasi Eksim pada Ibu Hamil

2. Makanan Tinggi Probiotik

perawatan kulit eksim anak

Foto: medicalnewstoday.com

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, berikan pada anak makanan yang tinggi probiotik. Probiotik merupakan bakteri yang meningkatkan kesehatan usus. Contohnya seperti yogurt, sup miso, dan tempe.

Sebuah penelitian dalam Clinical & Experimental Allergy menemukan bahwa bayi yang diberi yogurt sebagai bagian rutin dari makanan mereka di tahun pertama kehidupan mereka memiliki risiko eksim dan alergi yang lebih rendah.

Sebuah tim peneliti Selandia Baru pun menemukan bahwa makan yogurt setiap hari pada usia satu mengurangi eksim dan alergi pada anak-anak hingga 70%.

Makanan dan minuman fermentasi lainnya, seperti kefir, kombucha, dan asinan kubis, juga baik diberikan karena mengandung probiotik.

3. Makanan Anti Peradangan

perawatan kulit eksim anak

Foto: supermarketperimeter.com

Selain ikan, sayur berwarna dan buah-buahan seperti apel, brokoli, ceri, bayam, dan kangkung memiliki kandungan flavonoid yang dapat memerangi peradangan.

Sayur dan buah-buahan tersebut juga merupakan sumber antioksidan kuat dan juga antihistamin yang sangat baik untuk membantu perawatan kulit eksim pada anak agar cepat pulih kembali.

Baca Juga: Ketahui Cara Efektif Mengatasi Eksim Bayi di Kulit Kepala

Selain memberikan asupan makanan yang bergizi, Moms juga wajib menghindarkan anak dari beberapa makanan seperti susu sapi, telur ayam, gandum, dan kacang. Ini dapat memperburuk kondisi kulit Si Kecil.

Namun, konsultasikan juga pada dokter makanan apa yang benar-benar harus dihindari agar kebutuhan nutrisi lainnya untuk Si Kecil tetap terpenuhi.

Artikel Terkait