RESEP
28 Juni 2020

Ini Perbedaan Saus Bolognese, Arrabbiata, dan Marinara untuk Pasta

Sama-sama berwarna merah dan berbahan tomat, tapi berbeda
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pasta Italia memiliki bermacam-macam bentuk. Saus yang melumurinyapun tak kalah beragam. Selain saus putih seperti alfredo dan carbonara, perbedaan saus bolognese, arrabbiata, dan marinara juga seringkali membingungkan.

Marinara, arrabbiata, dan bolognese adalah beberapa jenis saus merah atau saus berbahan dasar tomat untuk hidangan pasta di Italia. Menurut situs web Sardella’s Pizza dan beberapa sumber lain, ini perbedaan saus bolognese, arrabbiata, dan marinara berdasarkan urutannya:

Marinara

perbedaan saus bolognese, arrabbiata, dan marinara: Marinara.jpg

Foto: Manfred Richter from Pixabay

Di kelompok saus pasta berbasis tomat, marinara bisa disebut yang paling dasar dan simpel. Tomat dipotong kasar, lalu dimasak bersama bawang putih, bombai, dan herba sampai konsistensinya seperti saus. Marinara biasa dipasangkan dengan spageti.

Namun, ada perbedaan marinara di Italia dan di beberapa negara lain. Di Australia, Selandia Baru, Spanyol, dan Afrika Selatan, spaghetti marinara merujuk pasta bersaus tomat yang dicampur seafood segar. Padahal, di Italia saus pasta yang mengandung seafood disebut alla pescatora.

Baca Juga: Resep Bakso Cumi Marinara, Yuk Coba!

Arrabbiata

perbedaan saus bolognese, arrabbiata, dan marinara: Arrabbiata.jpg

Foto: Kenneth Mallia on Unsplash

Saus marinara ditambah cabai atau serpihan cabai kering, jadilah arrabbiata! Karena itu, chilli flake jadi bumbu yang wajib ada di meja dan rak bumbu orang Italia.

Menurut situs web Paesana, arrabbiata harus sangat pedas. Arrabbiata sendiri berarti “marah”, sesuai dengan tingkat kepedasan saus yang cocok dipasangkan dengan pasta penne ini.

Baca Juga: Resep: Spaghetti Aglio Olio

Bolognese

perbedaan saus bolognese, arrabbiata, dan marinara: Bolognese.jpg

Foto: Skitterphoto from Pexels

Di Italia, saus bolognese merupakan salah satu jenis saus ragú (saus berbahan daging) yang memiliki nama lengkap ragú alla bolognese atau ragú khas kota Bologna. Beberapa jenis daging yang dicincang halus dimasak perlahan bersama sayuran seperti bombai dan seledri, lalu ditambahi tomat.

Biasanya ragú alla bolognese dipasangkan dengan tagliatelle. Bisa juga dengan pasta lain yang lebar dan pipih seperti pappardelle atau fettuccine.

Saus bolognese autentik Italia memang berbeda dengan spaghetti bolognese yang dikenal di luar Italia, Moms. Saus tomatnya menjadi bahan utama, sedangkan pada ragú alla bolognese daginglah yang lebih dominan. Spaghetti bolognese yang kita kenal lebih mirip ragù alla napoletana di Italia.

Baca Juga: Inspirasi Menu Buka Puasa : Spaghetti Bolognese

Tambahan: Pomodoro

perbedaan saus bolognese, arrabbiata, dan marinara: Pomodoro.jpg

Foto: joshuemd from Pixabay

Selain perbedaan saus bolognese, arrabbiata, dan marinara di atas, ada juga saus pasta berbahan tomat lain yakni pomodoro. Pomodoro dan marinara sama-sama mengandung tomat, bawang putih, basil, minyak zaitun, dan garam. Namun, ada beberapa perbedaan.

Marinara yang menggunakan potongan tomat yang lebih besar dan dimasak tak terlalu lama menghasilkan warna saus yang merah terang dan agak encer. Sementara itu, tomat pada pomodoro digiling dan dimasak lebih lama. Hasilnya adalah saus yang berwarna merah gelap dengan konsistensi yang lebih kental dan mulus.

Baca Juga: Resep Spaghetti Udang Creamy Untuk Bekal Anak

Bagi orang awam, perbedaan marinara dan pomodoro sekadar hiasan saja. Namun bagi chef, keduanya tetap unik.

Semoga perbedaan saus bolognese, arrabbiata, dan marinara di atas bisa menghilangkan kebingungan Moms, ya.

Nah, selain empat saus di atas, masih ada beberapa jenis saus pasta lain yang berbahan tomat. Di antaranya amatriciana, spaghetti alla puttanesca, dan vodka sauce. Apakah Moms tahu ciri khas masing-masing?

Artikel Terkait