BAYI
8 April 2020

Ini Indikator Perkembangan Motorik Kasar Bayi Usia 0-3 Bulan, Catat!

Bayi usia 0-3 bulan, sudah bisa apa ya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Indah
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sejak bayi di dalam kandungan, ia sudah melewati berbagai tahap pertumbuhan, dan ketika terlahir ke dunia, tumbuh kembangnya akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Tumbuh kembang anak dilihat dari berbagai macam aspek seperti aspek motorik kasar (gross motor skill), aspek motorik halus (fine motor skill), aspek sosial kemandirian, aspek kognitif, serta aspek bahasa.

Sejak baru lahir bayi sudah memiliki berbagai aspek tumbuh kembang, namun memang tumbuh kembangnya belum seperti orang dewasa pada umumnya.

Baca Juga: Hal yang Harus Moms Ketahui Tentang Kemampuan Motorik Kasar Bayi

Kali ini kita akan fokus membahas mengenai indikator tumbuh kembang aspek motorik kasar untuk anak usia 0-3 bulan.

Nah, apa sih motorik kasar itu? Dikutip dari Children's Hospital of Richmond, motorik kasar adalah kemampuan manusia untuk bergerak yang membutuhkan kekuatan tulang, otot dan sendi baik di tangan, kaki dan torso.

Yang termasuk motorik kasar adalah seperti berlari, berjalan, melempar, melompat, menendang, dll.

Indikator Perkembangan Motorik Kasar 0-3 Bulan

Pada Usia Berapa Bayi Boleh Tidur Tengkurap.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Berikut adalah milestone perkembangan motorik kasar yang biasanya dicapai oleh anak usia 0-3 bulan seperti dikutip dari Rady Children's Hospital.

  • Pada posisi tengkurap, mulai mengangkat kepala dan dadanya
  • Menendang-nendang kaki
  • Mengepalkan tangan dan membukanya
  • Memasukkan tangan ke mulut

Baca Juga: Ini Cara Memaksimalkan Motorik Kasar Bayi

Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Bayi 0-3 Bulan

3 Stimulasi Agar Bayi Bicara.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Agar tumbuh kembang bayi tetap optimal, ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar bayi 0-3 bulan, lho. Berikut daftarnya.

  1. Posisikan bayi telentang, kemudian angkat kedua kaki bayi dan gerakkan kaki bayi seperti gerakan mengayuh sepeda. Mom bisa sambil menyanyi juga untuk melatih kemampuan bahasa bayi. Stimulasi ini bermanfaat untuk membantu bayi sadar dengan kemampuan kakinya bergerak, membantu menghilangkan kembung, serta melatih untuk mempersiapkan bayi untuk merangkak.
  2. Selain gerakan mengayuh sepeda, bisa juga menstimulasi dengan gerak silang seperti senam. Pegang tangan kanan dan kaki kiri bayi, kemudian tekuk kaki kirinya sampai tangan kanannya bisa menyentuh kaki kirinya, dan lakukan hal serupa pada sisi lainnya.
  3. Gunakan gym ball atau birthing ball dan letakkan bayi di atas bola pada posisi tengkurap, kemudian gerakkan bayi ke depan, belakang dan samping. Hal ini guna melatih dan menstimulasi indera vestibularnya.
  4. Perbanyak tummy time untuk melatih kekutan otot lehernya. Bisa juga dengan menggendong posisi upright.
  5. Cara menstimulasi tengkurap, bisa dengan memiringkan posisi bayi dan sangga dengan bantal. Atau silangkan paha kanan ke kiri, kemudian letakkan ibu jari kita di tangan bayi sehingga bayi menggenggam jempol kita, kemudian secara perlahan bawa anak tengkurap.

Baca Juga: Tengok 5 Aneka Kegiatan untuk Melatih Saraf Motorik Bayi Berikut, Yuk!

Nah, itulah indikator perkembangan motorik kasar bayi 0-3 bulan dan stimulasi yang bisa Moms berikan. Selalu pantau perkembangannya dan jangan lupa untuk melakukan stimulasi ya Moms!

Artikel Terkait