FASHION & BEAUTY
29 Februari 2020

Perlukah Memakai Vitamin Rambut?

Vitamin rambut bisa membantu pertumbuhan rambut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Tren rambut bisa datang dan pergi begitu saja. Namun satu hal yang tidak akan pernah sirna adalah rambut sehat yang tebal, penuh, dan berkilau.

Masa kini, mungkin semakin banyak wanita lebih berani dalam memilih gaya rambut yang diinginkan, tetapi ada sesuatu yang dari dulu selalu didambakan, yaitu rambut yang panjang.

Baca Juga: Ingin Rambut Tebal Berkilau Seperti Meghan Markle? Coba 5 Cara Alami Ini!

Namun, proses pertumbuhan rambut bisa jadi biasa saja dan membutuhkan sedikit kesabaran.

Beberapa vitamin (dan suplemen) rambut di pasaran banyak yang menjanjikan pertumbuhan folikel yang cepat dan dalam sekejap. Apakah vitamin rambut benar-benar berfungsi?

Beberapa ahli berbicara tentang pro (dan kontra) dari temuan potensial untuk kecantikan wanita ini. Vitamin rambut ini mungkin memang berfungsi, namun cukup rumit.

Kandungan Vitamin Rambut

vitamin rambut

Foto: Orami Photo Stock

“Vitamin, secara umum, adalah jenis pasar yang tidak diatur. Banyak vitamin rambut yang tidak disetujui Food and Drugs Administration sehingga tidak mendapatkan banyak penelitian tentangnya,” kata Michelle Henry, instruktur klinis di Weill Cornell Medical College.

Penelitian Dermatology Online Journalmenyatakan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan alopecia, yakni kerontokan rambut. Vitamin D juga dapat menstimulasi folikel rambut yang memicu pertumbuhan rambut baru.

Baca Juga: Tak Hanya Untuk Kesuburan, Castor Oil Juga Berguna Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Kombinasi beberapa vitamin dapat membantu seseorang yang berurusan dengan kerontokan rambut yang tidak ingin menggunakan obat. Bahan-bahan populer yang disarankan Michelle untuk dicari dalam vitamin rambut salah satunya adalah biotin.

Biotin dalam Vitamin Rambut

vitamin rambut

Foto: Orami Photo Stock

Biotin adalah jenis vitamin B dan Moms bisa mendapatkannya secara alami dalam makanan tertentu, seperti salmon, dan sangat penting untuk pertumbuhan rambut, juga kuku. Makanya Moms harus mencari vitamin rambut yang mengandung kandungan ini.

“Biotin adalah bahan paling populer untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat,” kata Christyn M. Nawrot, Pendidik Nasional untuk Perawatan Rambut Phyto.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Masker Rambut Lokal untuk Rambut Sehat dan Lembut

Namun menurutnya, jika biotin tidak disertai dengan vitamin B kompleks, ia tidak menyerap secara efektif untuk mendapatkan manfaat dari rambut yang lebih tebal, lebih penuh, dan lebih panjang.

Vitamin A, C dan E adalah antioksidan yang sangat baik yang benar-benar melindungi helai rambut. Sementara itu, asam lemak esensial dari bahan-bahan seperti minyak ikan dan asam lemak omega sangat ideal untuk memberikan kilau indah dan tahan lama pada rambut.

Jadi pastikan vitamin rambut Moms mengandung setidaknya biotin di dalamnya ya.

Artikel Terkait