KESEHATAN
8 Juni 2019

Ingin Cepat Kurus, Amankah Mengonsumsi Pil Diet?

Konon bisa turunkan berat badan dengan cepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mendapatkan berat badan yang ideal menjadi impian bagi banyak orang. Untuk memilikinya, tentu membutuhkan usaha dengan mengubah pola hidup. Dua hal yang sering disebutkan yaitu menjaga pola makan sehat dan rutin berolahraga.

Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang ingin langsing dengan cara yang cepat. Karenanya, berbagai macam diet yang menjanjikan berat badan turun drastis pun menjadi populer. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi pil diet.

Mengonsumsi pil diet mungkin tampak seperti solusi ajaib. Para produsen pil diet ini mengklaim bahwa produk mereka aman. Namun, sebagian besar dari klaim sebenarnya mungkin tidak didukung oleh penelitian klinis.

Sebenarnya, amankah mengonsumsi pil diet? Berikut penjelasannya, dikutip dari Mayo Clinic.

Baca Juga: Yuk Contoh Diet Ala Pelari Marathon yang Super Sehat

Pahami Realitas yang Ada

pil diet aman-3.gif

Moms perlu memahami, bahwa tidak ada cara 'ajaib' untuk menurunkan berat badan. Cara paling efektif untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya adalah dengan makan makanan sehat rendah kalori dan lebih aktif secara fisik.

Mengonsumsi pil diet, baik yang diresepkan, yang tidak diresepkan, produk herbal, atau suplemen makanan lainnya, diklaim menjadi solusi yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Tetapi, hanya ada sedikit penelitian tentang produk ini.

Penting untuk mempertimbangkan bahwa mengonsumsi pil diet kemungkinan punya efek samping dan reaksi merugikan sehingga dapat memengaruhi kondisi tubuh di masa depan nanti.

Klaim Pil Diet yang "Teruji Klinis"

pil diet aman-2.jpg

Ketika pil diet ini dipasarkan menggunakan kalimat "terbukti secara klinis" memengaruhi penurunan berat badan, harus ada beberapa bukti klinis untuk mendukungnya. Ketahui bahwa klaim tersebut sebenarnya, tidak benar-benar memberikan rincian tentang penelitian klinis.

Karena jumlah penelitian yang terbatas, mempersulit untuk menilai keamanan mengonsumsi pil diet. Apalagi, suatu produk belum tentu aman hanya karena itu terbuat dari bahan alami.

Meskipun jarang terjadi, namun ada beberapa suplemen makanan telah dikaitkan dengan masalah serius, seperti kerusakan hati.

Baca Juga: 4 Menu Sarapan Untuk Turunkan Berat Badan

Teliti Sebelum Membeli

pil diet aman-1.jpg

Sebelum membeli, setidaknya Moms perlu mencari informasi tentang sebuah produk pil diet. Ada banyak info yang bisa didapat.

Jika mempertimbangkan untuk mengonsumsi pil diet, pastikan berbicara dengan dokter, terutama bila Moms memiliki masalah kesehatan, minum obat dengan resep, atau sedang hamil atau menyusui.

Dokter dapat memberikan saran untuk menurunkan berat badan, memberikan dukungan, memantau perkembangan atau merujuk ke dokter atau ahli gizi.

Intinya, hindari terlalu mudah tergiur mengonsumsi pil diet yang konon bisa menurunkan berat badan secara cepat. Jangan sampai apa yang dikonsumsi saat ini bisa merugikan tubuh di masa depan ya Moms

Artikel Terkait