KELUARGA
12 September 2019

Puji Suami dengan Kata-kata Ini, Bisa Bikin Dads Semakin Bangga

Kalimat yang tepat dapat membuat Dads jadi lebih cinta!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

“Every wife is a king maker”. Moms, percayakah kalau kata-kata yang tepat untuk Dads bisa membawa perubahan yang signifikan untuk pernikahan Moms dan Dads? Bahkan, tak hanya untuk pernikahan saja, tetapi juga untuk kepribadian Dads sendiri.

Menurut sebuah jurnal penelitian berjudul Marriage & Family Review pasangan yang saling mengirimkan teks pesan mengalami peningkatan perasaan yang terkoneksi. Inilah mengapa komunikasi menjadi penting untuk meningkatkan kuallitas pernikahan.

Lalu, jenis kalimat atau kata-kata apa sih yang bisa Moms sampaikan ke Dads agar Dads bisa semakin happy?

Baca juga: Para Suami, Lakukan 8 Hal Sederhana Ini Agar Istri Selalu Bahagia

Ungkapan Terima Kasih

keluarga

Foto: alizila.com

Pada dasarnya hal yang paling sensitif bagi seorang suami adalah sebuah kehormatan, sehingga ada baiknya jika Moms menunjukkan cinta dengan kalimat-kalimat yang membuat Dads merasa dihormati.

  1. Terima kasih sudah menjadi suami yang baik
  2. Aku senang karena kamu adalah suamiku
  3. Aku sangat bertima kasih karena kamu sudah memperbaiki lemari yang rusak
  4. Aku merasa sangat tertolong, terima kasih sudah mau membantu membuang sampah
  5. Saat kamu mau mendengarkan ceritaku, aku merasa dicintai
  6. Kamu sangat pintar!
  7. Kamu sangat pekerja keras. Terima kasih sudah berjuang untuk keluargamu

Eboni Baugh dan Deborah Humphries, profesor dan juga spesialis dari University of Florida Extension, Amerika, mengatakan bahwa kalimat yang tepat bisa meminimalkan konflik. “Ungkapkan pikiran Anda dengan jelas, jujur, dan sepositif mungkin,” ujar keduanya.

Ganti Dengan Kata Saya

keluarga

Foto: Freepik.com

Saat menghadapi konflik, jangan buru-buru mengeluarkan kalimat yang seolah menyalahkan Dads. John Gottman, seorang ahli psikologi merekomendasikan pada banyak pasangan untuk menggunakan “I Statements” untuk menghindari pembicaraan yang bersifat menuduh.

“Misalnya, Anda merasa kecewa pada pasangan saat berada di restoran. Ganti kalimat, 'kamu selalu membuat aku malu' dengan 'aku selalu merasa tersakiti dan dipermalukan setiap kali kamu menertawakan ku di depan umum',” jelas Profesor Eboni.

Baca juga: 3 Cara Komunikasi Ini Bisa Menimbulkan Konflik Dengan Pasangan

Bahasa Kasih Pasangan

keluarga

Foto: Freepik.com

Apakah Moms dan Dads sudah mengetahui apa bahasa kasih pasangan? Jika belum tahu, yuk sama-sama mencari tahu dengan mengikuti tes berikut ini https://www.5lovelanguages.com/profile.

Tes bahasa kasih adalah tes yang ditemukan oleh Dr. Gary Chapman yang sudah menolong banyak pasangan untuk berkomunikasi sesuai dengan bahasa cintanya. Terdapat lima bahasa kasih utama yaitu words of affirmation, quality time, receiving gifts, act of service, physical touch.

Dari kelimanya, terdapat dua nilai bahasa kasih tertinggi yang biasanya Moms dan Dads senang untuk diperlakukan dan memperlakukan. Dengan mengetahui bahasa yang tepat komunikasi secara verbal pun jadi lebih mudah untuk dipahami oleh pasangan.

Baca juga: 5 Film Romantis Terbaik untuk Tingkatkan Kemesraan Suami Istri

Jadi, tunggu apa lagi? Tunjukkan cinta Moms pada Dads sekarang juga!

(ERN/KM)

Artikel Terkait