KESEHATAN
11 September 2019

Rambut Rontok? Mungkin Tubuh Kita Kekurangan 4 Nutrisi Ini!

Tidak melulu karena stres atau tak cocok dengan sampo. Mungkin nutrisi tubuhmu yang kurang
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Semua orang pastinya pernah merasakan kerontokan rambut. Baik rontok dalam jumlah sedikit, ada pula yang rontok berat hingga alami kebotakan.

American Academy of Dermatology memperkirakan bahwa orang kehilangan 50-100 rambut setiap hari dan hal tersebut adalah hal yang normal.

Tak lama kemudian, rambut baru tumbuh kembali dari folikel yang sama dan rambut kepala biasanya tumbuh sekitar 6 inci per tahun.

Penyebab rambut rontok bisa didasari dari beragam faktor, yakni di antaranya adalah faktor genetik atau keturunan, memiliki kondisi medis tertentu, efek samping obat-obatan tertentu, perawatan rambut, dan peristiwa yang membuat trauma sehingga menyebabkan rambut rontok sementara.

Baca Juga: 5 Penyebab Utama Rambut Rontok

Namun, ada satu hal yang jarang diperhitungkan, yaitu kurangnya nutrisi dalam tubuh. Kurang nutrisi dalam tubuh juga bisa membuat rambut menjadi rontok lho, Moms!

Sebaiknya, Moms ketahui 4 nutrisi yang baik untuk rambut. Apa saja, simak yuk Moms!

1. Protein

1 - 4 nutrisi yang baik untuk rambut.jpg

Foto: rd.com

Dikenal sebagai bahan pembangun tubuh, protein dan asam amino sangat penting untuk jaringan tubuh yang sehat dan kuat, termasuk rambut.

“Mengonsumsi beragam makanan kaya protein, termasuk telur, daging, unggas, kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan laut memberikan keseimbangan yang dibutuhkan rambut kita,” kata ahli kulit bersertifikat, Lauren Eckert Ploch, M.D.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan-Bahan Alami Ini

2. Zinc

2 - 4 nutrisi yang baik untuk rambut.jpg

Foto: rd.com

Nutrisi penting lainnya agar rambut tidak rontok adalah zinc dan mineral, yang mendukung fungsi sel normal dan membantu tubuh mensintesis protein.

Faktanya, defisiensi zinc telah diidentifikasi sebagai komponen nutrisi utama dalam kerontokan rambut telogen effluvium.

Wanita dewasa membutuhkan 8 miligram zinc per hari, sedangkan pria dewasa membutuhkan 11 miligram.

3. Zat Besi

3 - 4 nutrisi yang baik untuk rambut.jpg

Foto: lifealth.com

Zat besi mendukung sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh aliran darah kita.

“Tanpa jumlah mineral yang cukup, aliran darah menjadi kurang kaya oksigen, yang dapat memperlambat pertumbuhan rambut dan bahkan meningkatkan kerontokan atau penipisan,” ujar Shari Hicks-Graham, MD, seorang dokter kulit.

Karena tubuh tidak menghasilkan zat besi sendiri, kita harus mendapatkannya dari makanan atau suplemen kita.

Pria dewasa hanya membutuhkan sekitar 8 miligram sehari, sedangkan wanita dewasa membutuhkan 18 miligram.

Baca Juga: Ini Penyebab dan Cara Atasi Rambut Rontok!

4. Vitamin D

4 - 4 nutrisi yang baik untuk rambut.jpg

Foto: rd.com

Dilansir dari medicalnewstoday.com, vitamin D berperan dalam penciptaan folikel rambut baru. Folikel rambut adalah pori-pori kecil di mana rambut baru tumbuh.

Folikel baru dapat membantu menjaga ketebalan rambut dan mencegah rambut yang rontok sebelum waktunya.

Ketika tubuh tidak memiliki cukup vitamin D, rambut mungkin terpengaruh, salah satunya adalah rambut rontok.

Kekurangan vitamin D juga dapat dikaitkan dengan alopecia areata, suatu kondisi autoimun yang menyebabkan rambut rontok.

Artikel Terkait