DI ATAS 5 TAHUN
29 Oktober 2017

Rekomendasi 5 Serial Kartun untuk Si Kecil Belajar Bahasa Inggris

Cocok untuk mengenalkan Si Kecil pada bahasa asing
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Meski bukan menjadi bahasa paling besar di dunia, tapi bahasa Inggris merupakan bahasa resmi yang paling banyak digunakan di banyak negara.

Karenanya, belajar bahasa Inggris adalah sesuatu yang lazim dilakukan saat ini. Mulai dari umur balita, hingga yang tua sekalipun. Tentu dengan cara berbeda, ini karena balita kemampuan otaknya belum optimal.

Mengajar si kecil biar bisa bahasa Inggris memang susah-susah gampang. Selain kemampuan otaknya masih terbatas, anak kecil juga susah diajak konsentrasi sehingga lebih memilih main-main atau nonton acara kesukaannya.

Untuk Mama, jangan menyerah. Justru inilah cara yang tepat mengajari anak bahasa Inggris dengan cara menonton salah satu dari 5 film kartun di bawah ini.

1. Word Girl

Seperti judulnya, kartun ini akan mengajar anak-anak tentang huruf. Kartun ini paling cocok buat anak balita yang baru akan belajar huruf.

Dengan karakter seorang superhero wanita, kejahatan akan dibasmi menggunakan kekuatan huruf. Tiap episode pasti selalu ada kosakata baru, yang pastinya akan bikin sang anak tambah cepat mengenal huruf.

2. Phineas and Ferb

Dua tokoh utama dalam kartun ini yaitu Phineas dan Ferb, merupakan dua saudara yang gemar melakukan petualangan. Phineas and Ferb akan mengajarkan kata juga frasa pada siapapun yang menonton.

Dengan alur cerita yang kurang lebih sama pada tiap episodenya, kartun ini akan lebih mudah dipahami bagi anak kecil atau orang tua sekalipun.

3. Inspector Gadget

Memang benar, tugas utama seorang Inspector Gadget yaitu untuk membasi kejahatan. Tapi tak cuma itu, kartun ini juga bisa menjadi alat belajar bahasa Inggris yang bagus.

Selain memberi banyak hiburan, kartun ini juga bisa memberi banyak perbendaharaan kata baru. Dengan begitu, koleksi kosakata bisa meningkat drastis lewat tontonan ini.

4. Teen Titans

Kartun ini menyajikan banyak adegan seru, dimana kebaikan dan kejahatan saling beradu. Selain dari banyaknya aksi, Teen Titans mengajarkan tentang hubungan persahabatan.

Bagi yang ingin belajar lewat kartun ini, dialog adalah sesuatu yang bisa dipelajari. Pemilihan kata-kata yang digunakan sangat mudah dimengerti, dan sangat baik untuk melatih speaking.

5. Avatar: The Last Air Bender

Pasti sudah banyak yang tahu tentang kartun Avatar ini, apalagi di tanah air sudah pernah tayang meski bukan dalam versi bahasa Inggris. Avatar sejatinya menceritakan pertarungan antara pengguna empat elemen utama dalam dunia. Apa yang bisa dipelajari dari avatar yaitu penerapan bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari dengan kosakata yang variatif.

Selain kartun di atas, tentu masih ada banyak lagi film kartun lain yang bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris. Kartun lain semodel Martha Speaks, Doki, Adventure Time, dan Regular Show, juga bisa dijadikan alat pembelajaran yang interaktif.

Selain cocok buat anak kecil, kartun tersebut juga tepat untuk orang tua yang masih punya kendala dalam membaca.

Jadi, jangan lupa siapkan kartun di atas buat S Kecil di rumah. Selamat menikmati!

(RIA)

Artikel Terkait