NEWBORN
24 Juni 2019

Ruben dan Sarwendah Bawa Anaknya yang Berusia 1 Minggu Jalan-Jalan, Ini Hal yang Harus Diperhatikan saat Membawa Bayi Baru Lahir ke Luar Rumah

Pastikan suhu tubuh Si Kecil tidak terlalu dingin atau panas

Sumber: instagram.com/ruben_onsu

Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sudah satu minggu semenjak Sarwendah melahirkan anak keduanya, Thania Putri Onsu. Tak ingin berlama-lama, Sarwendah dan Ruben Onsu pun langsung membawa Si Kecil ke luar rumah.

Kebetulan, adik Ruben, Jordy Onsu, sedang ulang tahun dan merayakannya di Singapura. Dalam foto yang dibagikan ke Instagram, tampak mereka berempat memakai busana yang serasi dan serba putih.

Thalia dan Sarwendah bahkan mengenakan sandal wedges yang sama. Keluarga pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah tampak harmonis dan bahagia di foto tersebut.

ruben bawa bayi-1.jpg

Foto: instagram.com/ruben_onsu

Membawa Si Kecil yang baru lahir ke luar bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan orang tua. Tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan bila hendak membawa bayi baru lahir pergi ke luar.

Ketahui beberapa hal sebelum membawa Si Kecil ke dunia luar, dikutip dari Pregnancy Birth & Baby.

Baca Juga: Tak Hanya Sarwendah-Ruben, 5 Artis Ini Juga Umumkan Kehamilan Lewat Foto Test Pack

Kapan Waktu Aman Membawa Bayi ke Luar Rumah?

Perlu dipahami, bahwa Moms sebaiknya tidak terlalu terburu-buru untuk pergi jalan-jalan dengan anak. Di Indonesia, ada satu kepercayaan bahwa bayi sebaiknya tidak ke luar rumah sampai usianya 40 hari.

Tetapi, bukan masalah bila Moms merasa sudah siap untuk membawa bayi ke luar rumah segera. Sebaiknya keluar saat bayi tenang dan bahagia. Waktu yang tepat yaitu usai menyusui dan mengganti popok.

Jika bayi lahir secara prematur atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, bicarakan dengan dokter sebelum pergi keluar bersama mereka.

Busana Bayi Saat ke Luar Rumah

jalan-jalan bersama bayi.jpg

Foto: verywellfit.com

Penting untuk menjaga bayi berada pada suhu yang tepat. Moms dapat memeriksa apakah bayi terlalu hangat atau dingin dengan merasakan dahi mereka.

Sebaiknya kenakan pakaian berlapis-lapis untuk bayi yang bisa dilepas dan dikenakan kembali. Jika udara sedang dingin, jagalah bayi tetap hangat dengan selimut dan topi.

Jika cuaca panas, Moms harus berhati-hati dalam menjaga suhu bayi tetap dingin dan penting melindunginya dari sinar matahari.

Bayi tidak bisa mendinginkan diri mereka sendiri seperti orang dewasa dan lebih berisiko terjadi kondisi tubuh yang terlalu panas.

Moms bisa memilih pakaian yang lumayan tipis dan minimal pada hari yang panas. Tetapi, pastikan lengan dan kaki mereka tertutup untuk mencegah sengatan matahari. Topi sangat penting untuk melindungi kepala bayi.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tisu Basah Anti Bakteri untuk Menjaga Kebersihan Kulit Bayi

Kebutuhan yang Harus Dipersiapkan

Pertimbangkan untuk melakukan persiapan singkat sebelum ke luar rumah bersama Si Kecil yang baru lahir. Bahkan jika hanya keluar sebentar, ada baiknya bersiap-siap seandainya bayi lapar atau perlu mengganti popok.

Berikut beberapa kebutuhan yang harus dipersiapkan:

  • Popok (6-10, tergantung pada durasi jalan-jalan)
  • Tisu
  • Pad pengganti
  • 2-3 pakaian ganti
  • Beberapa aksesoris, tergantung pada cuaca (seperti topi atau selimut)
  • 2 selimut
  • Tas popok
  • Kantong plastik untuk pakaian atau popok yang kotor
  • Cairan pembersih tangan
  • Susu formula dan botol jika memberi susu botol

Cara Memindahkan Bayi

jalan-jalan bersama bayi-2.jpg

Foto: thebump.com

Mendorong bayi dengan kereta bayi atau kereta dorong adalah cara yang baik saat Moms pergi keluar dan berkeliling.

Selalu kencangkan bayi di kereta bayi dengan tali kekang lima titik dan pastikan untuk selalu mengerem ketika berhenti. Cegah kereta bayi terjungkal dengan meletakkan tas di tali kekang di bawahnya, bukan di atas gagang.

Moms juga bisa menggunakan gendongan bayi, untuk membuat tangan lebih leluasa saat pergi keluar dengan Si Kecil.

Pastikan gendongan bayi disesuaikan sehingga nyaman. Pakailah sepatu yang nyaman dan berhati-hati agar tidak tersandung saat membungkuk atau berjalan di permukaan yang tidak rata.

Namun, menggunakan gendongan bayi bukanlah ide yang baik dalam cuaca panas, karena bayi bisa merasa kepanasan saat berada di luar.

Baca Juga: Gendongan Kain vs Gendongan Modern, Mana yang Lebih Baik Untuk Bayi?

Menjaga Bayi Tetap Aman

Moms juga harus berusaha melindungi bayi dari orang yang sakit yang ada di sekitar, karena sistem kekebalan bayi belum berkembang sepenuhnya.

Penting untuk melakukan imunisasi yang akan membantu melindungi bayi dan serangan virus yang berisiko bagi kesehatan mereka.

Itulah beberapa hal yang perlu Moms perhatikan saat hendak membawa bayi baru lahir ke luar rumah. Jangan ada yang terlewat ya Moms!

Artikel Terkait