BAYI
16 Juli 2020

Sariawan atau Endapan Susu? Kenali Tandanya

Ternyata cukup mudah dilakukan, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat Moms menemukan lidah bayi dipenuhi endapan putih, maka mungkin sariawan adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran Moms.

Namun tidak semua endapan putih pada lidah bayi merupakan sariawan. Bisa jadi, kondisi tersebut disebabkan oleh endapan susu yang sebenarnya sangat mudah dibersihkan dan tidak menimbulkan masalah kesehatan berarti.

Meski demikian, jika dibiarkan berlarut-larut tanpa menjaga kebersihannya, endapan susu dapat menimbulkan masalah kesehatan mulut bayi di kemudian hari.

Untuk itu, ketahui terlebih dahulu bagaimana membedakan sariawan dan endapan susu pada lidah bayi sebelum melakukan penanganan yang tepat pada masing-masing masalah tersebut.

Baca Juga: Lidah Bayi Putih, Akibat Susu Atau Sariawan?

Sariawan VS Endapan Susu

1 Sariawan VS Endapan Susu.jpg

Foto: StockSnap – Pixabay.com

Satu cara mudah untuk membedakan sariawan dan endapan susu pada lidah bayi adalah dengan mencoba membersihkan bagian lidah bayi.

“Perhatikan jika bayi memiliki lidah berwarna keputihan dari ASI atau susu formula, maka akan mudah digosok atau dibersihkan.

Sedangkan sariawan akan lebih sulit untuk dihilangkan,” ungkap Dokter anak di Mercy Medical Center, Baltimore, Ashanti Woods, MD, seperti dikutip dari thebump.com.

Jika disebabkan oleh endapan susu, warna putih pada lidah biasanya hanya terdapat di area lidah saja dan muncul setelah menyusui, tidak bertahan di lidah sepanjang hari.

Sedangkan pada sariawan, bintik putih juga bisa muncul pada pipi bagian dalam dan bagian atas mulut. Saat coba dibersihkan, sariawan dapat menyebabkan area kemerahan hingga berdarah.

Baca Juga: Mengatasi Sariawan Pada Bayi, Ini 4 Cara Jitunya

Cara Atasi Sariawan

2 Cara Atasi Sariawan.jpg

Foto: Jonathan Borba – Pexels.com

Jika setelah membedakan sariawan dan endapan susu pada lidah bayi, Moms menemukan bahwa itu adalah gejala sariawan, maka ada baiknya memberikan perawatan segera agar bayi merasa lebih nyaman.

Sebenarnya pada beberapa kasus, sariawan dapat sembuh dengan sendirinya. “Namun jika gejala tidak membaik dan bayi semakin tidak nyaman, Dokter dapat meresepkan cairan anti jamur yang perlu diaplikasikan pada sariawan bayi sebanyak empat kali sehari, selama setidaknya satu minggu,” ungkap Dokter anak, Asisten Profesor Klinis di Pediatrics Department, Mount Sinai School of Medicine, sekaligus juru bicara American Academy of Pediatrics, Preeti Parikh, MD, seperti dikutip dari parents.com.

Sariawan pada lidah bayi juga dapat menular ke payudara Moms yang menyusui. Gejala sariawan pada payudara, meliputi: nyeri di bagian puting, gatal, sensasi terbakar dan seringkali muncul ruam).

Solusinya, Moms dapat mengoleskan obat anti jamur khusus pada puting payudara setiap selesai menyusui.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Sembuhkan Sariawan Pada Bayi

Cara Atasi Endapan Susu

3 Cara Atasi Endapan Susu.png

Foto: flo.health

Setelah membedakan sariawan dan endapan susu pada lidah bayi, serta memastikan itu adalah endapan susu, Moms dapat bernapas lega. Karena perawatan endapan susu pada lidah bayi cukup mudah dan perlu dijadikan sebagai rutinitas.

Menurut Health Guidance, tidak membersihkan lidah secara teratur akan mengakibatkan akumulasi bakteri dan kuman, yang dapat menimbulkan masalah gigi di kemudian hari.

Cara perawatan lidah bayi dapat dimulai dengan menyiapkan kain lembut yang dibasahi dengan air hangat. Lalu lingkarkan kain lembut tersebut pada salah satu jari Moms untuk memudahkan pembersihan.

Buka mulut bayi dan usapkan kain tersebut pada lidah bayi. Dapat dimulai dengan gerakan melingkar dan gosokkan ke luar. Lakukan berulang dengan sisi lain kain agar lebih maksimal.

Baca Juga: Sariawan pada Bayi, Ini Penyebab, Tanda, dan Cara Mengatasinya

Dengan cara membedakan sariawan dan endapan susu pada lidah bayi ini, Moms dapat dengan mudah memberikan perawatan yang tepat atau kunjungi Dokter jika Moms tidak yakin dengan kondisi putih pada lidah bayi.

Artikel Terkait