PERNIKAHAN & SEKS
9 Maret 2019

Seks Bisa Menjadi Penghilang Stres Alami, Kok Bisa?

Stres bisa diusir dengan seks!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Seks dan stres mungkin terhubung satu sama lain. Tentu saja manfaat seks berhubungan dengan stres. Artinya, stres yang dialami bisa diatasi secara alami hanya dengan seks.

Sebaliknya stres dapat menurunkan libido yang dapat merusak kehidupan seks. Maka dari itu, Moms sebaiknya mencoba untuk melakukan seks menghilangkan stres. Nah, bagaimana caranya mendapatkan manfaat seks tersebut?

Seks Berhubungan Dengan Suasana Hati

alasan seks dapat mengurangi stres 01

Sebuah studi yang dilakukan di Arizona State University pada 58 perempuan paruh baya mengungkapkan kasih sayang fisik atau perilaku seksual dapat memprediksi suasana hati dan dapat menurunkan risiko stres.

Selain itu, kasih sayang dalam bentuk fisik dapat meningkatkan suasana hati yang positif di hari berikutnya.

Para peneliti menemukan bahwa seks dapat membuat perempuan tidak merasa stres dan pastinya lebih baik di hari berikutnya. Studi yang sama menemukan bahwa jika manfaat seks membantu seseorang berada di dalam suasana hati artinya seks bekerja dua arah.

Bisa jadi seseorang melakukan seks karena merasa kurang tenang atau seseorang yang melakukan seks justru sudah cukup merasa tenang.

Baca Juga: Agar Tahan Lama, Suami Bisa Konsumsi 7 Obat Kuat Alami Ini, Moms

Selain itu, aktivitas seksual juga melepaskan hormon endorfin serta hormon lainnya yang dapat membuat perasaan lebih baik.

Zat kimia ini dapat membuat tubuh dan pikiran Moms jadi lebih rileks sehingga tak heran banyak orang yang merasakan manfaat seks terhadap kesehatan pikiran. Kondisi ini dapat membuat Moms merasa lebih baik berjam-jam setelah melakukan seks.

Manfaat seks yang dapat menghilangkan stres juga berhubungan dengan sentuhan. Studi menunjukkan bahwa pijatan dapat menghilangkan stres. Faktanya memang sentuhan fisik sangat dibutuhkan untuk kesehatan emosi.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa bayi yang kurang tersentuh bisa gagal dalam tumbuh kembang. Artinya seks dapat menghilangkan stres karena Moms mendapatkan sentuhan yang luar biasa dari pasangan. Maka tentu menjadi penghilang stres yang baik.

Tidak hanya itu, seks juga meningkatkan hubungan antara Moms dan pasangan. Artinya semakin banyak seks, keintiman juga terjalin.

Kondisi ini dapat mengurangi rasa stres sebab Moms dan pasangan kurang mengalami konflik. Banyak pasangan yang menjadi stres akibat prahara rumah tangga yang terjalin.

Baca Juga: Merasa Kesepian Dalam Pernikahan? Ini 6 Penyebabnya

Seks Ternyata Dapat Menghilangkan Nyeri Secara Fisik

alasan seks dapat mengurangi stres 02

Tidak hanya seks menghilangkan stres, tetapi seks juga membantu seseorang dalam hal menghilangkan nyeri secara fisik.

Penelitian lain melihat bahwa denyut jantung perempuan dan tingkat kortisol dapat meningkat sebagai respons setelah melakukan seks.

Perempuan juga menunjukkan lebih sedikit respon stres setelah melakukan kontak fisik dengan pasangan. Dukungan secara emosional saja tidak menimbulkan efek yang sama.

Stimulasi seks seperti orgasme juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Aktivitas seksual dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan ambang rasa sakit yang kita rasakan.

Orgasme dapat menghasilkan pelepasan hormon yang dapat membantu untuk menghentikan sinyal rasa sakit. Bahkan beberapa perempuan mengaku bahwa rangsangan seksual dapat mengurangi kram menstruasi, radang sendi hingga sakit kepala.

Manfaat seks lainnya adalah dapat membantu seseorang mengatur pernapasan. Setelah melakukan seks, seseorang dapat mengatur napasnya guna membuat tubuh menjadi rileks, melepaskan ketegangan serta mengurangi stres yang dirasakan.

Latihan pernapasan dapat mengatur stres apalagi dengan menggabungkan latihan pernapasan dengan melakukan seks. Sehingga tak heran jika Moms bisa menjadikan seks menghilangkan stres sekaligus melatih pernapasan.

(GSA)

Artikel Terkait