HIBURAN
29 September 2019

Selain Gibran, Ini 5 Anak Presiden RI yang Terjun ke Politik

Ada juga yang mendirikan partai baru dan ikut mencalonkan diri dalam Pilpres 2019 lalu
placeholder

Foto: beritagar.id

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mengikuti jejak ayahnya, nama Gibran Rakabuming Raka, resmi terdaftar sebagai kader PDI Perjuangan.

Dilansir dari Kompas.com, spanduk bergambar putra pertama Presiden Joko Widodo ini, mulai bermunculan di sejumlah titik di Kota Solo jelang Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Surakarta 2020.

Namun karena saat ini belum memasuki masa kampanye, spanduk-spanduk yang terpasang pun dicopot oleh petugas Satpol PP Surakarta, karena menarik perhatian para pengguna jalan lainnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Saksikan Penampilan Jan Ethes di Pentas Sekolah

Kemungkinan Gibran Rakabuming untuk terjun ke dunia politik memang sudah terlihat. Meski tidak secara terang-terangan. Gibran sempat menemui Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, di Rumah Dinas Wali Kota, Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah.

Rudyatmo mengakui, bahwa pemilik bisnis kuliner Markobar yang terkenal itu sempat bertanya soal mekanisme pencalonan wali kota.

Dunia politik memang cukup menarik bagi anak-anak presiden, tidak terkecuali Gibran. Faktanya, memang lumayan banyak anak Presiden RI yang ikut terjun ke dunia politik mengikuti jejak orang tuanya.

Siapa saja mereka? Yuk kita intip.

1. Agus Harimurti Yudhoyono

anak presiden ri yang terjun ke politik

Foto: Detikcom/Rachman Haryanto

Pria yang akrab disapa AHY ini juga masuk daftar anak Presiden RI yang ikut terjun ke dunia politik.

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono ini mulai terjun ke dunia politik saat mendaftarkan dirinya dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2 tahun lalu, yaitu tahun 2017.

Meskipun belum berhasil terpilih, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah mantap berkarier di dunia politik setelah dirinya keluar dari Angkatan Darat. Waktunya kini ia manfaatkan untuk berkeliling nusantara dan bertemu dengan masyarakat.

Baca Juga: 18 Inspirasi Nama Bayi dengan Arti ‘Pemimpin’

2. Puan Maharani

anak presiden ri yang terjun ke politik

Foto: mercinews.com

Puan Maharani merupakan putri dari mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri. Ia diusung oleh PDIP pada Pemilihan Legislatif 2019 ini. Puan Maharani akan maju dari dapil Jawa Tengah V.

Puan sudah dua kali mengikuti pemilu legislatif, yaitu pada tahun 2009 dan 2014. Saat ini, ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Megawati sendiri merupakan putri dari Presiden pertama RI Soekarno. Dia mengikuti jejak sang ayah terjun ke dunia politik.

3. Tommy Soeharto

anak presiden ri yang terjun ke politik

Foto: detik.com/Rengga Sancaya

Pemilik nama lengkap Hutomo Mandala Putra ini adalah putra kelima dari Presiden RI ke-2, Soeharto. Nama Tommy juga patut dimasukkan dalam daftar anak Presiden RI yang terjun ke dunia politik.

Tommy mengikuti jejak ayahnya dengan memulai karir saat bergabung dengan Partai Golkar dan menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada tahun 1992.

Lalu ia mendirikan partai sendiri bernama Partai Berkarya di tahun 2016 yang dipimpin oleh dirinya sendiri. Partai besutannya ini kerap meramaikan Pilpres 2019 pada April lalu.

Baca Juga: Balita Bossy Atau Berbakat Jadi Pemimpin? Ketahui 4 Perbedaannya

4. Yenny Wahid

anak presiden ri yang terjun ke politik

Foto: citizendaily.net

Anak Presiden RI yang terjun ke politik selanjutnya adalah Yenny Wahid. Dilihat dari namanya saja kita sudah tahu, bahwa ia merupakan putri dari Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Awal karir politiknya dimulai saat menjabat sebagai Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tahun 2005.

5. Edhie Baskoro Yudhoyono

anak presiden ri yang terjun ke politik

Foto: rmoljabar.com

Mengikuti jejak ayah dan kakaknya, putra bungsu SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas juga terjun dalam dunia politik. Karier politiknya dimulai saat bergabung dengan Departemen Kaderisasi Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat.

Lalu di Pilpres 2019, Ibas maju sebagai calon anggota legislatif Partai Demokrat dari Dapil Jawa Timur VII. Ia terpilih dan duduk sebagai anggota Komisi I, di bidang Pertahanan dan Hubungan Internasional di DPR.

Itu dia sederet anak Presiden RI yang ikut terjun ke politik. Bagaimana pendapat Moms soal anak-anak presiden yang mengikuti jejak orang tua mereka ini?

Artikel Terkait