RUPA-RUPA
7 Februari 2020

Seorang WNI Positif Terinfeksi Virus Corona Novel di Singapura, Berikut Kronologisnya

WNI tersebut tertular virus bersama dengan majikannya
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina Vionetta

Seorang warga negara Indonesia (WNI) positif terinfeksi virus Corona novel (2019-nCoV). WNI yang tertular ini diketahui tidak melakukan perjalanan ke Wuhan, China.

Mengutip Warta Ekonomi, WNI tersebut adalah wanita yang menjadi pembantu rumah tangga yang tinggal bersama majikannya di Jalan Bukit Merah. Hingga kini, terhitung sudah ada 24 kasus virus Corona novel di Singapura.

Ketahui lebih lanjut informasi tentang WNI yang positif terinfeksi virus Corona novel berikut ini.

Baca Juga: Ini Gejala Virus Corona Novel, Penyakit yang Berasal dari China

WNI Positif Terinfeksi Virus Corona Novel Tertular Bersama Majikannya

WNI yang positif terinfeksi virus Corona-2.jpg

Foto: utoronto.ca

Menurut situs Kementerian Kesehatan Singapura, dikonfirmasi bahwa WNI yang positif terinfeksi virus Corona novel merupakan pembantu rumah tangga dari wanita usia 28 tahun yang juga tertular.

"Kasus ke-19 merupakan seorang wanita usia 28 tahun yang tidak melakukan perjalanan ke China baru-baru ini. Dia bekerja di Yong Thai Hang di 24 Cavan Road, toko produk kesehatan pelengkap yang terutama melayani wisatawan Tiongkok," jelas situs tersebut.

Hingga saat ini, wanita tersebut dirawat di ruang isolasi di Singapore General Hospital (SGH).

Sementara itu, WNI yang positif tertular virus Corona novel merupakan kasus ke-21 yang sudah dikonfirmasi. Bersama majikannya, WNI ini tinggal di Jalan Bukit Merah.

"Dia adalah wanita Indonesia usia 44 tahun yang tidak melakukan perjalanan ke China. Dia adalah pekerja rumah tangga untuk wanita pada kasus 19, dan tinggal di Jalan Bukit Merah," lanjut keterangan tersebut.

Baca Juga: 5 Persiapan untuk Mengobati Anak yang Terkena Flu Singapura

Kronologis WNI Tertular Virus Corona Novel di Singapura

cegah infeksi virus Corona novel.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kronologis diketahuinya WNI yang tertular virus Corona novel ini awal mulanya dari wanita 28 tahun yang menjadi kasus ke-19, diketahui bekerja di Yong Thai Hang di 24 Cavan Road, toko produk kesehatan yang sering melayani wisatawan Tiongkok.

1. Awalnya Negatif Pneumonia

Wanita 28 tahun tersebut melaporkan sakit tenggorokan dan demam pada 29 Januari, dan mencari perawatan di klinik dokter umum pada hari yang sama.

Pada 30 Januari, ia pergi ke gawat darurat Rumah Sakit Tan Tock Seng, dan dipulangkan karena hasil rontgen dadanya negatif pneumonia.

Wanita 28 tahun tersebut juga telah melaporkan bahwa dirinya tidak meninggalkan rumahnya dari 31 Januari hingga 2 Februari.

2. Lakukan Tes Kedua Kali dan Didapati Gejala yang Mencurigakan

Pada 3 Februari, ia pergi ke Singapore General Hospital (SGH). Kali ini, ia didiagnosis dengan pneumonia, dan diklasifikasikan sebagai kasus yang dicurigai dan dirinya pun segera diisolasi.

Setelah dilakukan tes, ditunjukkan hasil tes selanjutnya yang mengonfirmasi infeksi 2019-nCoV pada 3 Februari 2020 pada jam 11 malam lewat.

Baca Juga: 4 Gejala Flu Singapura, Bisa Menular Pada Anak di Bawah 10 Tahun!

3. WNI Indonesia Melaporkan Gejalanya pada 2 Februari

Sementara, WNI yang tertular virus Corona novel juga masih dirawat di ruang isolasi di Singapore General Hospital sejak 3 Februari. Dinyatakan, bahwa WNI tersebut melaporkan timbulnya gejala pada 2 Februari 2020.

4. Dikonfirmasi Terinfeksi Virus Corona Novel

Karena intensitas yang tinggi dalam melakukan kontak dekat dengan wanita pada kasus 19, WNI ini dirawat di departemen darurat SGH pada 3 Februari 2020.

Lalu, setelah dilakukan tes, hasilnya mengonfirmasi bahwa WNI tersebut terinfeksi 2019-nCoV pada sore ini. Ia juga melaporkan bahwa dirinya tidak meninggalkan tempat tinggalnya sejak timbulnya gejala.

Itulah kronologi tertularnya seorang WNI di Singapura dengan virus Corona novel. Moms selalu jaga diri dari penyakit ini, ya.

Artikel Terkait