2-3 TAHUN
8 Oktober 2019

Simak 6 Tips Mengajak Anak ke Dokter Gigi untuk Pertama Kali Agar Menyenangkan!

Begini cara bikin kunjungan si Kecil ke dokter gigi menyenangkan.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Tahukah Moms kapan perlu mengajak anak ke dokter gigi untuk pertama kali?

Menurut panduan dari American Academy of Pediatrics dan Academy of Pediatric Dentistry, Moms perlu mengajak anak ke dokter gigi untuk pertama kali saat si Kecil mengalami salah satu dari dua kejadian ini: gigi pertamanya tumbuh atau saat ia mencapai usia 1 tahun.

Namun, kunjungan ke dokter gigi, terutama untuk yang pertama kali bagi si Kecil, tidak selalu mudah. Banyak anak yang merasa takut dan menolak diajak ke dokter gigi.

Menurut John E. Nathan, D.D.S., dosen bidang kedokteran gigi anak dari University of Alabama sekaligus ahli kecemasan terhadap gigi pada anak, sekitar 20 persen anak memiliki ketakutan untuk pergi ke dokter gigi.

Agar momen mengajak anak ke dokter gigi untuk pertama kali berjalan lancar, coba praktikkan tips berikut.

1. Membaca Buku dan Bermain Peran

Tips mengajak si Kecil ke dokter gigi untuk pertama kali (1).jpg

Foto: woodbridgekids.com

Moms dapat membacakan buku tentang berkunjung ke dokter gigi kepada si Kecil, lalu ajak dia untuk bermain peran menjadi dokter. Gunakan mainan bonekanya sebagai pasien, lalu minta si Kecil untuk berpura-pura memeriksa gigi “pasien-pasien” tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Mengajak Si Kecil Kembali Membaca Buku Usai Screen Time

2. Gunakan Bahasa Positif

3. Cara berbicara agar pesan lebih dipahami anak (1).jpg

Ciptakan imej positif tentang dokter gigi. Moms dapat menceritakan dokter gigi adalah sosok yang membantu menjaga kesehatan dan kekuatan gigi kita sehingga kita terbebas dari masalah sakit gigi. Moms tak perlu menjelaskan terlalu detail tentang apa yang akan terjadi saat mengajak anak ke dokter gigi.

3. Cari Tahu Penyebab Ketakutannya

Tips mengajak si Kecil ke dokter gigi untuk pertama kali (2).jpg

Foto: thefinder.com.sg

Bila si Kecil mengatakan ia tak mau ke dokter gigi karena takut, Moms dapat mengajaknya berbicara untuk mencari tahu apa yang sesungguhnya membuatnya takut. Setelah itu, Moms dapat mencari strategi paling efektif untuk membantu si Kecil mengatasi ketakutannya terhadap dokter gigi.

Baca Juga: Bagaimana Menghadapi Anak yang Mengalami Karies Gigi tapi Takut ke Dokter Gigi?

4. Bawa Mainan Favorit Si Kecil

mainan103.jpg

Salah satu cara membuat si Kecil nyaman saat berkunjung ke dokter gigi adalah mengizinkan dia untuk membawa mainan anak favoritnya. Dengan demikian, saat menunggu giliran dipanggil dokter, si Kecil dapat menyibukkan diri bermain dan tidak terlalu fokus pada dokter gigi atau hal lain yang terdapat di ruang tunggu dokter.

5. Tetap Tenang

Tips mengajak si Kecil ke dokter gigi untuk pertama kali (3).jpg

Foto: news.psu.edu

Moms harus mampu menjaga diri agar tetap tenang dan tidak cemas. Bila Moms memperlihatkan perilaku yang positif dan tenang, maka si Kecil pun akan merasa kunjungan ke dokter gigi bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti.

Baca Juga: Bikin Pusing, Begini Cara Menghadapi Anak yang Cerewet agar Menjadi Tenang

6. Menyemangati Si Kecil

Anak Trauma ke Dokter Gigi, Bagaimana Cara Mengatasinya-1.jpg

Saat si Kecil mampu bersikap positif dan mengikuti petunjuk dokter dengan baik, Moms dapat memberikan pujian. Begitu pula sebaliknya, bila si Kecil tampak takut dan tidak dapat mengikuti arahan dokter dengan baik, Moms perlu terus menyemangatinya alih-alih memarahinya. Walaupun pada akhirnya si Kecil tetap ketakutan dan susah bekerja sama, ingatlah bahwa dokter gigi sudah terbiasa melihat kondisi seperti itu, jadi Moms tidak perlu khawatir.

(AN/DIN)

Artikel Terkait