NEWBORN
12 Juni 2019

Sstt.. Ini 5 Ide Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Ibu Lakukan Saat Anak Tidur

Aktivitas simpel ini akan membuat mood Anda naik lagi
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Nasihat yang paling sering didengar ibu baru adalah ‘tidur saat bayi tidur’. Meski terdengar mudah, ternyata dalam kenyataannya tidak seperti itu.

Saat Si Kecil tidur, yang terbayang adalah banyaknya baju kotor yang minta dicuci, tumpukan piring yang belum tersentuh, dan berbagai tugas rumah lain yang harus diselesaikan.

Merasa stress Moms? Tentu saja. Apalagi jika malam sebelumnya Si Kecil minta ditemani begadang.

Jangan sedih, kami memiliki beberapa tips simpel yang bisa membuat stress tersingkir dan terus melanjutkan hari bersama Si Kecil dengan senyuman.

Mari kita mulai melihat daftar aktivitas menyenangkan untuk Anda Moms.

1 . Mandi dengan Santai

Sstt.. Ini 5 Ide Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Ibu Lakukan Saat Anak Tidur 01.jpg

Memiliki anak yang belum memiliki rutinitas tidur yang pasti, salah satu hal yang tidak lagi menjadi prioritas adalah mandi.

Jika biasanya Anda melakukannya dua kali sehari, kali ini jika mampu sehari satu kali saja sudah merupakan sebuah anugerah.

Jika Moms melihat tidur Si Kecil begitu lelap, inilah kesempatan Anda untuk mandi tanpa diiringi rengekan. Menurut Kelly Winder, seorang penulis parenting dari Amerika Serikat, gunakanlah saat anak tidur semaksimal mungkin untuk melakukan ritual mandi yang biasanya terlewatkan.

Baca Juga: 4 Rahasia Tidur Nyenyak Saat Perjalanan Jauh

2. Makan Tanpa Interupsi

Sstt.. Ini 5 Ide Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Ibu Lakukan Saat Anak Tidur 02.jpg

Sangat sulit untuk makan dengan baik saat bayi terus berada di pangkuan Anda sepanjang waktu. Entah itu karena sedang mengalami growth spurt atau memang sedang menginginkan ketenangan dengan rangkulan ibunya.

Setelah itu berakhir, anak biasanya tidur dengan tenang dan Anda bisa melanjutkan makan dengan lahap. Nikmati waktu makan Anda dan makan makanan bergizi saat anak tidur karena Anda tidak tahu kapan Si Kecil akan terus menyusu kepada Anda. Isi amunisi perut dengan baik.

Baca Juga: Anak Sering Mengigau saat Tidur, Apa Penyebabnya?

3. Siapkan Makan Malam

Sstt.. Ini 5 Ide Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Ibu Lakukan Saat Anak Tidur 03.jpg

Jika Anda termasuk ibu yang hobi memasak, praktis setelah memiliki anak hobi tersebut akan mulai tersingkirkan. Mulai dari skip menyiapkan sarapan untuk Dads karena masih memandikan Si Kecil, hingga kehilangan waktu memasak siang karena mencuci baju dan memutuskan untuk membeli makanan secara online.

Nah, mempersiapkan makan malam sepertinya pilihan yang paling memungkinkan. Saat anak tidur, kembalilah ke perlengkapan memasak Anda. Cobalah beberapa resep praktis atau masakan kesukaan Dads dan sambutlah dia dengan masakan buatan Anda.

4. Scrolling Media Sosial

Sstt.. Ini 5 Ide Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Ibu Lakukan Saat Anak Tidur 04.jpg

Simpan gadget Anda tetap berada dalam jangkauan. Saat anak tidur, Anda bisa langsung berselancar di dunia maya. Hanya sekadar posting di akun media sosial pribadi Anda tentang Si Kecil, mencari tahu berita hari ini, atau bergosip ria bersama teman-teman akan menekan rasa stress Anda.

Tapi ingat, jangan sampai Anda tertawa terlalu keras. Ingat, ada Si Kecil yang bisa tiba-tiba bangun dan membuat Anda harus melepaskan kembali kesenangan kecil Anda dengan gadget.

Baca Juga: Para Istri, Jangan Lakukan 4 Hal Ini di Tempat Tidur!

5. Hanya ‘Tidak Melakukan Apa-Apa’

Sstt.. Ini 5 Ide Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Ibu Lakukan Saat Anak Tidur 05.jpg

Hanya duduk di sofa, menatap kosong ke kejauhan adalah sesuatu yang sering dilakukan para ibu. Tentu, pada dasarnya itu adalah persilangan antara menunggu Si Kecil dan bingung memutuskan apa yang harus dilakukan setelahnya.

Kristi Tahr, seorang penulis parenting dari Amerika Serikat, berkata bahwa sebenarnya tanpa Moms sadari, itu adalah meditasi kecil dan relaksasi dengan mengosongkan pikiran sementara, tidak memikirkan apa-apa, dan hanya duduk dengan rileks.

Mencoba tetap ‘waras’ saat beradaptasi dengan kondisi sebagai ibu baru itu menyenangkan ya Moms?

Selain tertantang karena banyak sekali agenda setiap hari yang harus dilakukan demi menjaga Si Kecil tetap nyaman, namun Anda juga ditemani malaikat kecil yang senyumannya mampu menghilangkan kelelahan seketika. Nikmati waktumu Moms.

(FAR)

Artikel Terkait