PROGRAM HAMIL
10 Juli 2020

5 Syarat Pasangan Suami Istri ikut Program Bayi Tabung, Sudah Tahu?

Ada usia aman dengan keberhasilan IVF tinggi sebelum memutuskan program bayi tabung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Begita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Proses bayi tabung dengan fertilisasi in vitro (IVF), adalah penyatuan sel telur wanita dan sperma pria di laboratorium.

Biasanya, sel telur dan sperma dibuahi di dalam tubuh wanita. Jika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim dan terus tumbuh, bayi dilahirkan sekitar 9 bulan kemudian. Proses ini disebut konsepsi alami atau tanpa bantuan.

IVF adalah bentuk teknologi reproduksi terbantu (ART). Ini berarti teknik medis khusus digunakan untuk membantu wanita hamil.

Sebelum Moms dan Dads memutuskan menempuh program ini, pertimbangkan dulu apa saja syarat bayi tabung bagi pasangan yang akan menjalaninya.

Hasil penelitian American Society for Reproductive Medicine (ASRM) pada 2017, ada lima langkah dasar untuk IVF. Antara lain super ovulasi, pengambilan telur, inseminasi dan pemupukan, perkembangan embrio, dan transfer embrio.

Baca Juga: 4 Seleb yang Sukses Hamil dengan Bayi Tabung Sepanjang 2019-2020

Syarat Program Bayi Tabung

Lantas, seperti apa syarat program bayi tabung itu? Berikut ulasannya.

1. Syarat Calon Orang Tua Bayi Tabung

Syarat Pasangan Suami Istri untuk Program Bayi Tabung

Foto: Orami Photo Stock

IVF sangat ideal untuk wanita yang belum bisa hamil melalui hubungan seks tanpa kontrasepsi. IVF dapat menjadi pilihan jika salah satu pasangan telah menerima diagnosis infertilitas yang tidak dapat dijelaskan.

Meski umumnya fasilitas kesehatan melayani program bayi tabung bagi semua kalangan usia, namun, pada 2010, Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) memperkirakan bahwa kemungkinan keberhasilan IVF tergantung usia perempuan yang menjalani program bayi tabung.

Tingkat keberhasilannya, lebih tingi bagi wanita berusia di bawah 35 tahun, dan paling berisiko gagal bagi wanita berusia di atas 44 tahun.

2. Biaya

Syarat Pasangan Suami Istri untuk Program Bayi Tabung

Foto: Orami Photo Stock

Syarat bayi tabung yang tidak bisa dihindarkan ialah biaya menjalani perawatan IVF. Biayanya bervariasi, tetapi di Inggris, pada 1 siklus perawatan dapat menelan biaya hingga GBP 5.000 atau lebih. Jumlah itu setara dengan Rp88 jutaan sekali menjalani program bayi tabung.

3. Kadar Vitamin D

Syarat Pasangan Suami Istri untuk Program Bayi Tabung

Foto: Orami Photo Stock

Satu studi, yang diterbitkan di CMAJ Open pada 2013, telah menyarankan bahwa wanita yang memiliki kadar vitamin D yang cukup "secara signifikan lebih mungkin" menjadi hamil dengan IVF. Dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar vitamin ini lebih rendah.

Namun tidak dijelaskan apakah mengonsumsi suplemen vitamin D dapat memengaruhi peluang Anda untuk hamil, baik secara alami maupun dengan IVF.

Baca Juga: 5 Alternatif Promil Selain Bayi Tabung IVF, Moms Wajib Tahu!

4. Suami Mandul Tetap Bisa IVF

Syarat Pasangan Suami Istri untuk Program Bayi Tabung

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum menjalani IVF, baik suami maupun istri akan menjalani pemeriksaan darah. Khusus suami, akan diperiksa spermanya, untuk mengetahui kualitas dan kemungkinan penyakit yang ada di dalamnya.

Namun tidak perlu berkecil hati, jika suami mandul, atau diketahui menghasilkan nol sperma pada air mani, karena asalkan sehat, tetap bisa memenuhi program ini.

5. Kondisi Rahim Istri

Syarat Pasangan Suami Istri untuk Program Bayi Tabung

Foto: Orami Photo Stock

Kondisi rahim calon Moms sangat mempengaruhi keberhasilan program bayi tabung dengan IVF. Oleh karenanya, perlu diketahui lebih dulu, apakah rumah calon bayi ini memiliki penyakit yang perlu ditangani atau tidak.

Pemeriksaan lain yang biasanya dijalani sebelum bayi tabung, ialah tiroid, darah, dan keseimbangan hormon calon Moms.

Keuntungan menjalani IVF, Moms juga dapat mendeteksi dan mencegah potensi cacatnya janin yang akan dilahirkan, dengan mengatasi kondisi-kondisi yang ditemukan dalam pemeriksaan tadi.

Baca Juga: 5 Cara Memaksimalkan Program Bayi Tabung

Lebih jelasnya, Moms dan Dads akan memperoleh arahan dari fasilitas kesehatan masing-masing, dalam kesiapan menjalani IVF.

Saran-saran yang umum diberikan sebagai syarat bayi tabung ialah calon orang tua harus berhenti merokok, meningkatkan asupan nutrisi seimbang untuk persiapan kehamilan, dan istirahat teratur.

Pasangan suami istri juga diminta tidak minum alkohol dan olahraga teratur.

Nah, itulah beberapa syarat dan saran bagi Moms dan Dads yang tertarik mengikuti program bayi tabung. Harus dipersiapakn sebaik mungkin ya!

Artikel Terkait