KESEHATAN
9 Juli 2019

Tak Disadari Ini, Ini 7 Bahaya Begadang yang Mengintai Tubuh

Sekarang, jangan dibiasakan untuk begadang ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika tubuh sudah lelah dengan segudang aktivitas di pagi hari, kadang kita masih saja suka kesulitan untuk tidur lebih awal. Bahkan, tak jarang juga sudah terbiasa untuk begadang.

Bukan hanya untuk mengerjakan pekerjaan yang menumpuk, sering kali begadang sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan.

Namun, pernahkah kita bertanya kepada diri sendiri apakah bahaya begadang bagi tubuh dan kesehatan? Konon, bahaya begadang cukup signifikan pada kesehatan lho Moms. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Info Buat yang Hobi Begadang, Ini Manfaat Tidur Cukup dan Berkualitas

1. Menurunkan Imun

study-finds-that-staying-up-late-is-bad-for-your-diet_8qs4.jpg

Foto: Askmen.com

Bahaya begadang yang pertama adalah menurunkan imun. Eric J. Olson, M.D, dokter ahli paru yang banyak menangani masalah tidur, mengatakan bahwa kurang tidur bisa berdampak pada sistem imun. Penelitian-penelitian menemukan bahwa orang yang tidak mendapatkan tidur cukup atau berkualitas lebih mudah sakit karena terpapar virus, salah satunya virus flu.

"Kurang tidur juga bisa berdampak pada kecepatan sembuh dari sakit. Tubuh butuh tidur untuk melawan penyakit infeksi," jelas dr Olson seperti dikutip dari Maypclinic.org.

2. Gula Darah Tinggi

1 - 6 Bahaya Begadang untuk Tubuh.jpg

Foto: rd.com

Bahaya begadang yang selanjutnya adalah meningkatkan gula darah. Sebuah studi tahun 2015 menemukan masalah kesehatan seperti gula darah tinggi yang dikaitkan dengan orang-orang yang senang begadang.

Hiperglikemia atau gula darah yang sangat tinggi sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan lainnya, mulai dari masalah sementara seperti kelelahan dan sakit kepala hingga kondisi yang lebih serius seperti penyakit kardiovaskular dan kerusakan ginjal.

3. Risiko Terkena Penyakit Jantung

2 - 6 Bahaya Begadang untuk Tubuh.jpg

Foto: theguiltycode.com

Bahaya begadang yang selanjutnya adalah risiko penyakit jantung. Walaupun kita sudah mencoba tidur teratur, namun masih begadang hanya untuk satu hari, tetap bisa menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh.

Para peneliti menemukan bahwa setiap jadwal jam tidur kita berubah, risiko terkena penyakit jantung meningkat 11 persen.

Baca Juga: Harus Begadang nanti Malam? Ini Makanan yang Bikin Melek

4. Memori Terganggu

3 - 6 Bahaya Begadang untuk Tubuh.jpg

Foto: goodencenter.org

Bahaya begadang yang selanjutnya adalah memori terganggu. Tak hanya untuk anak-anak yang masih bersekolah, tetapi begadang juga dapat memperburuk memori kita.

Laporan tahun 2016 dari Texas A&M menunjukkan bahwa begadang untuk belajar, yang sering kali menyebabkan kurang tidur, tidak membantu memori jangka panjang dan justru berdampak negatif pada kinerja otak kita.

5. Depresi

4 - 6 Bahaya Begadang untuk Tubuh.jpg

Foto: rd.com

Bahaya begadang yang selanjutnya adalah depresi. Dalam sebuah studi pada 2017 yg diterbitkan pada Journal of Biological Rhythms, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang gemar begadang lebih cenderung menekan perasaan mereka sehingga bisa menyebabkan depresi daripada mereka yang senang bangun pagi.

6. Terkena Penyakit Darah Tinggi

5 - 6 Bahaya Begadang untuk Tubuh.jpg

Foto: rd.com

Bahaya begadang yang selanjutnya adalah darah tinggi. Dalam sebuah studi 2013 di jurnal Chronobiology International, para peneliti menemukan bahwa "tipe malam", yakni orang yang senang begadang, 30 persen lebih mungkin memiliki tekanan darah tinggi daripada orang yang senang bangun pagi.

7. Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

6 - 6 Bahaya Begadang untuk Tubuh.jpg

Foto: alzheimersnewstoday.com

Bahaya begadang yang selanjutnya adalah diabetes tipe 2. Dalam satu penelitian pada 2015, yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, pria yang senang begadang akan cenderung diabetes atau sarkopenia (suatu kondisi di mana tubuh kehilangan massa otot).

Sedangkan, perempuan yang gemar begadang akan memiliki lebih banyak lemak di perut dan risiko lebih besar mengalami sindrom metabolik yang meningkatkan risiko seseorang untuk jantung penyakit dan diabetes.

Baca Juga: Anak Hobi Begadang? Ini Cara Menghentikannya

Nah, itulah bahaya begadang bagi kesehatan yang perlu Moms ketahui. Mulai sekarang, sebaiknya pikir ulang jika hendak begadang ya Moms.

(SA)

Artikel Terkait