RUPA-RUPA
6 Oktober 2019

Tak Hanya Milenial, Yuk Kenalan dengan 5 Generasi yang Ada Saat Ini

Generasi-generasi ini ditentukan berdasarkan tahun kelahiran
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan nama generasi millenial. Generasi ini memang banyak dibicarakan oleh publik beberapa tahun terakhir ini. Namun sebenarnya tidak hanya generasi millenial yang ada di tengah-tengah masyarakat, ada beberapa klasifikasi generasi lainnya.

Ada yang namanya generasi baby boomer. Generasi ini adalah satu-satunya generasi yang secara resmi dinama langsung oleh Biro Sensus AS.

Baca Juga: Generasi Millenial Tidak Mau Punya Anak, Mengapa?

Namun ada klasifikasi kelompok generasi lain yang ditentukan berdasarkan rentang tahun kelahiran. Hal ini dilakukan untuk lebih memahami bagaimana pengalaman seseorang dipengaruhi oleh perubahan teknologi, sehingga membentuk cara melihat dan berinteraksi dengan dunia yang berbeda.

Selain millenial, apa saja generasi-generasinya yang harus kita tahu?

Baby Boomers

macam-macam generasi

Foto: independent.co.uk

Jauh sebelum kita mendengar tentang generasi millenial, ada generasi baby boomers. Generasi ini lahir di bawah tahun 1960. Terlahir pada masa-masa di mana berbagai perang telah berakhir sehingga perlu penataan ulang kehidupan dan mungkin masi memegang prinsip banyak anak, banyak rejeki.

Bisa dibilang mungkin di tahun 2019 ini, generasi baby boomers sudah seumuran orang tua kita, atau bahkan sudah menjadi seorang nenek.

Jadi generasi baby boomers ini sebagian besar masih kolot, dan memiliki banyak pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan.

Generation X

macam-macam generasi

Foto: generationy.com

Atau sering disingkat dengan Gen X. Generasi ini lahir di tahun 1965 - 1979 dan ditahun 2019 ini, para generasi ini sudah menginjak usia 40-57 tahun.

Mengutip dari Kasasa.com, dinamakan Gen X, karena generasi ini tidak memiliki identitas budaya yang mencolok, seperti Generasi Baby Boomers misalnya yang lahir setelah perang berakhir.

Baca Juga: Membesarkan Anak Generasi Alpha, Ini 5 Hal yang Wajib Dipahami Orang Tua

Fakta inilah yang akhirnya membawa sebutan Gen X, yang menggambarkan ilustrasi karakteristik yang tidak diketahui, agar diketahui.

Generation Y

macam-macam generasi

Foto: massolutions.biz

Dari Gen X lah, akhirnya secara alami, generasi berikutnya dinamakan Gen Y, yaitu generasi yang lahir di antara tahun 1980 - 1994. Di era ini, komputer, video, gadget, dan games mulai menjamur. Jadi kecanggihan teknologi sudah mulai menampakkan dirinya.

Bagi mereka yang di tahun 2019 ini berusia 20-30 tahun, bisa dipastikan masuk dalam kategori Gen Y.

Generasi Z

macam-macam generasi

Foto: ticketsolve.com

Generasi Z biasa dikenal juga dengan nama Generasi Millenial. Generasi ini lahir di antara tahun 1995 - 2019. Generasi satu ini memiliki karakteristik pengguna berat handphone.

Banyak dari mereka yang tumbuh bermain dengan ponsel atau tablet orang tua mereka. Anak-anak ini tumbuh di dunia yang sangat terhubung dengan teknologi sebagai salah satu metode komunikasi pilihan mereka. Rata-rata generasi ini menghabiskan 3 jam sehari di perangkat seluler mereka.

Baca Juga: 3 Pasangan Ibu-Anak Tiga Generasi Seleb Indonesia

Generasi Alpha

macam-macam generasi

Foto: fluxtrends.com

Generasi yang terakhir adalah generasi Alpha. Generasi ini dikenal juga sebagai "anak-anak milenium. Sebagian besar merupakan generasi pertama yang lahir semuanya di abad ke-21.

Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh Mark McCrindle, seorang peneliti dan konsultan generasi di Australia, pada tahun 2005.

Itu dia beberapa generasi yang ada di tengah masyarakat. Moms termasuk yang mana nih?

Artikel Terkait