KEHAMILAN
14 Juli 2020

Tambal Gigi saat Hamil, Amankah?

Paling aman dilakukan di trimester kedua kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sebagai calon ibu, Moms tentu sudah punya jadwal rutin untuk kontrol kedokter kandungan. Moms juga mungkin sudah meluangkan waktu untuk membeli berbagai perlengkapan bayi. Tapi, bagaimana dengan ke dokter gigi?

Moms mungkin tidak terlalu peduli dengan urusan satu ini. Padahal, tahukah Moms, kesehatan gigi juga bisa berpengaruh pada janin lho? Jadi, ada baiknya, Moms tidak lupa mengunjungi dokter gigi sebelum kedatangan Si Kecil, terutama bila mengalami masalah gigi berlubang.

Baca Juga:Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Ibu Hamil

Dilansir dari Americanpregnancy, perawatan gigi selama kehamilan aman dilakukan serta dianjurkan. Peningkatan kadar hormon selama kehamilan memudahkan masalah pada gigi Moms. Hal ini pun dapat menghindari peningkatan kelahiran prematur.

Menurut American Dental Association, ibu hamil aman untuk melakukan tambal gigi.Bahkan, mereka pun mendorong semua ibu hamil melakukan perawatan gigi.

”Ini adalah periode waktu yang penting dalam kehidupan seorang wanita dan menjaga kesehatan mulut secara langsung terkait dengan kesehatan keseluruhan yang baik,” kata dokter gigi Aharon Hagai, D.M.D.

Tambal Gigi saat Hamil Trimester Kedua

trimester kedua 02

Penambalan gigi berlubang harus dilakukan untuk mengurangi kemungkinan infeksi. Jika hendak melakukan tambal gigi saat hamil, maka trimester kedua sangat ideal.

Karena, bila Moms mencapai trimester ketiga maka akan sangat kesulitan berbaring terlentang untuk waktu yang lama.

American Congress of Obstetricians dan Gynecologists mengungkapkan untuk sementara tindakan paling aman adalah dengan menunda semua perawatan gigi yang tidak perlu sampai setelah melahirkan seperti pemutihan gigi atau prosedur kosmetik lainnya.

Rontgen Gigi Aman saat Hamil

Rontgen gigi

Jika perawatan gigi, termasuk tambal gigi saat hamil membutuhkan prosedur rontgen, Moms juga tidak perlu khawatir. Meskipun radiasi dari sinar-X gigi sangat rendah, dokter gigi atau ahli kesehatan gigi akan melindungi Anda dengan celemek yang meminimalkan paparan ke perut.

Dokter gigi pun akan menutupi tenggorokan dengan kerah bertimbal untuk melindungi tiroid Moms dari radiasi.

Baca Juga:Obat Alami untuk Sakit Gigi pada Ibu Hamil

Anestesi Lokal saat Hamil

anestesi3.jpg

Jika Moms membutuhkan tambal gigi saat hamil, satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan adalah anestesi lokal yang digunakan oleh dokter gigi Anda selama prosedur. Nyatanya, mereka aman untuk Moms dan Si Kecil dalam kandungan.

Sebuah studi dalam Journal of Dental Anesthesia and Pain Medicine mengikuti sekelompok ibu hamil yang memiliki prosedur yang menggunakan anestesi seperti suntikan lidocaine dan kelompok yang tidak.

Studi menunjukkan bahwa perawatan ini aman selama kehamilan, karena mereka tidak menyebabkan perbedaan dalam tingkat keguguran, cacat lahir, prematuritas,atau berat bayi.

Baca Juga:Ibu Hamil Lakukan Tambal Gigi, Adakah Pengaruhnya ke Janin?

Selain itu, kita semua tahu bahwa perawatan gigi dilakukan saat dibutuhkan, bukan saat diinginkan.

Jika memiliki keadaan darurat dan perlu mengunjungi dokter gigi, Moms mungkin harus bersiap-siap agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam perawatan gigi ibu hamil terutama soal tambal gigi.

Artikel Terkait