BALITA DAN ANAK
5 Agustus 2019

Ternyata Liburan Bersama Keluarga Tingkatkan Level Bahagia Anak

Banyak Manfaat Saat Moms Berlibur Bersama Seluruh Anggota Keluarga
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Kemarin selama liburan panjang, Moms sudah mengajak anak ke mana saja?

Jika biasanya hanya menghabiskan waktu keluarga selama weekend di mall, ada baiknya liburan kali ini mengajak anak ke tempat yang berbeda.

Hal tersebut akan menjadi sesuatu yang berharga bagi Si Kecil. Menurut para ahli, orang tua lebih baik menghabiskan uang untuk liburan daripada membelanjakannya untuk mainan, yang anak-anak cepat bosan memainkannya satu atau dua minggu kemudian.

"Liburan keluarga dihargai oleh anak-anak, baik saat ini maupun untuk waktu yang lama sesudahnya dalam ingatan mereka," ujar psikolog dan penulis laris Oliver James, seperti dikutip The Telegraph.

Cukup dengan berbicara bersama selama perjalan, menghabiskan waktu bersama, berbagi es krim dan ada saat-saat di mana minat Si Kecil mendapat perhatian yang penuh.

”Jadi, jika kamu akan menghabiskan uang untuk sesuatu, cukup jelas pilihan mana yang lebih masuk akal, tambah dia.

Baca Juga: Ini 4 Cara Menyiapkan Dana Liburan Keluarga

Ada Hubungan Antara Liburan dan IQ?

Liburan Bersama Keluarga Tingkatkan Level Bahagia Si Kecil -1.jpg

Foto: Morukuru.com

Pengalaman liburan bersama akan menghidupkan ekspresi genetik otak utama di lobus frontal.

Dr Sunderland seorang psikolog menjelaskan, liburan bersama keluarga akan meningkatkan fungsi eksekutif seperti pengaturan stres, perhatian, konsentrasi, perencanaan yang baik, kemampuan untuk belajar, dan juga meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

"Jadi, habiskan waktu menjelajahi ruang baru bersama dan kamu membuat anakmu lebih pintar,” tambah dia.

Menurut penelitian 2015 yang dilakukan oleh Family Holiday Association di Inggris, sebagaimana dikutip dari parents.com, ingatan terindah dari 49 persen responden adalah saat liburan bersama keluarga.

Baca Juga: 6 Museum Seru di Dunia Ini Cocok Untuk Destinasi Liburan Anak

Sepertiga responden mengatakan mereka masih dapat dengan jelas mengingat liburan keluarga masa kecil mereka, dan seperempat dari mereka menggunakan kenangan tersebut untuk melewati masa-masa sulit.

Merefleksikan kenangan terindah tentang waktu yang menyenangkan yang dihabiskan bersama keluarga, bisa sangat kuat dalam membawa kelegaan ketika dihadapkan pada masa-masa kelam kehidupan.

John McDonald, direktur Family Holiday Association, mengatakan bahwa ingatan tersebut dapat diibaratkan sebagai jangkar.

“Jangkar itu akan membawa kita kembali ke saat-saat yang lebih ceria, meski mendapat masalah, kita akan tetap tenang melaluinya,” ujar dia seperti dilansir dari HuffingPost.

Liburan keluarga menjadi semakin penting jika Anda membandingkannya dengan apa yang terjadi di rumah. Begitu banyak keluarga memiliki kehidupan yang penuh tekanan.

Baca Juga: Intip Keseruan Liburan Keluarga Darius Sinathrya dan Donna Agnesia ke NTT!

Mengembangkan Otak

Liburan Bersama Keluarga Tingkatkan Level Bahagia Si Kecil -2.jpg

Foto: Buffallotrip.com

Liburan bersama keluarga juga dapat memajukan perkembangan otak pada anak-anak.

Ini karena saat liburan, Anda menggunakan dua sistem yang tertanam secara genetik jauh di dalam area limbik otak, yang tidak dapat dieksekusi di rumah. Sistem tersebut adalah Playing and Seeking (Panksepp 2016).

Sistem Play pada otak dijalankan setiap kali Moms mengubur kaki Si Kecil di pasir, menggelitiknya di kursi panjang kolam renang, atau membawanya untuk berjalan-jalan di pantai.

Sistem Seek otak dilakukan setiap kali Anda menjelajahi bersama: hutan, pantai, atau sesuatu yang tersembunyi di desa.

Sistem otak ini ditemukan oleh Profesor Jaak Panksepp, seorang ilmuwan saraf terkemuka dunia di Washington State University.

Setelah sistem ini aktif, mereka memicu neurokimiawi kebahagiaan, termasuk opioid, oksitosin, dan dopamin. "Mereka adalah hadiah alam untuk kita," ujarnya.

Yang menakjubkan adalah bahwa sistem ini seperti otot: semakin Anda menggunakannya, semakin mereka menjadi bagian dari kepribadian Moms.

Jadi ketika Moms membawa anak berlibur, Anda mendukung dorongan eksploratif mereka (sistem Seeking) sumber daya vital untuk menjalani kehidupan dengan baik, dan kapasitas mereka untuk bermain (sistem Playing).

Jadi, habiskan waktu menjelajahi bersama di ruang baru saat liburan bersama keluarga. Ambil tas dan kamera, dan bersiaplah untuk perjalanan yang menyenangkan.

(FAR)

Artikel Terkait