KESEHATAN
10 Januari 2020

5 Makanan untuk Obat Kolesterol, Tidak Disangka!

Oatmeal, pilihan sarapan terbaik bagi penderita kolesterol
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Kolesterol adalah zat lilin yang bisa ditemukan dalam darah. Tubuh tentu saja membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya, endapan ini tumbuh sehingga menyulitkan darah mengalir ke arteri. Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Selain itu, para peneliti di Universitas Indonesia juga mengatakan bahwa memiliki sejarah kolesterol tinggi bisa membuat orang lanjut usia memiliki risiko demensia.

Penelitian kesehatan dilakukan pada 106 orang yang berusia hingga 60-an di Jakarta untuk menentukan apa yang paling mungkin mempengaruhi risiko demensia mereka. Penelitian dilakukan dengan mempertimbangkan tingkat pendidikan, sejarah diabetes, kolesterol, kegiatan sosial, latihan fisik, merokok, berat badan, dan depresi.

“Berdasarkan penelitian ini, sejarah kolesterol tinggi adalah faktor yang paling berpengaruh untuk kejadian demensia pada populasi lansia,” tulis Dr. Junaiti Sihar, dkk, dalam jurnal ilmiahnya seperti dikutip dari dailymail.co.uk.

Makanan untuk Obat Kolesterol

Diet dapat memainkan peran penting dalam menurunkan kolesterol. Berikut adalah 5 makanan yang bisa menjadi obat kolesterol serta bisa melindungi jantung.

1. Oatmeal dan Makanan Berserat Tinggi

oatmeal- obat kolesterol.jpg

Foto: platingsandpairings.com

Makanan untuk obat kolesterol yang pertama adalah oatmeal dan makanan berserat tinggi. Oatmeal merupakan obat kolesterol terbaik karena mengandung serat larut air yang bisa mengurangi kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL). Serat larut air juga ditemukan dalam makanan seperti kacang merah, kecambah, apel dan pir.

Serat larut air dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Lima hingga sepuluh gram atau lebih serat larut sehari dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Sarapan satu porsi sereal dengan oatmeal atau oat bran menyediakan 3 hingga 4 gram serat. Jika Moms ingin menambahkan buah, seperti pisang atau beri, tentu saja serat yang dihasilkan akan menjadi lebih banyak.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Saat Kehamilan

2. Ikan dan Asam Lemak Omega-3

ikan - omega 3.jpg

Foto: healthline.com

Makanan untuk obat kolesterol yang selanjutnya adalah ikan dan asam lemak omega-3. Ikan berlemak dikatakan dapat menjadi obat kolesterol karena memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi dan dapat mengurangi trigliserida atau sejenis lemak yang ditemukan dalam darah. Tidak hanya itu, ikan berlemak juga dapat mengurangi tekanan darah dan risiko pembekuan darah.

Pada pasien yang sudah mengalami serangan jantung, asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko kematian mendadak.

Dikutip dari Mayoclinic.org, lemak omega-3 tidak mempengaruhi kadar kolesterol jahat (LDL). Tetapi karena terdapat manfaat lainnya dari asam lemak omega-3 untuk jantung, American Heart Association merekomendasikan untuk makan setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu.

Kandungan asam lemak omega-3 paling tinggi ada pada ikan kembung, ikan haring, tuna, salmon, dan ikan forel. Masak ikan dengan cara memanggang dikatakan dapat menghindari penambahan lemak yang tidak sehat.

Selain itu makanan seperti kacang kenari, biji rami dan minyak canola juga memiliki sejumlah kecil asam lemak omega-3. Bahkan, saat ini sudah tersedia suplemen 0mega-3 dan minyak ikan. Tetapi harus diingat bahwa apapun suplemen yang ingin digunakan, selalu diskusikan dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Kolesterol Baik, Alasan Kenapa Kita Tak Perlu Selalu Takut akan Kolesterol

3. Kacang Almond dan Kacang Lainnya

Almond Crispy Cheese.jpg

Foto: atkins.com

Makanan untuk obat kolesterol yang selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kacang almond dan kacang pohon lainnya dapat menjadi salah satu makanan untuk obat kolesterol. Dijelaskan bahwa mengkonsumsi kacang almond dalam kurun waktu kurang lebih sekitar 3 bulan mampu menurunkan kolesterol hingga 10 persen.

4. Avokad

avocado.jpg

Foto: foodrevolution.org

Makanan untuk obat kolesterol yang selanjutnya adalah avokad. Avokad merupakan sumber nutrisi yang kuat serta asam lemak tak jenuh tunggal atau dikenal monounsaturated fatty acids (MUFAs). Penelitian menunjukkan bahwa orang yang diet untuk jantung sehat dapat mengkonsumsi alpukat setiap hari agar dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Ellen Slotkin, RD, LDN, Ahli Diet terdaftar yang berspesialisasi dalam nutrisi jantung sehat, manajemen berat badan, dan nutrisi kehamilan, mengungkapkan bahwa dalam sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, makan satu avokad setiap hari sambil menjalani diet rendah lemak, akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) 13,5 mg/dL.

"Mengkonsumsi alpukat sebagai obat kolesterol setiap hari juga membantu menurunkan kadar kolesterol lainnya seperti trigliserida, LDL padat kecil, kolesterol non-HDL, dan lainnya," katanya seperti dilansir dari verywellhealth.com.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari

5. Minyak Zaitun

minyak zaitun.jpeg

Foto: medicalnewstoday.com

Makanan untuk obat kolesterol yang selanjutnya adalah minyak zaitun. Jika berbicara tentang makanan yang bisa menjadi obat kolesterol, tentu saja semua sudah tahu kehebatan dari minyak zaitun.

Dipercaya sebagai pengganti lemak lain, minyak zaitun mengandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, dengan tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Jika ingin mencoba menurunkan kolesterol dengan minyak zaitun, maka Moms bisa menggunakannya untuk menumis sayuran, menambahkannya ke dalam bumbu atau mencampurkannya dengan cuka sebagai saus salad. Moms juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega saat mengolesi daging atau memakan roti.

Itulah beberapa makanan yang bisa jadi obat kolesterol ampuh. Selamat mencoba!

(RIE/ERN)

Artikel Terkait