PROGRAM HAMIL
7 Maret 2020

Ini Tips Cepat Hamil untuk Penderita PCOS, Catat!

Moms bisa cepat hamil jika mengikuti tips berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Polycystic ovarian syndrome (PCOS) adalah salah satu penyebab paling umum dari infertilitas wanita, yang mempengaruhi sekitar 5 juta wanita.

Tetapi Moms tetap bisa hamil meskipun menderita PCOS. Ada sejumlah perawatan kesuburan efektif yang tersedia, dari Clomid hingga gonadotropin hingga program IVF.

Baca Juga: Adakah Risiko Komplikasi pada Program IVF?

Sebagian besar wanita dapat hamil dengan melakukan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat kesuburan.

Jika melakukan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat kesuburan tidak terlalu mempan, penderita PCOS membutuhkan program IVF, sebagian besar wanita akan hamil menggunakan perawatan kesuburan.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa diikuti oleh mereka yang menderita PCOS agar bisa cepat hamil.

Tips Capat Hamil untuk Penderita PCOS

tips cepat hamil

Foto: Orami Photo Stock

“Untuk memastikan diagnosis PCOS lakukan pemeriksaan infertilitas dasar, seperti analisis sperma, HSG, USG transvaginal, serta pemeriksaan hormonal melalui tes darah,” jelas dr. Yassin Yanuar Mohammad, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Pondok Indah.

Baca Juga: Benarkah Kontrasepsi Hormonal Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?

Berdasarkan jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, agar penderita PCOS bisa cepat hamil, pengobatan awal, seperti perubahan gaya hidup (penurunan berat badan), terapi asam folat untuk mencegah risiko cacat tabung saraf janin dan menghentikan konsumsi tembakau dan alkohol juga perlu dilakukan.

Salah satu alasan utama wanita dengan PCOS tidak bisa hamil adalah mereka tidak berovulasi, atau mereka tidak berovulasi secara teratur. Wanita dengan PCOS yang kelebihan berat badan lebih cenderung mengalami anovulasi yang lebih parah.

Setelah berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan hasil diagnosis ada beberapa metode penanganan yang dapat dilakukan agar bisa cepat hamil, yakni:

Baca Juga: 6 Tips Agar Wanita Gemuk Cepat Hamil, Yuk Coba!

  • Perbaikan gangguan metabolisme gula darah dan insulin, dapat dilakukan dengan melakukan diet khusus, olahraga, atau pemberian obat diabetes
  • Pemberian obat-obatan pemicu ovulasi (pematangan telur), dapat berupa obat minum atau obat suntik
  • Bedah minimal invasive laparoskopi untuk memperbaiki fungsi ovulasi (bila diperlukan)
  • Meningkatkan peluang pembuahan dengan hubungan seksual terjadwal atau inseminasi intrauterine
  • Tindakan bayi tabung dapat menjadi salah satu opsi penanganan

Itulah beberapa tips cepat hamil untuk penderita PCOS. Berdasarkan poin-poin di atas, sebagai pasangan suami istri harus meneguhkan niat dan komitmen untuk menjalani semua pemeriksaan dan prosesnya agar bisa cepat hamil.

Tanamkan selalu pemikiran positif, optimis, pasrah, dan berdoa.

Artikel Terkait