BALITA DAN ANAK
9 Desember 2019

5 Tips Mengatasi Biang Keringat pada Balita

Moms, terapkan beberapa cara mengatasi biang keringat pada balita berikut ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Cuaca yang lembap dan panas merupakan salah satu penyebab biang keringat yang bisa dialami balita. Menurut Dr. Jody A. Levine, selaku Direktur Dermatologi di Plastic Surgery & Dermatology of NYC, New York, Amerika Serikat, biang keringat atau bisa juga disebut dengan miliaria terjadi karena adanya penyumbatan kelenjar keringat pada pori kulit sehingga keringat tidak keluar.

Baca Juga: Tak Hanya Karena Biang Keringat, Kenali Penyebab Gatal Di Kulit Dan Cara Menanganinya

Biasanya biang keringat sering muncul pada bagian wajah, lipatan kulit leher, kaki, selangkangan, tangan, dan ketiak. Dilansir dari www.nhs.uk, biang keringat tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu, tetapi hal ini bisa membuat Si Kecil terus merasa tidak nyaman.

Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi biang keringat pada balita.

Hindari Panas

roqmjh8jqh1xk7skhc0v (2).jpeg

Foto: sheknows.com

Anak bayi dan balita ternyata cenderung memiliki suhu tubuh yang lebih hangat dibandingkan orang dewasa. Oleh karena itu, apabila udara di luar sedang terik, panas, dan sangat lembap, sebaiknya Si Kecil tidak usah berlama-lama melakukan aktivitas outdoor.

Dilansir dari healthline.com, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan agar anak-anak mendapatkan 60 menit aktivitas yang cukup intens setiap harinya jika memungkinkan. Jadi, kalau cuaca sangat panas, pastikan saja Si Kecil sudah melakukan aktivtas outdoor yang cukup, atau cari waktu lain yang tidak terlalu panas.

Baca Juga: Tak Disangka, Ini 5 Keuntungan Jika Anak Sering Bermain di Luar Rumah

Pilih Pakaian yang Tepat

boy-girl-with-inline-skates_23-2148267955.jpg

Foto: freepik.com

Cara mengatasi biang keringat pada balita berikutnya adalah dengan memilih pakaian yang nyaman dan aman untuk Si Kecil. Pilih pakaian yang terbuat dari bahan serat alami, seperti katun.

Pastikan Moms menghindari pakaian yang terbuat dari kain sintetis, karena jenis bahan ini sangat menyerap panas. Sedangkan jenis pakaian yang tidak terlalu ketat atau longgar sangat baik untuk digunakan Si Kecil.

Mandi Air Dingin

side-view-girl-bathing-tub_23-2147873682.jpg

Foto: freepik.com

Biarkan Si Kecil mandi menggunakan air dingin. Setelah itu, keringkan tubuhnya dengan handuk bersih. Mandi air dingin dipercaya bisa membantu meredakan rasa gatal dan kemerahan akibat biang keringat yang terjadi.

Jaga Suhu Lingkungan Tetap Sejuk

air-conditioning-decoration-interior_74190-6226.jpg

Foto: freepik.com

Menjaga suhu lingkungan sekitar tetap sejuk merupakan salah satu cara mengatasi biang keringat pada balita. Apabila udara di luar sangat panas, biarkan kipas angin atau AC di rumah Moms bekerja dengan kecepatan maksimum.

Hal ini bisa membuat Si Kecil merasa nyaman dan secara tidak langsung meredakan biang keringat yang terjadi.

Pastikan Si Kecil Terhidrasi

kid-drinking-water.jpg

Foto: soccajoeys.com.au

Baca Juga: Pentingnya Membiasakan Anak Minum Air Putih

Sebelum Si Kecil melakukan kegiatan atau aktivitas di luar rumah, pastikan ia minum air putih terlebih dahulu. Hal ini untuk menjaga asupan cairan di dalam tubuhnya tetap maksimal saat cuaca sedang panas sehinggaSi Kecil terhidrasi dengan baik.

Moms bisa membekali Si Kecil botol air minum saat bermain agar ia tidak lupa untuk selalu mencukupi asupan cairan tubuhnya.

MA/KM

Artikel Terkait