KEHAMILAN
28 Juni 2019

Agar Tetap Sehat, Ini Tips Perawatan Gigi saat Hamil

Perawatan gigi saat hamil dianjurkan dan aman untuk dilakukan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perubahan hormon sangat lekat kaitannya dengan kondisi ibu yang sedang hamil. Perubahan hormon ini dapat memengaruhi setiap aspek dalam tubuh seorang ibu, misalnya perubahan pada rambut, kulit, dan ternyata dapat juga memengaruhi area mulut dan gigi.

Perubahan hormon pada ibu hamil juga memengaruhi organ tubuh lain yang berkaitan dengan tindakan perawatan gigi, seperti sistem kardiovaskular, sistem pernapasan, sistem sirkulasi darah, sistem gastrointestinal, urine, dan kondisi mulut.

Beberapa kondisi yang dapat terjadi seperti gusi yang mudah membengkak dan berdarah, atau sisa makanan yang mudah terselip di jaringan gusi maupun gigi. Kondisi ini pada akhirnya dapat mengakibatkan iritasi maupun infeksi.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Ibu Hamil

Cegah Infeksi Gigi dan Mulut saat Hamil

Ikuti Tips Perawatan Gigi Ini saat Hamil-1.jpg

Foto: thebump

Ada banyak cara untuk mencegah terjadinya infeksi pada area mulut dan gigi, yaitu dengan menjaga dan merawat kesehatan mulut dan gigi.

Cara sederhananya adalah rutin sikat gigi dua kali sehari dan jangan lupa juga membersihkan lidah dengan sikat khusus lidah untuk membersihkan bakteri dan sisa makanan.

Moms juga bisa menggunakkan dental floss untuk mengangkat sisa makanan yang masih menempel. Selain itu, perhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsi selama hamil.

Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium dan hindari makanan atau minuman manis dengan kadar gula berlebih. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah merawat gigi dengan kontrol rutin ke dokter selama hamil.

Mengapa memerhatikan kesehatan mulut dan gigi menjadi penting untuk dilakukan selama masa kehamilan? Drg Annisa Sabhrina mengungkapkan alasan pentingnya untuk melakukan perawatan gigi ke dokter.

“Perawatan gigi secara preventif sangat baik untuk dilakukan. Hal tersebut untuk menghindarkan ibu hamil dari infeksi rongga mulut yang mengakibatkan kontraksi pada kehamilan sehingga memicu terjadinya kelahiran secara dini,” ungkapnya dalam Kulwap Orami Community, Kamis (9/5) lalu.

Perawatan gigi ini tentunya mempertimbangkan tentang kesehatan tubuh Moms dan bukan untuk perawatan estetika.

Faktanya, proses pemutihan gigi dan perawatan kosmetik gigi selama kehamilan tidak dapat dilakukan. Tindakan bedah gigi sebaiknya juga dilakukan penundaan selama kehamilan.

Baca Juga: 5 Ikan yang Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Perawatan Gigi selama Periode Kehamilan

Ikuti Tips Perawatan Gigi Ini saat Hamil-2.jpg

Foto: coburgdentalgroup

Moms, waktu terbaik untuk melakukan perawatan gigi adalah trimester kedua kehamilan. Alasannya karena memasuki trimester ketiga kehamilan, biasanya posisi duduk di dental unit dengan waktu yang lama membuat ibu hamil tidak nyaman.

Sebaiknya ketahui pula beberapa tips perawatan gigi selama periode kehamilan yang bisa Moms ikuti, yaitu sebagai berikut.

  • ADA (American Dental Association) merekomendasikan ibu hamil untuk melakukan konsumsi makanan secara seimbang, sikat gigi dengan pasta gigi berfluoride sebanyak dua kali sehari, dan memakai dental floss.
  • Melakukan perawatan secara preventif dan rutin melakukan kontrol gigi selama kehamilan.
  • Menginformasikan kepada dokter gigi usia kehamilan Moms saat melakukan pemeriksaan.
  • Tunda segala tindakan perawatan gigi hingga trimester kedua, atau lebih baik menundanya sampai proses persalinan.
  • Usahakan posisi duduk Moms selama perawatan gigi terasa nyaman. Hindari posisi menyilang selama duduk di dental chair.
  • Membawa bantal kecil untuk menopang tubuh saat melakukan perawatan gigi.
  • Kenyamanan itu penting. Artinya, Moms harus membuat diri merasa nyaman selama perawatan gigi berlangsung.

Baca Juga: Ibu Hamil Yuk, Mengenal Lebih Jauh Parasetamol

Sebenarnya setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda-beda dan perawatan gigi bisa dilihat berdasarkan usia kehamilan.

Jadi, pastikan Moms menjaga kesehatan mulut dan gigi selama masa kehamilan dengan rutin ke dokter gigi, ya!

(DG)

Artikel Terkait