GAYA HIDUP
12 Agustus 2019

5 Tempat yang Menjadi Bagian Paling Kotor di Rumah

Siapa sangka kalau toilet bukan yang terkotor?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Jika Moms berpikiran rumah sudah bersih tanpa ada noda sedikitpun, coba pikirkan bagian-bagian ini. Ya, ada bagian terkotor di rumah yang harus sering dibersihkan.

Rumah erat kaitannya dengan higienis dan bersih. Bahkan, banyak yang mengklaim bahwa makanan yang diolah di rumah pun dikatakan lebih sehat daripada jajan di sembarang tempat.

Mungkin, hal tersebut benar adanya. Namun, jika bagian-bagian ini tak dibersihkan, hal tersebut pun tak terbukti kebenarannya.

Berikut bagian terkotor di rumah yang harus sering dibersihkan.

1. Dapur

Bagian terkotor 1

Foto: rd.com

National Sanitation Foundation (NSF) menemukan bahwa daerah di mana makanan disimpan atau disiapkan, yakni dapur memiliki lebih banyak bakteri daripada tempat lain di rumah.

Lebih dari 75 persen dari sepiring hidangan dan kain memiliki Salmonella, E. coli, dan kotoran dibandingkan dengan 9 persen pada gagang keran kamar mandi.

Tak hanya itu, 45% kotoran berada pada kitchen sink, 32% kotoran pada counter tops, 18 % ada di talenan, dan 5%-nya tersebar ke penjuru bagian di dapur.

Baca juga : Memasuki Musim Panas, Ini 5 Cara Agar Rumah Terasa Sejuk

2. Kamar Mandi

bagian terkotor 2

Foto: rd.com

Tidak mengherankan bahwa tempat kita membersihkan tubuh, yakni kamar mandi mengandung bakteri.

Karena kelembaban dari shower, kamar mandi juga merupakan tempat yang sempurna untuk pertumbuhan kuman.

Perlu diketahui, sikat gigi adalah bagian terkotor di kamar mandi dan ini melebihi dari toilet itu sendiri.

Dilansir dari The Sun, jumlah bakteri yang berada di sikat gigi adalah 200.000 bakteri per inci persegi.

Sedangkan, jumlah bakteri di toilet adalah 295 bakteri dan 764 bakteri untuk lantai kamar mandi.

3. Ruang Keluarga

bagian terkotor 3

Foto: rd.com

Baik itu ruang tamu, media atau ruang permainan, di mana pun keluarga berkumpul, ada kotoran dan bakteri tersembunyi. Begitu pun dengan ruang keluarga.

Semua keypad, seperti remot tv dan remot ac harus dilap setiap hari dengan lap desinfektan yang aman untuk digunakan pada alat elektronik.

Pun dengan perlatan lainnya seperti karpet, sofa, hingga saklar lampu dan gagang pintu. Semua harus dibersihkan dengan desinfektan.

Baca juga : Memilih Rumah Atau Apartemen?

4. Tempat Tidur

bagian terkotor 4

Foto: rd.com

Tempat kita tidur setiap harinya pun menjadi tempat terkotor di rumah yang harus dibersihkan. Bukan hanya kasur saja, tetapi juga sprei dan sarung bantal yang kita pakai.

Para ahli mengatakan bahwa kita saat ini tidur dengan 1,5 juta tungau debu setiap malam.

Tak hanya itu, dalam sebuah studi tahun 2016 oleh Amerisleep, sarung bantal yang tidak dicuci hanya untuk satu minggu mengakumulasi 17.442 kali lebih banyak bakteri daripada tempat duduk toilet.

Untungnya, bakteri yang ditemukan di bantal biasanya tidak berbahaya.

"Kita lebih cenderung menjadi tidak nyaman tidur di atas bantal sebelum kita mencapai titik di mana kita akan mendapatkan infeksi serius dari itu," Jack Brown, PhD, profesor emeritus biosains molekuler di University of Kansas di Lawrence.

(AB/CAR)

Artikel Terkait